Rabu, Februari 1, 2023
BerandaBerita TerbaruCara Astronot Kembali ke Bumi, Ternyata Tanpa Roket!

Cara Astronot Kembali ke Bumi, Ternyata Tanpa Roket!

Cara astronot kembali ke Bumi setelah menyelesaikan misi, bagaimana? Cara astronot untuk kembali ke Bumi ini menjadi pertanyaan besar. Karena mereka sudah menghabiskan beberapa waktu di luar angkasa, apakah mereka bisa kembali ke Bumi dengan normal?

Astronot adalah sebutan untuk mereka yang melakukan perjalanan ke luar angkasa. Untuk berangkat ke luar angkasa, astronot akan mempersiapkan banyak hal.

Mereka bisa melakukan misi di luar angkasa selama beberapa hari bahkan hingga hitungan tahun. Hal yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana mereka akan kembali lagi ke Bumi.

Baca Juga: Cara Astronot Mendapatkan Oksigen di Luar Angkasa, Ini Dia!

Bagaimana Cara Astronot Kembali ke Bumi?

Para astronot akan melakukan misi luar angkasa dan meninggalkan Bumi pada beberapa waktu. Mereka akan berdiam diri di tempat tujuan mereka.

Di luar angkasa terdapat tempat yang bernama Stasiun Luar Angkasa Internasional (ISS). Tempat itulah yang astronot gunakan untuk menetap selama di luar angkasa.

Selama beberapa bulan, bahkan hingga beberapa tahun para astronot dari berbagai negara akan menjalani kehidupan mereka sambil menjalani misi khusus di luar angkasa.

Jika misi tersebut sudah selesai, maka mereka akan kembali ke Bumi. Karena itulah setiap astronot harus memiliki bekal pengetahuan agar dapat bertahan hidup tidak hanya di luar angkasa, tetapi juga harus paham bagaimana cara untuk kembali ke Bumi.

Baca Juga: Baju Antariksa Misi Bulan Artemis III, NASA Pilih Axiom Space!

Tidak Menggunakan Roket

Mengutip dari laman BBC, para astronot menggunakan cara khusus untuk bisa mendarat hingga ke Bumi.

Kenyataannya, cara astronot kembali ke Bumi sangat jauh berbeda dari keberangkatannya. Jika untuk berangkat mereka membutuhkan pesawat roket khusus, maka astronot justru hanya akan menggunakan parasut untuk pulang.

Tentunya parasut yang astronot gunakan akan berbeda. Parasut tersebut terbuat dari bahan khusus yang dapat menembus lapisan atmosfer di luar angkasa dan juga Bumi.

Penggunaan parasut ini bukan tanpa alasan. Itu karena tekanan pada atmosfer Bumi yang berbeda jauh dari luar angkasa justru dapat menghancurkan pesawat apabila tidak memiliki material yang kuat.

Baca Juga: Pangkalan Astronot di Bulan Menggunakan Material Urine

Berapa Lama Perjalanannya?

Untuk dapat kembali ke Bumi, astronot akan menempuh perjalanan selama 3-5 jam. Mereka harus memasuki sebuah rangkaian kapsul roket luar angkasa yang memiliki ruang terbatas dan penutup rapat.

Kapsul ini kemudian akan meluncur dari stasiun luar angkasa dan selanjutnya dikendalikan melalui teknologi komputer.

Kapsul roket yang astronot gunakan terdiri dari tiga bagian yaitu orbital module, instrument module, dan instrument compartment.

Orbital dan instrument akan terbakar di lapisan atmosfer, jadi astronot akan kembali ke Bumi hanya dengan descent modul. Kapsul inilah yang melindungi astronot dari suhu panas dan berbagai tekanan serta benturan.

Di ketinggian sekitar 8,5 km, sebagai cara astronot kembali ke Bumi, parasut yang terdapat di dalam kapsul akan terbuka secara otomatis. Sehingga tidak menghantam permukaan bumi dengan keras dan para astronot dapat kembali merasakan gravitasi. (R10/HR-Online)