Rabu, Februari 1, 2023
BerandaBerita TerbaruBan Motor untuk Cornering, Perhatikan Teknik Ini Agar Aman!

Ban Motor untuk Cornering, Perhatikan Teknik Ini Agar Aman!

Ban motor untuk cornering tentunya berbeda dengan ban biasanya. Cornering itu sendiri berarti menikung sehingga membutuhkan ban motor khusus untuk melakukannya dengan lancar dan aman. Pada dasarnya, cornering ini bisa Anda lakukan dengan mempraktikkan beberapa teknik.

Baca Juga: Memilih Ban Motor yang Tepat Agar Awet, Simak Beberapa Cara Ini!

Teknik Optimalisasi Ban Motor untuk Cornering

Ada banyak teknik yang penting untuk Anda perhatikan apabila ingin cornering. Apa saja teknik tersebut? Anda bisa cek ulasan di bawah ini.

Cermati Ban

Salah satu hal yang wajib untuk Anda perhatikan sebelum cornering yaitu mencermati ban sepeda motor. Pastikan ukuran ban dan velg sesuai.

Selain itu, perhatikan apakah ban masih bisa berfungsi normal sebagaimana mestinya.

Apabila hal tersebut sudah Anda pastikan, maka bisa lanjutkan dengan memilih ban. Dalam hal ini, sebaiknya Anda gunakan ban minimal semi slick.

Ban yang satu ini mempunyai compound lembut dan alur atau kembangan minimalis. Karakteristik tersebut membuat seluruh ban bisa langsung kontak dengan jalan.

Alhasil, daya cengkeram yang ban berikan jauh lebih baik. Anda bisa gunakan ban ini untuk melewati jalanan yang menikung sehari-hari.

Bukan hanya bermanfaat di area balap saja. Menariknya, saat melewati kondisi jalan yang lurus juga bisa menggunakan ban ini tanpa perlu mengkhawatirkan segi keamanannya.

Perhatikan Pengereman

Selain mencermati karakteristik ban, baik itu ukuran maupun tipenya, perhatikan pula pengeremannya. Sudah seharusnya setiap pengendara sepeda motor mampu menguasai teknik pengereman yang tepat. Pengereman ini perlu Anda terapkan ketika melalui jalanan menikung.

Adapun tujuan pengereman, jelas untuk mengurangi kecepatan atau laju cornering ban sepeda motor. Agar aman, imbangi pula dengan menurunkan gas dan gigi.

Lakukan secara hati-hati dan perlahan, jangan langsung seketika karena bisa berbahaya.

Semakin berbahaya apabila menurunkan gigi ketika berbelok. Hal ini akan membuat Anda tergelincir dan membahayakan pengendara lainnya. Oleh karena itu, hindari hal tersebut demi keselamatan bersama.

Baca Juga: Cara Ban Motor Tetap Awet, Coba Perhatikan Beberapa Trik Ini!

Kuasai Teknik Menikung

Supaya perjalanan terasa aman dan nyaman meski harus melewati tikungan, maka Anda perlu menguasai teknik menikung dengan baik.

Adapun caranya ialah dengan mengarahkan motor dari sisi luar terlebih dahulu. Kemudian lanjutkan dengan menuju bagian dalam tikungan.

Jangan sebaliknya, menikung dari sisi dalam. Hal ini berisiko membuat Anda terlempar ke luar jalur sehingga membahayakan.

Pasalnya, kesalahan tersebut bisa menimbulkan gejala understeer. Supaya terhindar dari risiko tersebut, pastikan tak mengabaikannya.

Body Steering

Dalam berkendara, khususnya dunia balap, terdapat istilah body steering. Istilah yang satu ini terkenal dengan sebutan gestur tubuh. Nyatanya gestur tubuh harus Anda perhatikan dalam pembahasan ban motor untuk cornering ini.

Jangan kaku, gestur tubuh Anda haruslah luwes supaya memudahkan laju sepeda motor. Caranya, Anda cukup geser posisi duduknya dengan cenderung lebih condong ke tikungan.

Lalu posisikan kepala dan mata ke arah jalan. Sedangkan posisi kaki bisa Anda buka ke sisi kemiringan motor.

Saat sudah selesai melalui jalanan menikung, maka bisa mengatur ulang posisinya senyaman mungkin. Meski terdengar sepele, namun teknik ini terbukti penting.

Anda bisa malu, rugi, ataupun hal tak nyaman lainnya apabila mengalami masalah yang tidak diinginkan selama menikung.

Baca Juga: Ban Motor Pecah Tiba-Tiba, Waspadalah Mungkin Ini Penyebabnya

Kuasai Akselerasi

Akselerasi jelas harus Anda perhatikan selain ban motor untuk cornering. Agar proses menikung berhasil sesuai keinginan, Anda harus hindari tarik gas secara dalam-dalam jika posisinya belum tegak. Anda bisa saja tergelincir saat menambah gas namun posisinya miring.

Perlu untuk Anda pahami bahwa hal tersebut terjadi sebab ban belakang spinning ketika posisinya belum stabil. Anda baru bisa tarik gas ketika sepeda motor sudah keluar dari tikungan dan posisinya tegak.

Pada dasarnya, Anda tak hanya perlu menguasai teknik akselerasi saja, melainkan juga kendalikan emosi dan kesabaran selama melakukannya.

Tentu saja akan terasa percuma apabila menguasai tekniknya, namun tak sabar melakukannya. Bisa jadi Anda menjajal teknik di saat yang tak tepat. Ingat, hal ini bukan hanya mengancam jiwa Anda saja, akan tetapi juga orang lain.

Setiap pengendara perlu memperhatikan ban motor untuk cornering. Semakin disarankan apabila Anda hobi atau bercita-cita jadi pembalap. Dengan wawasan tersebut, maka Anda bisa lakukan cornering secara mulus. (R10/HR-Online)