Kamis, Februari 2, 2023
BerandaBerita TerbaruCara Memperbaiki Memory Card Smartphone Error Tidak Terbaca

Cara Memperbaiki Memory Card Smartphone Error Tidak Terbaca

Cara memperbaiki memory card smartphone tidak terbaca. Memory card cukup penting, oleh sebab itu jika mengalami kerusakan Anda perlu tahu bagaimana cara memperbaikinya.

Saat memory card atau SD Card tidak dapat berfungsi mengakibatkan ruang penyimpanan terbatas. Karena alasan inilah mengapa Anda perlu tahu cara untuk memperbaikinya.

Hal ini bertujuan agar setiap smartphone dapat menyimpan file atau dokumen dalam jumlah besar. Apalagi mengingat tidak semua smartphone memiliki kapasitas ruang penyimpanan yang besar.

Baca Juga: Begini Cara Memperbaiki Memory Card Smartphone yang Error

Cara Memperbaiki Memory Card Bermasalah di Smartphone

Saat ini pengguna smartphone hampir merata karena perannya yang cukup penting. Ada banyak komponen penting didalamnya. Salah satunya yaitu keberadaan memory card atau SD Card.

Kartu yang satu ini berperan sebagai ruang penyimpanan file dalam ukuran besar. Namun ketika memory card bermasalah ada baiknya untuk segera dicari solusinya. Masalah ini jangan dianggap sepele.

Pasalnya jika ruang penyimpanan smartphone terbatas, tentu akan mengganggu Anda ketika ingin menyimpan file atau dokumen penting tidak bisa. Bahkan jika memory card rusak banyak file yang hilang dn tidak terdeteksi.

Sebenarnya kerusakan pada memory card dikarenakan banyak hal. Ada beberapa faktor mengapa kondisi ini terjadi. Jika memory card bermasalah ada baiknya untuk tahu apa penyebabnya terlebih dulu. Jika sudah baru Anda bisa segera mengatasinya.

Penyebab Memory Card Tidak Terbaca

Cara memperbaiki memory card dapat dilakukan dengan beberapa langkah. Namun agar penanganannya lebih tepat ada baiknya untuk mengetahui penyebabnya terlebih dulu. Berikut ini ada beberapa penyebab mengapa memory card tidak dapat terbaca sama sekali.

  • Penyebab yang umum terjadi karena memory card kotor. Jika kondisi ini Anda biarkan saja mengakibatkan SDCard semakin rusak dan tidak dapat terbaca oleh perangkat smartphone.
  • Micro SD terkena minyak. Bisa saja penyebab ini yang membuat micro SD tidak terbaca. Anda bisa mengatasinya dengan menggunakan lap bersih dan berhati-hati agar tidak merusaknya.
  • Micro SD bekerja terus menerus. Memory card yang dipaksa untuk bekerja terus menerus juga mengakibatkan kerusakan terjadi. Misalnya ruang penyimpanan kecil, namun diisi dengan file berukuran besar. Hal ini mengakibatkan memory card mengalami kerusakan.

Baca Juga: Cara Ganti Memory Card di Android Biar Penyimpanan Kian Lega

Tanda-Tanda Memory Card Rusak

Setelah Anda tahu penyebab memory card rusak ada beberapa tanda yang bisa Anda lihat. Saat memory card rusak akan muncul tanda-tanda aneh dan mencurigakan, seperti berikut ini:

  • Anda tidak bisa menyalin, menambahkan bahkan menghapus file dari SDcard.
  • Akan muncul notifikasi jika memory card tidak dapat Anda akses karena ERROR.
  • Memory card tidak muncul ketika pemiliknya membuka melalui sistem
  • Foto di galeri memory card yang sudah tersimpan sebelumnya hilang.

Saat tanda-tanda tersebut Anda alami segera cari cara memperbaiki memory card yang tepat. Sehingga dapat menyimpan kembali berbagai file dan dokumen dalam ukuran besar.

Baca Juga: Memory card rusak, Inilah cara memperbaikinya!

Memperbaiki Memory Card Bermasalah

Perbaikan pada memory card smartphone yang bermasalah bisa saja Anda lakukan dengan mudah. Namun ini bisa Anda lakukan jika memory card hanya rusak secara internal bukan dari fisiknya.

Jika Anda mengalami hal ini sewaktu-waktu ada baiknya mencoba mengatasinya secara tepat. Berikut ini ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi memory card rusak yaitu:

Membersihkan Memory Card. Ada cara yang bisa Anda lakukan untuk pertama kali yaitu membersihkan memory card. Silahkan copot memory card dari smartphone Ambil penghapus karet dan lakukan perlahan pada bagian tembaga berwarna kuning keemasan.

Format Melalui Smartphone. Sedangkan untuk acara selanjutnya yaitu melalui format semua isi memory card. Backup data yang mungkin penting. Caranya cukup dengan membuka setting > menu storage> menu eraser SD card. Dengan cara ini memory card terformat dan kerusakan dapat teratasi.

D-Back Hard Drive. Cara ini membantu memory card bermasalah dapat teratasi secara aman dan cepat. Anda bisa gunakan bantuan aplikasi D-Back Hard Drive.

Untuk memulihkan data memory card Anda cukup sambungkan smartphone ke PC. Silahkan pilih disk yang ingin Anda pulihkan. Klik scan untuk memindah data > preview data yang rusak dan memilih seluruh data yang berhasil Anda pindai lalu klik recover.

Saat mengalami SD Card bermasalah cobalah segera mencari solusinya. Anda bisa mencoba cara memperbaiki memory card tidak bisa terbaca dengan beberapa metode seperti yang sudah dijelaskan tadi. (R10/HR-Online)