Senin, Februari 6, 2023
BerandaBerita CiamisBapenda Ciamis Sudah Layak Dibentuk, Oih Burhanudin: Tinggal Strateginya

Bapenda Ciamis Sudah Layak Dibentuk, Oih Burhanudin: Tinggal Strateginya

harapanrakyat.com,- Pembentukan Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) di Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, bakal segera terealisasi.

Saat ini, pembahasan Raperda tentang perubahan Peraturan Daerah Susunan Organisasi Tata Kerja (SOTK) sudah hampir selesai.

Ketua Badan Pembentukan Peraturan Daerah (Bapemperda) DPRD Ciamis, H Oih Burhanudin mengatakan, pihaknya merespon positif Raperda usulan dari Bupati Ciamis tersebut.

“Raperda soal pembentukan SOTK baru (Bapenda) ini memang sefrekuensi dengan DPRD,” ujar Oih, Selasa (18/10/2022).

Baca juga: Akademisi Dukung Usulan Pembentukan Bapenda Ciamis

Berdasarkan hasil kajian lanjut Oih, Badan Pendapatan Daerah Ciamis memang sudah layak terbentuk. Hal itu berdasarkan 3 aspek, yakni aspek keuangan daerah, SDM dan sarana prasarana.

Kata Oih, ketiga aspek itu sudah terpenuhi, sehingga Bapenda Ciamis  sudah bisa lahir.

“Dengan terbentuknya Bapenda ini, Pemkab akan lebih fokus untuk memaksimalkan peluang-peluang PAD, sesuai tugas dan fungsinya,” kata mantan Wakil Bupati Ciamis, periode 2015-2018 ini.

Oih menuturkan, pihaknya sempat meminta ekspos kepada Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) soal target-target pasca lahirnya Bapenda di Ciamis.

“Jadi memang kata mereka (BPKD), dengan pembentukan Bapenda, akan ada peningkatan pendapatan terutama dari pajak, karena mereka bisa lebih fokus menggali potensi PAD,” ungkapnya.

“Tinggal bagaimana nanti strategi dalam peningkatan PAD itu seperti apa, itu yang harus jadi fokus Bapenda,” jelas Oih.

Terkait dengan pengisian sumber daya manusia (SDM) yang bakal ditempatkan di Bapenda, Oih menyebut itu ranahnya pemerintah daerah. “Dan saya yakin itu akan ditempati oleh orang yang sudah teruji,” pungkasnya. (R8/HR Online/Editor Jujang)