Minggu, Februari 5, 2023
BerandaBerita TerbaruCara Lindungi HP Android dari Hacker Paling Ampuh, Wajib Coba!

Cara Lindungi HP Android dari Hacker Paling Ampuh, Wajib Coba!

Cara lindungi HP Android dari hacker memang tidak mudah. Ada cara tersendiri yang dapat Anda lakukan untuk lindungi HP Android dari hacker. Anda bisa mengikuti tips Android tersebut di sini.

Kehadiran smartphone dalam dunia digital sebenarnya sangat bagus. Smartphone Android memberikan banyak sekali dampak positif terhadap kehidupan.

Namun, bukan berarti dampak negatif hilang begitu saja. Salah satu dampak negatif Android adalah ancaman hacker. Simak di sini jika Anda ingin membasmi ancaman hacker tersebut.

Baca Juga: Cara Menghemat Paket Data Internet Seperti Ini! Dijamin Lebih Awet!

3 Cara Lindungi HP Android dari Hacker dan Ciri-cirinya!

Melindungi Android dari serangan hacker adalah salah satu hal yang wajib Anda ketahui sekarang ini.

Sebab, serangan hacker bisa sangat berbahaya. Mereka bisa mencuri data-data di dalam HP Android dan menggunakannya untuk hal yang berbahaya.

Jangan panik dulu, Anda juga bisa melakukan beberapa cara untuk melindungi HP Android dari serangan hacker tersebut.

Untuk Mengantisipasi Serangan Hacker, Apa Saja yang bisa Kita Lakukan?

Untuk menghindar dari serangan hacker memang tidak mudah. Berikut 3 cara lindungi HP Android dari hacker dengan mudah dan aman.

  1. Gunakan Kunci Layar

Android saat ini sudah banyak yang menawarkan kunci layar, baik pola, pin, dan bahkan hingga deteksi wajah atau fingerprint. Jadi, Anda bisa memanfaatkan fitur itu untuk menghindari hacker.

Dengan menggunakan kunci layar, maka sandi di ponsel Anda akan lebih suti terpecahkan. Ini akan sangat berguna untuk melindungi smartphone dari serangan hacker yang melacak dari jarak jauh.

  1. Gunakan Kunci Kartu SIM

Kunci layar memang cukup membantu, akan tetapi tidak secara maksimal menghentikan seorang hacker untuk mengambil data dari kartu SIM Anda.

Apalagi saat ini kartu SIM sudah terhubung dengan NIK atau nomor kependudukan resmi, sehingga akan lebih menyeramkan. Oleh karena itu, lebih baik gunakan kunci kartu SIM dalam bentuk PIN.

Jadi, siapapun harus memasukkan PIN terlebih dahulu sebelum telepon dihidupkan atau untuk terhubung ke jaringan.

Baca Juga: Cara Menghemat Baterai HP agar Awet dan Berfungsi Optimal

  1. Lindungi Data yang Sensitif

HP Android menjadi tempat untuk menyimpan data yang efektif karena sangat mudah untuk menemani mobilitas. Terkadang data yang ada di dalamnya juga sangat sensitif.

Secara efektif, HP Android memiliki penyimpanan yang mudah hacker retas. Untuk memberi perlindungan otomatis, saat ini sudah ada banyak perangkat lunak yang bisa Anda gunakan.

Perangkat lunak pelindung data di Android tersebut juga tersedia secara gratis dan mampu bekerja secara efektif untuk melindungi data milik Anda.

Apa Ciri-Ciri HP Kena Hack?

Melakukan cara lindungi HP Android dari hacker juga dapat Anda terapkan ketika sudah terjadi ciri-ciri peretasan. Ada beberapa ciri HP kena hack, yaitu sebagai berikut:

  • Baterai HP Android akan lebih mudah habis meski Anda tidak menggunakannya. Itu karena hacker menjalankan aktivitas secara remote di HP Android Anda.
  • Data internet pada Android tiba-tiba melambung tinggi padahal penggunaan internet masih standar. Bisa jadi ada malware atau aplikasi mata-mata yang terus berjalan.
  • HP Android menjadi lebih lambat karena hacker melakukan aktivitas berat yang bentrok dengan aplikasi lain.
  • Terdapat SMS atau panggilan mencurigakan yang tidak pernah Anda lakukan.
  • Munculkan pop-up iklan aneh karena malware telah masuk ke dalam Android Anda.

Jika sudah begitu, maka segera lakukan cara lindungi HP Android dari hacker sebelum mereka mengambil lebih banyak data.

Baca Juga: Ciri HP Android Kena Virus Lengkap dengan Cara Mengatasinya

Apa Tujuan dari Hacker?

Banyak yang masih bertanya-tanya, apa sebenarnya tujuan hacker. Bagaimanapun juga, hacker adalah sebuah kejahatan cyber.

Hacker sama dengan mencuri data pribadi seseorang atau institusi. Tentu saja hacker melakukan hal tersebut dengan tujuan utama mendapatkan data-data penting.

Mereka ingin mendapatkan akses tidak sah ke komputer atau smartphone, jaringan, sistem komputasi, sistem, atau perangkat seluler.

Sudah ada banyak kasus serangan hacker yang sangat mengganggu. Mereka sangat merugikan masyarakat karena akan mencuri data dan menggunakannya untuk hal-hal yang tidak menyenangkan dan pastinya merugikan pihak korban.

Itulah kenapa, Anda harus melakukan cara lindungi HP Android dari hacker seperti di atas sesegera mungkin. Anda juga harus peka terhadap ciri-ciri HP terkena hacker agar tidak kecolongan. (R10/HR-Online)