Selasa, Desember 6, 2022
BerandaBerita CiamisBupati Ciamis: Jalan Menuju Lumbung Padi Harus Dihotmix 2023

Bupati Ciamis: Jalan Menuju Lumbung Padi Harus Dihotmix 2023

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Bupati Ciamis Herdiat Sunarya meminta jalan menuju pusat pertanian sekaligus lumbung padi di Desa Baregbeg, Kecamatan Lakbok, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat segera diperbaiki.

Herdiat meminta Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan (PUPRP) Ciamis segera melakukan pendataan sehingga jalan tersebut bisa diperbaiki pada tahun 2023.

“Dinas PUPRP harus segera mendata lokasi-lokasi jalan menuju areal pertanian untuk bisa diperbaiki dengan menggunakan aspal hotmix. Sehingga para petani dan warga lebih mudah dalam melaksanakan perekonomian sektor pertanian,” ungkap Herdiat saat menghadiri Panen Raya di Lakbok, Jumat (30/9/2022) lalu.

Baca Juga: Duh, 6 Bulan Tak Bisa Dilalui, Anggota DPRD Ciamis Minta Jembatan Wanasigra Segera Diperbaiki

Herdiat berharap jalan akses menuju lokasi pertanian di Kecamatan Lakbok yang jadi lumbung padi bisa diperbaiki secara berkala.

“Ada beberapa ruas jalan menuju lokasi pertanian dengan kondisi rusak. Maka dari itu, Dinas PUPRP Ciamis harus sudah merencanakan perbaikan tahun berikutnya,” katanya.

DPUPR Ciamis Siap Perbaiki Jalan Menuju Lumbung Padi

Sementara Kepala Dinas PUPR Ciamis Andang Firman mengatakan, sesuai instruksi Bupati Ciamis, pihaknya siap merealisasikan program perbaikan jalan di kawasan pertanian yang menjadi lumbung padi.

“Perbaikan jalan kawasan pertanian, memang menjadi agenda kami tiap tahun, hal itu disesuaikan juga dengan anggaran yang ada. Bahkan untuk wilayah lakbok khususnya menuju lokasi lumbung padi sudah sebagian kita perbaiki dengan aspal hotmix,” jelasnya, Rabu (5/10/2022).

Lebih lanjut kata Andang, agar perbaikan tahun 2023 mendatang bisa dilakukan, pihaknya terus melakukan pendataan. Hal itu guna memutuskan jalan mana saja yang nantinya menjadi skala prioritas perbaikan.

“Kalau untuk jalan yang merupakan akses pertanian, memang tiap tahun kita agendakan perbaikan. Seperti halnya jalan ke wilayah Kampung Madu dan juga Desa Kalijaya yang merupakan sentra durian,” jelasnya.

Begitu juga perbaikan jalan menuju daerah lumbung padi akan menjadi skala prioritas.

“Sebagian jalan menuju wilayah-wilayah pertanian atau daerah yang merupakan lumbung padi dan pertanian lainnya. Tentu akan menjadi skala prioritas perbaikan sesuai dengan apa instruksi Bupati Ciamis,” katanya. (ES/R7/HR-Online/Editor-Ndu)