Sabtu, Juni 3, 2023
BerandaBerita CiamisBabi Hutan Perusak Tanaman yang Meresahkan Warga di Ciamis Ditangkap

Babi Hutan Perusak Tanaman yang Meresahkan Warga di Ciamis Ditangkap

Berita Ciamis (Harapanrakyat.com),- Warga Dusun Cikawung, Desa Sindangsari, Kecamatan Kawali, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, berhasil menangkap babi hutan perusak tanaman yang meresahkan. Babi tersebut berhasil dilumpuhkan dengan menggunakan anjing pemburu, Sabtu (15/20/2022).

Burhanuddin, Pemburu asal Dusun Sindangjaya Desa Ciakar Kecamatan Cipaku, mengaku berhasil menangkap babi hutan berkat anjing pemburu.

Babi hutan tersebut perusak tanaman padi dan palawija milik warga hingga porak poranda. Akibat ulah babi hutan tersebut, petani mengalami gagal panen.

Burhanuddin menuturkan kawan babi hutan kerap menggasak tanaman padi dan umbi milik warga hampir setiap hari. Warga telah melakukan berbagai upaya untuk mengusir babi tersebut, akan tetapi tidak membuahkan hasil.

Baca Juga: Hama Babi Hutan dan Monyet Gasak Kebun Warga di Kawali Ciamis

“Alhamdulillah setelah kami melakukan perburuan, satu ekor babi berhasil kami tangkap,” ucapnya.

Burhanuddin menyebut susah cukup lama kawanan babi hutan membuat resah dan menakutkan para petani. Kawan babi hutan bukan hanya masuk ke perkebunan, akan tetapi sudah turun gunung masuk ke pemukiman penduduk. Bahkan sampai ada yang bersarang dekat dengan rumah warga.

Burhanuddin menegaskan sebelum kawanan babi hutan belum kembali ke habitatnya, para pemburu akan terus melakukan perburuan.

“Selama kawanan babi berkeliaran di perkebunan dan persawahan, kemungkinan petani bisa terus menerus gagal panen,” tegas Burhanuddin. (Edji/R9/HR-Online/Editor-Dadang)

Cek berita dan artikel HarapanRakyat.com yang lain di Google News