Senin, Februari 6, 2023
BerandaTeknologiAplikasiAplikasi Pesan Alternatif saat WhatsApp Down

Aplikasi Pesan Alternatif saat WhatsApp Down

Ketika Whatsapp down pada Selasa (25/10/2022), banyak orang butuh aplikasi pesan alternatif agar komunikasi tidak terputus. Gangguan layanan pesan instan milik perusahaan Meta tersebut terjadi sejak pukul 14.00 WIB. Kejadian itu pun sempat menjadi perbincangan hangat di Twitter.

Namun, hal itu tidak berimbas pada layanan pesan lainnya. Meski sama-sama produk Meta, Facebook dan Instagram tetap berjalan lancar. Selain itu juga masih ada sarana komunikasi cadangan yang bisa Anda gunakan untuk tetap terhubung dengan orang-orang.

Sederet aplikasi pesan alternatif ini memungkinkan Anda berkirim pesan, melakukan panggilan, hingga video call. Kualitas suara saat panggilan berlangsung juga tidak kalah bagusnya dengan Whatsapp. Apalagi Anda bisa mencoba berbagai stiker menarik yang membuat percakapan terasa lebih hidup.

Baca Juga: WhatsApp Down Hari Ini! Inikah Penyebabnya?

Aplikasi Pesan Alternatif selain Whatsapp

Saat ini Whatsapp menjadi sarana komunikasi dengan jumlah pengguna terbanyak di seluruh dunia. Akan tetapi, 5 aplikasi di bawah ini juga memiliki banyak pengguna aktif yang menawarkan berbagai fitur.

Messenger

Aplikasi pesan alternatif yang bisa Anda gunakan adalah Messenger. Sebelum ada Whatsapp, Facebook cukup populer sebagai media sosial yang menghubungkan orang-orang di berbagai penjuru dunia.

Pengguna Facebook bisa mengakses perpesanan jauh lebih mudah dengan mengunduh aplikasi Messenger.

Mirip seperti Whatsapp, Messenger dapat diunduh secara gratis. Ketika mulai menggunakan Messenger, seluruh kontak otomatis tersinkronisasi dengan daftar teman Facebook.

Tentunya pengguna harus memiliki akun Facebook terlebih dulu untuk bisa menikmati layanan Messenger.

Instagram

Selain Messenger, Instagram juga merupakan aplikasi pesan alternatif yang bisa Anda gunakan untuk berkomunikasi. Pengguna Instagram bisa berkirim pesan, melakukan panggilan suara dan video call lewat fitur Direct Message (DM).

Fitur ini banyak disukai oleh pengguna karena lebih mudah menghubungi orang tanpa harus menyimpan nomornya.

Akan tetapi, komunikasi lewat Instagram memiliki kekurangan yaitu menghabiskan kuota internet lebih banyak.

Baca Juga: Penyebab WhatsApp Web Error Paling Umum, Ternyata Karena Ini!

Hal ini terjadi karena setiap kali membuka beranda, Instagram memuat banyak foto dan video sekaligus. Namun kekurangan ini seharusnya tidak menjadi masalah bagi Anda yang menggunakan internet unlimited.

LINE

Aplikasi pesan alternatif lain yang bisa Anda coba adalah LINE, sarana komunikasi dari perusahaan Naver. Saat pertama kali menggunakan LINE, pengguna harus mengatur ID sebagai pengganti nomor hp. Anda pun bisa menghubungi seorang teman dengan mengetahui ID miliknya.

Namun LINE sangat bergantung pada koneksi internet dan memori internal perangkat. Jika koneksi internet tidak stabil, pengguna akan kesulitan menggunakan aplikasi ini. Selain itu, LINE cukup banyak memakan memori internal pada perangkat dan tidak cocok bagi RAM yang kecil.

Telegram

Bagi yang belum tahu Telegram, aplikasi adalah layanan pesan instan multi platform berbasis cloud. Pengguna bisa menikmati Telegram melalui perangkat smartphone maupun komputer.

Selain itu, Telegram menggunakan sistem cloud storage yang aman untuk menyimpan data-data secara gratis.

Hanya saja, aplikasi pesan alternatif lewat Telegram tidak memiliki fitur Story sehingga terasa ada yang kurang.

Baca Juga: Perbedaan WA dan Telegram, Anda Pilih yang Mana?

Apalagi di Telegram pengguna tidak bisa menggunakan panggilan grup, sehingga kita hanya menelpon satu orang saja. Data-data yang kita simpan di Telegram juga tidak terenkripsi.

Snapchat

Aplikasi pesan alternatif yang terakhir adalah Snapchat. Sarana berkomunikasi yang atraktif ini dikembangkan oleh Evan Spiegel, Bobby Murphy, dan Reggie Brown saat masih kuliah di Universitas Stanford. Snapchat menyediakan fitur mengambil foto, merekam video, menambahkan teks dan stiker saat mengirimkannya ke pengguna lain.

Selain itu, di Snapchat kita bisa membuat avatar dan stiker sendiri, lho! Setiap percakapan akan terasa lebih powerful karena meninggalkan kesan berbeda dari avatar dan stiker yang kita buat. Sayangnya, foto dan video yang dibagikan ke pengguna lain tidak akan tersimpan di perangkat.

Setiap aplikasi memiliki keunggulan dan kelemahan di dalamnya. Namun, kita bisa memilih sarana komunikasi yang sesuai mengingat kebutuhan setiap individu berbeda-beda.

Dari kelima aplikasi pesan alternatif di atas, manakah yang menurut Anda paling ideal sebagai pengganti Whatsapp? (R7/HR-Online/Editor-Ndu)