Selasa, Desember 6, 2022
BerandaBerita CiamisBawaslu Ciamis Perpanjang Penerimaan Pendaftaran Panwascam

Bawaslu Ciamis Perpanjang Penerimaan Pendaftaran Panwascam

Berita Ciamis (Harapanrakyat.com),- Bawaslu Ciamis perpanjang pendaftaran penerimaan calon anggota Panitia Pengawas Kecamatan (Panwascam) Pemilu 2024 untuk 17 kecamatan sampai 8 Oktober 2022.

Ketua Bawaslu Ciamis Uce Kurniawan mengatakan perpanjangan tersebut karena masih banyak kecamatan yang belum memenuhi kuota 30 persen keterwakilan perempuan.

“Keterwakilan perempuan dari 17 kecamatan itu masih kurang. Jadi kami berikan waktu bagi siapa saja yang mau mendaftar jadi anggota Panwascam,” ungkapnya.

Berikut 17 kecamatan yang penerimaan pendaftaran Panwascam diperpanjang. Banjarsari, Cidolog, Cihaurbeuti, Cikoneng, Cipaku, Jatinagara, Lakbok, Lumbung, Pamarican, Panawangan, Panjalu, Panumbangan, Purwadadi, Rajadesa, Sindangkasih, Sukamantri dan Tambaksari.

Saat ini untuk pendaftar yang sudah masuk ada sekitar 549 orang. Kemungkinan akan bertambah seiring dengan perpanjangan pendaftaran tersebut. Walau pun nanti sampai batas akhir tidak terpenuhi 30 persen kuota perempuan, maka tetap berjalan sesuai tahapan.

Baca Juga: Bawaslu Ciamis Buka Rekrutmen Panwascam, Ini Persyaratannya

“Pendaftaran awa kita buka dari tanggal 1-27 September. Namun karena masih ada kekurangan, maka kami tambah lagi waktunya hingga tanggal 8 Oktober 2022,” jelasnya.

Uce melanjutkan, setelah selesai tahapan pendaftaran, maka kita lanjutkan tahap seleksi administrasi. Bagi para calon Panwascam tersebut lulus, maka berhak mengikuti tes selanjutnya yaitu Computer Assist Test (CAT) dan tes wawancara.

“Untuk anggota panitia pengawas pemilu kecamatan kita membutuhkan 81 orang pengawas untuk 27 kecamatan. Masing-masing kecamatan ada tiga orang yaitu satu ketua dan dua anggota,” katanya.

Uce menjelaskan setelah penerimaan pendaftaran Panwascam selesai, selanjutnya Bawaslu menggelar penerimaan Pengawas Pemilu Desa.

“Mudah-mudahan tahapan untuk calon anggota Panwascam para pendaftar bisa terpenuhi dengan segera. Supaya tahapan seleksi selanjutnya bisa kami jadwalkan yang nantinya bisa menentukan siapa saja yang jadi pengurus Panwascam itu,” pungkasnya. (Es/R9/HR-Online/Editor-Dadang)