Senin, Februari 6, 2023
BerandaBerita TerbaruBagian Jantung dan Fungsinya dalam Sistem Peredaran Darah

Bagian Jantung dan Fungsinya dalam Sistem Peredaran Darah

Bagian jantung dan fungsinya sangat vital. Fungsi dari bagian jantung akan sangat mempengaruhi aktivitas organ lainnya. Tidak heran jika dalam anatomi tubuh, jantung termasuk ke dalam organ vital yang menunjang kehidupan.

Apabila jantung bekerja dengan baik, maka sudah pasti tubuh akan sehat. Sebaliknya, apabila terjadi sedikit masalah pada jantung, maka tubuh akan terganggu juga.

Jantung merupakan sebuah organ yang tubuh berotot. Organ ini memiliki peran untuk memompa darah ke seluruh tubuh.

Ada beberapa bagian dari jantung yang saling bekerja sama dalam melakukan fungsinya. Apa saja itu? Simak di sini.

Baca Juga: Ciri Otot Jantung, Bekerja dengan Baik Secara Tak Sadar

Bagian Jantung dan Fungsinya dalam Memompa Darah

Jantung adalah sebuah rongga dari organ tubuh yang memiliki banyak otot. Fungsi utama dari jantung adalah memompa darah ke seluruh tubuh.

Mereka memompa darah tersebut melalui pembuluh darah. Jantung akan melakukan kontraksi yang memiliki irama berulang-ulang.

Anatomi jantung terdiri dari beberapa bagian. Setiap bagiannya harus melakukan fungsi tertentu dan saling terikat.

Apa Itu Jantung dan Bagaimana Kerja Jantung?

Jantung berasal dari bahasa latin, yakni cor yang memiliki arti sebagai rongga.

Rongga dari organ jantung ini akan memiliki otot yang dapat memompa darah melalui pembuluh darah oleh kontraksi yang berirama dan berulang.

Darah akan memberikan asupan atau mensuplai oksigen sekaligus nutrisi untuk tubuh. Lalu, bagian jantung dan fungsinya juga berperan dalam menghilangkan sisa dari metabolisme.

Organ vital manusia ini memiliki peran penting dalam sistem peredaran darah. Untuk letaknya sendiri, jantung manusia berada di sekitar rongga dada serta sedikit lebih ke sebelah atau bagian kiri.

Baca Juga: Cara Kerja Otot Jantung yang Sangat Penting pada Tubuh Manusia

Apa Saja Bagian-Bagian pada Jantung dan Fungsinya?

Menurut bagiannya, jantung terbagi menjadi empat yaitu serambi kanan, serambi kiri, bilik kanan, dan juga bilik kiri. Setiap bagiannya memiliki peran masing-masing.

Dari setiap bagian tersebut akan terpisah oleh sebuah sekat atau dinding septum. Berikut ini fungsi dari setiap bagian jantung:

1. Serambi Kanan

Serambi kanan sebagai bagian dari jantung dan fungsinya ini sangat pentin. Kemudian serambi kanan juga memiliki nama lain yakni Atrium. Bagian Atrium ini terdiri dari serambi kanan dan serambi kiri.

Fungsi dari serambi kanan adalah untuk menerima darah kaya akan karbon dioksida yang berasal dari seluruh tubuh atau darah kotor.

Darah tersebut akan masuk ke dalam serambi kanan melalui vena cava superior dan inferior. Kemudian serambi kanan akan memompa darah menuju ke bilik kanan.

2. Serambi Kiri

Bagian selanjutnya adalah serambi kiri jantung yang memiliki fungsi sebagai penerima darah, kaya akan oksigen dari organ paru-paru.

Darah bersih akan masuk ke dalam serambi kiri dengan melewati pembuluh darah balik atau vena pulmonalis. Lalu, darah akan menuju ke bilik kiri.

3. Bilik Kanan

Kemudian ada bagian bilik kanan jantung yang memiliki fungsi untuk memompa darah yang kaya akan karbon dioksida dari paru-paru.

Selanjutnya, darah kotor ini harus menuju ke paru-paru. Hal ini sangat penting agar karbon dioksida dapat berganti menjadi oksigen melalui proses pernapasan.

Bilik kanan ini terletak pada bagian bawah dari serambi kanan dan di bagian samping dari serambi kiri.

4. Bilik Kiri

Bagian jantung berikutnya adalah bilik kiri dan fungsinya juga vital. Bagian ini berfungsi memompa darah bersih yang kaya akan oksigen ke seluruh bagian tubuh. Bilik kiri berada di bagian bawah serambi kiri dan terpisah oleh katup mitral.

Ini merupakan bagian jantung yang paling tebal karena perannya sangat penting.

Baca Juga: Sistem Peredaran Darah pada Manusia, Organ dan Fungsinya!

Apa Ciri-Ciri Jantung Bermasalah?

Secara umum semua bagian jantung akan melakukan tugasnya dengan baik secara berkala. Jantung memiliki banyak otot yang bekerja di bawah kesadaran manusia.

Apabila jantung bekerja dengan normal, maka sistemnya akan lancar. Namun, jantung juga rentan bermasalah.

Penyakit jantung menjadi pembunuh nomor satu yang tidak memandang usia. Anda bisa mengetahui sejak dini masalah pada jantung dari ciri-cirinya.

Jantung yang bermasalah memiliki ciri-ciri utama, yaitu memberikan rasa yang tidak nyaman pada dada seperti rasa nyeri.

Kemudian ritme napas juga akan menjadi pendek saat jantung bermasalah. Jadi, Anda harus menjaga jantung dengan baik dengan rutin berolahraga.

Meski bagian jantung dan fungsinya memiliki tugas yang berbeda, tetapi mereka akan saling bekerja sama untuk menciptakan sistem penting dalam tubuh manusia. (R10/HR-Online)