Rabu, Februari 1, 2023
BerandaTeknologiAplikasiAplikasi Layar Ceria Hadir untuk Menangani Masalah pada Anak

Aplikasi Layar Ceria Hadir untuk Menangani Masalah pada Anak

Aplikasi Layar Ceria menjadi platform terbaru. Layar Ceria ini dihadirkan oleh pihak DP3AP2KB kota Depok pada Kamis, 20 Oktober 2022 lalu. Sehingga kehadiran aplikasi ini pun menjadi jawaban bagi semua orang karena banyak keunggulannya.

Kehadirannya ini juga berguna untuk mewujudkan sinergitas penanganan permasalahan anak menuju Depok Kota Layak Anak. Sehingga dengan demikian kehadiran aplikasi terbaru ini oleh semua masyarakat tentunya juga bisa secara langsung merasakan manfaatnya.

Baca Juga: Aplikasi BKKBN Elsimil untuk Cegah Stunting, Intip Manfaatnya Ini!

Aplikasi Layar Ceria Resmi Hadir, Platform untuk Apa?

Akhirnya Dinas Pemberdayaan Perempuan & Perlindungan Anak Pengendalian Penduduk & Keluarga Berencana kota Depok berhasil meluncurkan sebuah aplikasi. Namanya adalah Layar Ceria alias Layanan Keluarga Cerdas Inovatif RW Ramah Anak.

Sementara itu, menurut Nessi Annisa Handari selaku Kepala DP3AP2KB sendiri mengatakan bahwa ini bertujuan untuk bisa mewujudkan sinergitas penanganan permasalahan anak, khususnya di kota Depok.

Ketersediaannya konsep serta model aplikasi RW Ramah Anak ini dengan berbagai layanan yang ada di Depok juga menyediakan data secara akurat. Nessi menjelaskan hal ini setelah acara peluncuran aplikasi ini di Balai kota Depok pada Kamis 20/10 kemarin.

Baca Juga: Aplikasi Layanan Kesehatan Monalisa untuk Kebutuhan Para Lansia

Kinerja yang Baik

Selanjutnya kata Nessi bahwa peluncuran aplikasi Layar Ceria ini memiliki tujuan tertentu yang banyak kegunaannya. Salah satunya dimaksudkan supaya semua RW Ramah Anak mempunyai kinerja yang jauh lebih baik lagi dengan pelaporan baik pula.

Sehingga dengan demikian bisa memperoleh sebuah data yang jauh lebih akurat, realtime, dan cepat tentunya.

Dengan demikian, maka bisa menjadi sebuah dasar dalam penanganan serta pengambilan keputusan pihak terkait dan masyarakat terhadap permasalah anak.

Seperti yang kita tahu bahwa kondisi saat ini, setidaknya dari 600 RW Ramah Anak, memang belum banyak yang memberi laporan kinerjanya. Sehingga hal seperti inilah yang harus menjadi perhatian khusus.

Baca Juga: Aplikasi Bank Sampah Rongsokin Hadir dengan Banyak Kelebihan

Mampu Mencegah Kekerasan

Sepertinya kehadiran aplikasi ini juga harapannya bisa menjadi gerbang awal dalam pencegahan Kekerasan Dalam Rumah Tangga alias KDRT. Karena ada banyak sekali keluarga yang seringkali melakukan tindakan kekerasan seperti ini.

Pasalnya kasus seperti ini justru membuat korban menjadi trauma yang berkepanjangan sehingga membutuhkan perlindungan.

Hingga pada akhirnya saat ada permasalahan seperti ini, pihak DP3AP2KB menghadirkan sebuah aplikasi terbaru ini.

Melalui layanan dari aplikasi ini, maka RW melaporkan deteksi dari awal kekerasan yang terjadi di lingkungan sekitar. Sehingga RW bisa langsung melaporkan ke layanan ini apabila memang benar ada kekerasan dalam keluarga.

Pencegahan awal dalam KDRT sendiri adalah dengan memberi edukasi kepada masyarakat. KDRT selain hanya menimbulkan trauma pada anak, maka juga berimbas terhadap tumbuh kembang anak menjadi tidak baik.

Oleh karena itu, kehadiran aplikasi Layar Ceria ini menjadi solusi terbaik untuk selalu melindungi keberadaan anak. (R10/HR-Online)