Senin, Februari 6, 2023
BerandaTeknologiAplikasiAplikasi Layanan Kesehatan Monalisa untuk Kebutuhan Para Lansia

Aplikasi Layanan Kesehatan Monalisa untuk Kebutuhan Para Lansia

Aplikasi layanan kesehatan Monalisa hadir dengan banyak kelebihan. Monalisa ini menjadi aplikasi layanan kesehatan terbaik untuk lansia. Sebab TP-PKK Kota Pontianak telah bekerjasama dengan LPMM Universitas Tanjungpura dalam mengembangkan aplikasi kesehatan ini.

Ini adalah sebuah platform pengawasan kepatuhan lansia yang mengidap berbagai penyakit, misalnya seperti hipertensi dan lainnya. Tentunya aplikasi ini juga hadir dengan membawa banyak fitur menarik dan keren lainnya.

Baca Juga: Aplikasi BKKBN Elsimil untuk Cegah Stunting, Intip Manfaatnya Ini!

Aplikasi Layanan Kesehatan Monalisa, Platform untuk Apa?

Akhirnya Tim Penggerak Pemberdayaan & Kesejahteraan Keluarga kota Pontianak berhasil bekerjasama dengan Lembaga Penelitian & Pengabdian kepada Masyarakat Untan.

Kedua pihak ini rupanya mengembangkan aplikasi yang berbasis web bernama Monalisa sejak 18 Oktober 2022.

Beberapa fitur misalnya seperti untuk mengonsumsi obat-obatan dan artikel kesehatan sudah ada dalam aplikasi ini. Meski demikian, untuk sementara waktu ini layanan dari aplikasi ini hanya bisa digunakan dalam fasilitas kesehatan di UPT Puskesmas Purnama.

Terkait hal itu, maka Edi Rusdi Kamtono selaku walikota Pontianak juga menyampaikan ungkapan terimakasih kepada TP-PKK dan Lembaga Penelitian & Pengabdian kepada Masyarakat Untan. Sebab ini mengacu terhadap standar yang telah diberikan oleh BKKB.

Aplikasi Pengawasan

Seperti penjelasan sebelumnya, bahwa aplikasi layanan kesehatan Monalisa ini menjadi salah satu platform terbaru saat ini. Monalisa menjadi sebuah platform atau aplikasi tentang pengawasan kepatuhan lanjut usia atau lansia.

Terutama bagi mereka yang mengidap penyakit diabetes dan hipertensi dalam penggunaan obat-obatan. Jadi dalam aplikasi ini telah merangkum sejumlah fitur, misalnya seperti pengingat untuk mengonsumsi obat.

Namun layanan dari aplikasi Monalisa ini hanya bisa berlaku di fasilitas kesehatan UPT Puskesmas Purnama. Meski demikian, justru ini menjadi satu-satunya aplikasi terbaik untuk para lansia.

Baca Juga: Aplikasi Smart RSCM, Hadirkan Konsultasi Kesehatan Online!

Seberapa Penting Monalisa?

Sebagai wali kota Pontianak, maka Edi menilai bahwa Pontianak merupakan kota produktif. Hal ini lantaran tidak sedikit pula lansia yang kian energik dengan memberi subangsih dan kontribusi dalam meningkatkan perekonomian kota.

Ia menyadari juga bahwa memang penyakit yang seringkali menyasar kepada para lansia umumnya hipertensi hingga gula. Bahkan di kota Pontianak sendiri ada sekitar 23.854 lansia yang berada dalam rentang usia 60-64 tahun.

Jika kita lihat maka setidaknya ada hampir 70 ribu masyarakat di kota Pontianak rata-rata adalah orang lanjut usia.

Sementara itu, menurut Yanieta Arbiastutie selaku ketua TP-PKK Kota Pontianak juga berharap bahwa melalui aplikasi ini maka penggunaan obat akan jauh lebih terkendali.

Supaya bisa segera meluas dan banyak yang menggunakan, maka ia bakalan menggelar sosialisasi kepada semua kader PKK di Pontianak.

Baca Juga: Aplikasi Sehat IndonesiaKu Hadir, Monitor Imunisasi Anak Secara Digital!

Selanjutnya Garudo Wiko selaku Rektor Untan juga turut berterimakasih kepada pemerintah kota Pontianak dan TP-PKK kota Pontianak. Pihaknya juga menginginkan bekerjasama dengan pemangku kepentingan di daerah supaya tetap berjalan.

Kesimpulannya bahwa aplikasi layanan kesehatan Monalisa menjadi sebuah platform untuk monitoring kepatuhan penggunaan obat. Terutama bagi mereka kalangan orang lanjut usia atau lansia. (R10/HR-Online)