Selasa, November 29, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Membersihkan Busi Motor, Performa Mesin Kembali Optimal

Cara Membersihkan Busi Motor, Performa Mesin Kembali Optimal

Cara membersihkan busi motor dengan langkah sederhana. Mengingat busi motor penting, ada baiknya jika Anda tahu cara membersihkannya. Sebenarnya semua komponen motor penting.

Namun busi adalah salah satu yang tidak bisa disepelekan. Mengingat perannya cukup vital ada baiknya jika Anda melakukan perawatan secara tepat. Selalu cek kondisi busi agar tidak mati di tengah jalan.

Baca Juga: Cara Mengatasi Busi Motor Cepat Hitam Paling Praktis, Simak!

Cara Membersihkan Busi Motor yang Kotor

Busi merupakan komponen kecil yang memiliki peranan cukup besar. Untuk itu, sebagai pemilik kendaran tidak ada salahnya jika Anda melakukan pengecekan secara rutin.

Busi berfungsi sebagai sistem pembakaran bensin terhadap mesin. Tidak hanya itu saja, peran penting dari komponen ini akan berpengaruh pada performa motor.

Jika busi dalam kondisi baik dan berkualitas tentunya performa motor lebih baik. Namun seiring dengan penggunaannya membuat kinerja busi berkurang.

Bahkan hal ini juga sering terjadi pada komponen yang lainnya. Kinerja busi bisa kurang optimal akibat berbagai faktor. Salah satunya yaitu adanya kotoran dari sisa pembakaran.

Agar kinerjanya tetap optimal sebaiknya untuk bisa memperhatikan kondisinya. Anda perlu melakukan pengecekan pada komponen tersebut. Membersihkan busi dari kotoran sisa pembakaran mungkin cukup mudah.

Namun akan terasa sulit bagi Anda yang tidak pernah melakukannya. Jika busi tetap Anda biarkan kotor tentu performanya akan menurun.

Bahkan risko terbesar jika motor justru akan mati tiba-tiba akibat sistem pengapian tidak berfungsi.

Ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk membantu busi lebih bersih terbebas dari kotoran. Gunakan cara ini agar performa busi dapat kembali sempurna.

Baca Juga: Cara Mengatasi Busi Basah Sesuai dengan Penyebab yang Ditimbulkan

Gunakan Sikat Kawat dan Amplas

Sebenarnya cara membersihkan busi motor cukup sederhana. Anda pun bisa melakukannya sendiri di rumah. Busi yang kotor bisa Anda bersihkan menggunakan bantuan kawat atau amplas.

Sikat kawat memiliki tekstur keras dan kasar. Sehingga dapat menghilangkan kerak akibat kotoran sisa pembakaran.

Caranya cukup mudah, silahkan lepaskan busi dan sikat hingga kotoran bersih. Sebaiknya jangan terlalu keras menyikat busi agar tidak mengakibatkan goresan pada kepala busi.

Selain sikat kawat, amplas juga bisa membantu membersihkan busi dari kotoran dengan cara mengamplas bagian kepala busi. pastikan tidak ada kotoran yang menempel sebelum Anda memasangnya kembali.

Gunakan Bantuan Bensin

Selain cara pertama, masih banyak tips yang bisa Anda lakukan yaitu dengan bantuan bensin. Sama seperti cara sebelumnya Anda perlu melepas busi terlebih dulu.

Kemudian bersihkan busi menggunakan kain yang sudah Anda lumuri dengan bensin. Bersihkan kepala busi dengan kain tersebut hingga kotoran terlepas.

Setelah benar-benar bersih, Anda bisa mengelapnya dengan kain bersih sampai kering.

Jika memiliki kompresor Anda bisa gunakan tekanan tinggi agar busi benar-benar kering. Lakukan dengan tepat agar busi dapat bekerja secara optimal kembali.

Namun perlu diingat saat menggunakan bensin, hindari merendamnya agar elektroda tidak terkikis. Hindari juga busi agar tidak terkena air atau basah, sebab akan mengakibatkan timbulnya korosi.

Baca Juga: Perbedaan Busi Racing dan Standar pada Tipe Sepeda Motor

Ganti Busi Secara Berkala

Selain cara membersihkan busi motor baik dengan bensin, sikat kawat, atau amplas, selalu cek busi. Dengan melakukan pengecekan pada komponen tentu membuat Anda tahu bagaimana performa busi.

Sebab, seiring pemakaiannya busi juga memiliki masa pakai. Sehingga penggantian busi baru cukup penting adanya.

Agar performa mesin maksimal, Anda harus melakukan penggantian setiap 10.000 KM dan disesuaikan dengan kondisi motor.

Jika tidak Anda bisa melakukan pengecekan pada pengapian motor, bahkan busi tidak mengeluarkan percikan api berwarna biru, menandakan jika kondisinya sudah tidak normal.

Namun jika warnanya masih biru, maka busi masih dapat berfungsi dengan baik.

Mengganti busi adalah salah satu hal penting yang perlu pemilik motor lakukan. Apalagi mengingat busi menjadi sistem pengapian yang cukup penting pada mesin.

Dengan membersihkan dan melakukan pengecekan, performa busi tetap terjaga. Tidak ada salahnya sebagai pemilik kendaraan Anda melakukan servis secara berkala.

Meski banyak pemilik motor yang sering melakukan penggantian busi, sayangnya masih jarang yang tahu bagaimana cara membersihkan busi motor yang tepat. Padahal dengan cara tepat membantu performa busi kembali optimal. (R10/HR-Online)