Senin, Februari 6, 2023
BerandaBerita BanjarBantuan Paket Pelatihan Kerja Tahun 2023, Kota Banjar Hanya dapat 9 Paket

Bantuan Paket Pelatihan Kerja Tahun 2023, Kota Banjar Hanya dapat 9 Paket

Berita Banjar (harapanrakyat.com),- Bantuan pelatihan kerja untuk tahun 2023, Kota Banjar, Jawa Barat, mendapatkan 9 paket dari pemerintah pusat melalui Kemenaker RI. Sebelumnya pada tahun 2022, Kota Banjar mendapatkan 13 paket.

Kepala Dinas Tenaga Kerja Kota Banjar, Sunarto mengatakan, baket bantuan pelatihan dari pemerintah pusat yang didapat tersebut berkurang dari tahun 2022 yang mencapai 13 paket bantuan pelatihan, berikut 5 paket bantuan untuk Lapas Banjar.

“Kami harap ada penambahan lagi untuk paket program bantuan pelatihan tahun 2023 mendatang. Supaya kita bisa mengakomodir lebih banyak program pelatihan untuk membekali para tenaga kerja di Kota Banjar,” kata Sunarto, Jumat (14/10/2022).

Baca Juga: Pelatihan Las di Kujangsari Kota Banjar Dianggap Tak Tepat Sasaran

256 Peserta Pelatihan Kerja di BLK Kota Banjar

Sementara itu, Kepala Bagian UPTD Balai Latihan Kerja (BLK) Kota Banjar, Doni Ismaya mengatakan, pada tahun 2022 ini, ada 256 peserta yang telah mengikuti pelatihan kerja di UPTD Balai Latihan Kerja Kota Banjar.

Bahkan, sebagian peserta juga telah menempati kerja dan ada pula yang membuka usaha secara mandiri.

Jumlah peserta sebanyak itu terdiri dari 208 orang peserta mengikuti pelatihan yang biayanya bersumber dari APBN. Sedangkan, untuk pelatihan yang didanai dari APBD Kota sebanyak 48 orang.

Adapun paket pelatihan kerja yang tersedia meliputi otomotif atau perbengkelan, perkayuan atau mebeler, menjahit, tata boga dan kecantikan.

Baca Juga: Saat di Tasikmalaya, Wapres RI Harap Ponpes Jadi Pusat Ekonomi

“Jumlah peserta pelatihan seluruhnya ada 256 orang, dan untuk 2 paket pelatihan kerja yang sedang berjalan merupakan paket pelatihan terakhir di 2022,” kata Doni.

Lanjutnya menjelaskan, dari jumlah peserta yang telah mengikuti pelatihan tersebut, sebanyak 144 orang sudah menempati dunia kerja sesuai bidang pelatihannya masing-masing. Sebagian lagi membuka usaha secara mandiri.

Adapun target penempatan kerja dari Kemenaker RI sebanyak 65 persen. Baik yang usaha mandiri maupun dunia industri.

Untuk BLK Kota Banjar, target tersebut sudah terpenuhi. Sedangkan, jumlah paket pelatihan yang BLK buka dalam satu tahun ini sebanyak 6 tahap pelatihan.

“Target penempatan kerja dari Kemenaker RI sebanyak 65 persen. Baik yang usaha mandiri maupun dunia industri. Untuk BLK Kota Banjar sudah memenuhi target,” jelas Doni. (Muhlisin/R3/HR-Online/Editor-Eva)