Selasa, Februari 7, 2023
BerandaBerita BanjarBappelitbangda Kota Banjar Ungkap Konsep Penataan Jalan Hamara Efendi

Bappelitbangda Kota Banjar Ungkap Konsep Penataan Jalan Hamara Efendi

harapanrakyat.com,- Pemerintah Kota Banjar, Jawa Barat, akan melakukan penataan untuk para pedagang kaki lima (PKL) yang ada di Jalan Hamara Efendi, Kecamatan Pataruman. Namun seperti apa konsep penataan Jalan Hamara Efendi tersebut?

Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bappelitbangda) Kota Banjar mengungkapkan, bahwa secara garis besar kawasan tersebut akan dibuat seperti penataan pedestrian jalan HZ Mustofa Tasikmalaya.

Selain itu, untuk penataan para pedagang kaki lima konsepnya akan mirip ala Malioboro Yogyakarta.

“Namun, untuk konsep Jalan Hamara Efendi akan sesuai dengan apa yang menjadi ciri khas kota Banjar,” kata Kepala Bappelitbangda Kota Banjar, Soni Horison, melalui Kabid Infrastruktur dan Kewilayahan, Husein Husaini, Jumat (21/10/2022).

Baca Juga: Soal Relokasi PKL Hamara Efendi Tahap 2, Ini Kata Bappelitbangda Kota Banjar

Namun begitu, kata Husein, untuk detail engineering design (DED) penataan kawasan tersebut saat ini belum masuk dalam perencanaan. Pihaknya akan memasukkan dalam perencanaan tahun 2023 mendatang.

“Secara detail perencanaan itu belum. Rencana konsep penataan Jalan Hamara Efendi nantinya seperti di Tasikmalaya. Namun dengan ciri khas kota Banjar, dan itu nanti masuknya dalam perencanaan tahun 2023,” terangnya.

Sebelumnya memang banyak yang beranggapan bahwa relokasi para PKL Jalan Hamara Efendi atau yang terkenal dengan nama Kenanga tersebut, karena imbas dari pembangunan mall.

Baca Juga: DKUKMP Kota Banjar Klaim Relokasi PKL Hamara Efendi untuk Penataan Pedagang

Akan tetapi, Dinas Koperasi Usaha Kecil Menengah dan Perdagangan (DKUKMP) Kota Banjar, membantah anggapan tersebut.

Menurut DKUKMP bahwa relokasi kawasan kuliner jalan Hamara Efendi karena akan ada penataan, yang konsepnya ala Malioboro Yogyakarta.

“Sebetulnya sudah masuk perencanaan. Kebetulan untuk relokasi baru sekarang ini. Jadi, bukan karena ada pembangunan mall, tapi untuk penataan,” kata Kabid Perdagangan DKUKMP Kota Banjar, Mamat Rahmat, Kamis (20/10/2022).(Muhlisin/R5/HR-Online/Editor-Adi)