Sabtu, Desember 3, 2022
BerandaBerita CiamisBencana di Cipaku Ciamis, Tebing Longsor-Banjir Rendam Rumah dan Masjid

Bencana di Cipaku Ciamis, Tebing Longsor-Banjir Rendam Rumah dan Masjid

harapanrakyat.com,- Bencana longsor dan banjir terjadi di Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat, Senin (24/10/2022).

Tebing setinggi 8 meter dan lebar 10 meter longsor di Dusun Bangbayang, Kecamatan Cipaku. Akibatnya, dapur rumah milik warga porak poranda tertimpa material longsoran material tebing.

Baca Juga: Tembok Penahan Tebing Jalan Kabupaten di Cipaku Ciamis Ambruk

Bripka Adit Maulana, Kanit Intel Polsek Cipaku mengatakan, hujan deras yang melanda wilayah Dusun Bangbayang kidul sejak pukul 13.00 WIB menyebabkan tanah tebing yang berada di sekitar pemukiman warga longsor. 

“Dapur rumah yang rusak parah tersebut merupakan milik Atin warga RT 06, RW 20, Dusun Bangbayang Kidul. Tidak ada korban jiwa, namun kerugian material ditaksir mencapai Rp 15 juta,” katanya.

Adit mengimbau warga yang rumahnya berada di sekitar tebing atau rawan bencana selalu waspada sebab khawatir terjadi longsor susulan akibat curah hujan tinggi.

Selain tebing longsor, bencana banjir juga terjadi di Desa Buniseuri, Kecamatan Cipaku, Kabupaten Ciamis. Akibat hujan deras mengakibatkan sungai Ciwadori meluap. Sebanyak 3 rumah dan 1 masjid pun terendam banjir.

Kepala Desa Buniseuri H Ateng Rusmana mengatakan, hujan deras yang melanda wilayah Cipaku mengakibatkan banjir yang merendam 3 rumah dan 1 masjid.

“Ketinggian air mencapai kurang lebih 50 cm sehingga perabotan setiap rumah yang terendam banjir dievakuasi ke tempat yang aman,” katanya.

Ateng menjelaskan, banjir tidak berlangsung lama sehingga penghuni rumah yang kebanjiran tidak sampai dievakuasi. 

“Ya  tidak sampai dievakuasi. Semoga saja hujan deras tidak kembali terjadi,” pungkasnya. (Edji/R7/HR-Online/Editor-Ndu)