Selasa, November 29, 2022
BerandaBerita TerbaruBan Motor Pecah Tiba-Tiba, Waspadalah Mungkin Ini Penyebabnya

Ban Motor Pecah Tiba-Tiba, Waspadalah Mungkin Ini Penyebabnya

Ban motor pecah tiba-tiba bisa dikarenakan berbagai alasan. Pecah ban yang tiba-tiba terjadi mengakibatkan motor perlu diperiksa. Karena menyangkut keselamatan pengendara, sehingga perlu memperhatikan komponen motor yang satu ini.

Jika kondisi ini terjadi di tengah-tengah perjalanan bisa mengakibatkan bahaya. Salah satunya yaitu kecelakaan fatal. Tidak ada salahnya jika Anda mengetahui mengapa ban bisa pecah.

Baca juga: Penyebab Ban Motor Habis Sebelah, Ini Penjelasannya

Penyebab Ban Motor Pecah Tiba-Tiba

Sepeda motor menjadi alat transportasi yang kini semakin banyak diminati. Selain kemudahan dalam mengendarainya, kendaraan ini juga cocok untuk berkendara di area jalan macet.

Sepeda motor bisa bekerja karena dukungan berbagai komponen yang melengkapinya. Seperti halnya ban, menjadi komponen vital sepeda motor. Jika tidak ada ban tentu tidak bisa berjalan.

Selain itu, keberadaan ban yang bersentuhan langsung dengan medan jalan perlu perhatian khusus. Hal ini bertujuan agar ban motor tidak mengalami masalah tiba-tiba.

Ban pecah adalah salah satu masalah yang sering terjadi. Masalah ini bisa terjadi dengan adanya berbagai faktor. Saat mengalami kondisi seperti ini tidak sedikit dari pengendara yang merasa bingung.

Apalagi jika masalah ini terjadi di area yang jauh dengan bengkel atau tambal ban, sudah pasti semakin bingung. Karena alasan inilah ada baiknya untuk setiap pengendara motor tahu penyebabnya.

Dengan Anda tahu penyebab ban pecah, maka risiko mengalaminya semakin kecil. Bahkan Anda dapat segera mengatasi ban pecah dengan cepat di mana pun berada.

Mengingat fungsi ban yang cukup penting, ada baiknya tahu penyebab ban pecah berikut ini.

Baca juga: Ganti Ban Motor Sendiri, Begini Tekniknya!

Jenis Ban yang Kurang Tepat dan Berkualitas

Di pasaran ada banyak jenis ban motor yang bisa disesuaikan dengan tipe setiap kendaraan. Awet dan tidaknya ban juga tergantung saat Anda memilihnya.

Ada baiknya jika pemilik kendaraan dapat memilih dan menentukan jenis ban sesuai kebutuhan dan tekstur jalan. Ada juga ban yang memiliki tipe kurang berkualitas.

Hal ini terkadang yang menggiurkan karena harga ban tersebut sedikit lebih murah. Padahal jika Anda beli belum tentu dapat menunjang keselamatan berkendara. Ban motor pecah tiba-tiba bisa terjadi kapan saja.

Ban dengan harga murah biasanya memiliki kualitas kurang baik. Misalnya ada bagian yang berlubang atau ada keretakan tertentu.

Dengan memilih ban berkualitas buruk mengakibatkan ban pecah lebih besar risikonya terjadi. Jika ada penawaran ban motor dengan harga di bawah standar, sebaiknya lebih waspada. Beli ban berkualitas dan awet.

Tekanan Tidak Sesuai Standar

Selain dari kualitas dan tipe ban yang tidak tepat, tekanan angin pun menjadi penyebab ban motor pecah tiba-tiba. Jika sampai kondisi ini Anda alami bisa mengakibatkan ban pecah di tengah jalan.

Setiap tipe sepeda motor memiliki standar tekanan angin yang berbeda. Saat pengisian angin pada sepeda motor Anda sebaiknya untuk melakukan pengecekan. Pastikan pengisian sesuai standar yang ada.

Jangan sampai tekanan angin pada ban kurang atau berlebih. Sebab, kedua kondisi tersebut bisa mengakibatkan ban pecah. Jika dengan tekanan angin terlalu berlebih akan menimbulkan kondisinya terlalu keras.

Sehingga rentan muncul benjol yang memicu ban pecah. Namun jika pengisian angin kurang dari standar, bisa menimbulkan tekanan yang tidak menentu. Hal ini mengakibatkan ban mudah retak dan risiko pecah semakin besar.

Standar tekanan angin pada ban yang sesuai bisa Anda lihat pada informasi yang biasa tertempel pada bagian motor. Sebaiknya lakukan pengisian angin pada ban secara tepat, untuk mengurangi risiko ban pecah.

Baca juga: Cara Agar Ban Motor Tetap Awet, Perhatikan Baik-baik!

Kondisi Ban yang Sudah Aus

Sebenarnya berbagai masalah yang sering terjadi pada ban karena berbagai alasan. Apalagi untuk ban motor pecah, salah satunya akibat kondisinya yang telah aus.

Ban aus biasanya ditandai dengan kondisinya yang halus atau gundul dan tipis. Selain itu, ban seperti ini akan terasa licin saat digunakan terutama ketika melalui area jalan terjal.

Daya cengkeraman sudah mulai berkurang, sehingga lebih berisiko mudah pecah. Sebaiknya ganti ban sebelum aus. Periksa indikator keausan ban secara berkala yang biasanya terdapat pada ban itu sendiri.

Agar dapat terhindar dari risiko ban motor pecah tiba-tiba ada baiknya jika Anda tahu apa saja penyebabnya. Dengan cara ini mampu mengurangi risiko ban pecah di tengah jalan. (R10/HR-Online)