Minggu, Februari 5, 2023
BerandaBerita TerbaruBahaya Makan Gorengan, Waspadai Bahaya yang Mengintai!

Bahaya Makan Gorengan, Waspadai Bahaya yang Mengintai!

Bahaya makan gorengan bagi kesehatan harus Anda waspadai. Makan gorengan yang berlebihan bisa menimbulkan dampak negatif untuk kesehatan. Seperti yang kita tahu, gorengan termasuk salah satu jenis makanan pantangan bagi kesehatan karena mengandung banyak minyak.

Kenikmatan dari makanan seperti gorengan memang bisa memanjakan lidah kita. Akan tetapi di balik rasanya yang nikmat ada sederet bahaya yang mengintai kesehatan kita.

Baca Juga: Makanan Penyebab Berat Badan Naik, Batasi Agar Tetap Ideal

Waspada Bahaya Makan Gorengan Berlebihan

Dalam menyediakan menu makanan sehari-hari, gorengan menjadi salah satu menu utama yang selalu terhidang di meja makan.

Baik itu lauk seperti ayam goreng, tempe tahu goreng, ikan goreng, maupun camilan seperti gorengan bakwan, cireng, dan lain sebagainya.

Berbagai macam jenis makanan tersebut sebenarnya memiliki nilai gizi yang tinggi dan baik untuk kesehatan tubuh. Akan tetapi, proses memasaknya yang digoreng inilah yang menjadikan makanan tersebut kurang sehat.

Makanan yang proses memasaknya dilakukan dengan menggoreng, ternyata menambah kadar kalori dan lemak yang cukup tinggi.

Tak heran jika jenis makanan gorengan ini memiliki bahaya tersendiri. Berikut ini adalah bahaya makan gorengan yang berlebihan!

1. Obesitas

Makanan yang melalui proses goreng akan menyerap lemak dari minyak. Jadi akan menghasilkan kalori yang lebih tinggi.

Jika asupan kalori harian seseorang semakin tinggi, maka akan semakin tinggi juga risiko seseorang mengalami obesitas atau kelebihan berat badan.

Kandungan lemak yang terdapat dalam gorengan tersebut bisa berpengaruh terhadap kerja hormon. Hormon ini bisa menambah nafsu makan serta menambah simpanan lemak.

Maka dari itu, orang yang sedang melakukan diet sebisa mungkin harus menghindari makanan yang berupa gorengan.

Baca Juga: Makanan Penyebab Kanker Mulut dan Cara Pencegahannya

2. Meningkatkan Risiko Kanker

Bahaya makan gorengan yang perlu Anda waspadai yaitu bisa meningkatkan risiko terkena penyakit kanker.

Seperti yang kita tahu, kanker merupakan jenis penyakit yang sangat membahayakan tubuh seseorang. Bahkan banyak orang yang kehilangan nyawa gara-gara penyakit kanker.

Ancaman bahaya ini muncul karena adanya zat akrilamida yang bisa terbentuk selama proses memasak yang memakai suhu tinggi, contohnya seperti menggoreng.

Kentang goreng atau ayam kremes merupakan salah satu jenis makanan gorengan bertepung yang mengandung akrilamida yang lebih tinggi saat terpapar suhu tinggi.

Apabila seseorang terlalu sering atau kebanyakan mengkonsumsi makanan ini, maka zat dalam makanan ini bisa menimbulkan gangguan kesehatan seperti kanker ovarium.

Tak hanya itu saja, makanan yang melalui proses penggorengan juga bisa menghasilkan lemak trans yang tidak baik untuk tubuh.

Nah, lemak trans ini bisa meningkatkan jumlah senyawa yang bisa mendukung peradangan dalam tubuh. Kondisi yang seperti ini juga bisa memicu peningkatan risiko kanker.

3. Berbahaya Bagi Usus

Dalam gorengan juga mengandung banyak minyak. Tahukah Anda, minyak dalam gorengan ini bisa membahayakan bakteri sehat yang hidup dalam usus Anda.

Bakteri sehat juga memiliki nama lain mikrobioma. Nah, mikrobioma ini mempunyai peran yang cukup penting dalam melindung gangguan pencernaan seseorang.

Jika Anda makan banyak gorengan setiap harinya, maka bisa dipastikan bakteri baik dalam usus akan terganggu. Sehingga kesehatan usus Anda bisa menjadi terganggu.

4. Meningkatkan Risiko Berbagai Penyakit Kronis

Jika Anda suka makan gorengan yang berlebih, maka akan semakin tinggi risiko Anda terserang penyakit yang sifatnya kronis. Baik itu penyakit jantung, diabetes, hingga obesitas.

Mengonsumsi makanan jenis gorengan memang bisa menjadikan tekanan darah menjadi meningkat. Selain itu, berat badan pun juga menjadi lebih meningkat.

Bahkan, konsumsi gorengan yang terlalu banyak bisa menurunkan kadar kolesterol baik. Jadi risiko terserang penyakit jantung pun bisa semakin tinggi.

Baca Juga: Makanan Pantangan Kolesterol yang Harus Dihindari, Apa Saja?

Cara Aman Mengonsumsi Gorengan

Sebenarnya ada cara yang bisa Anda lakukan untuk menghindari bahaya makan gorengan. Jika Anda memang suka dengan gorengan, namun ingin menerapkan pola makan yang sehat, maka Anda bisa menggunakan pengganti minyak goreng.

Cobalah memasak dengan minyak wijen, minyak biji bunga matahari, hingga menggunakan minyak kelapa murni.

Atau bisa juga Anda mengganti olahan gorengan dengan cara lain. Baik itu dengan cara merebus, mengukus, dan juga memanggang.

Dengan menerapkan berbagai macam cara tersebut, maka Anda bisa terhindar dari berbagai macam bahaya makan gorengan. (R10/HR-Online)