Senin, Februari 6, 2023
BerandaBerita TerbaruCara Mencegah Rambut Lepek Akibat Pakai Helm

Cara Mencegah Rambut Lepek Akibat Pakai Helm

Bagaimana cara mencegah rambut lepek akibat pakai helm? Pertanyaan tersebut pasti pernah terlintas saat bepergian dengan sepeda motor. Karena setiap kali membuka helm, rambut menjadi lepek, bau, dan berantakan.

Namun, kita bisa mencegah itu terjadi meski pakai helm. Terutama jika harus menghadiri rapat atau acara penting. Kondisi rambut perlu mendapat perhatian khusus untuk meningkatkan percaya diri dan kesan pertama yang baik.

Baca Juga: Shampo untuk Rambut Rontok, Menguatkan Hingga ke Akar

Langkah-langkah di bawah ini bisa kamu terapkan untuk menjaga kondisi rambut tetap prima. Mulai dari menjaga kebersihan hingga membawa produk styling, rambut wangi seharian. Berikut ini cara mencegah rambut lepek akibat pakai helm.

Begini Cara Mencegah Rambut Lepek Akibat Pakai Helm

Masalah rambut lepek memang terasa mengganggu, apalagi jika sampai tercium aroma tak sedap. Beberapa kiat di bawah ini membantu kamu menjaga kondisi rambutmu meski harus bepergian dengan sepeda motor.

Jaga Kebersihan Helm Sendiri

Cara mencegah rambut lepek akibat pakai helm yang pertama adalah menjaga kebersihan helm sendiri. Apabila kamu memakai helm yang sama setiap hari, besar kemungkinan ada keringat bercampur bakteri. Lama-kelamaan, helm ini bisa menyebabkan rambut kamu lepek dan bau.

Pastikan kamu menjaga kebersihan helm dengan cara mencucinya sebulan sekali. Jika terlalu sulit mencuci sendiri di rumah, kamu bisa pakai jasa laundry. Helm yang bersih dan terawat akan menghindarkan kamu dari kuman.

Jika helm selalu rutin dibersihkan, kamu pun akan terbebas dari masalah rambut lepek. Menggunakan helm yang bersih juga bisa mencegah timbulnya ketombe penyebab gatal-gatal di kulit kepala.

Baca Juga: Perbedaan Creambath dan Masker Rambut dari Proses dan Tujuannya

Gunakan Pelindung Kepala

Bagaimana jika terpaksa menggunakan helm dari driver ojek online? Hal ini memang sering menjadi kekhawatiran, mengingat driver telah membawa berbagai jenis penumpang.

Kamu bisa menggunakan penutup kepala seperti hair cap atau bandana terlebih dulu sebelum pakai helm. Cara mencegah rambut lepek saat pakai helm ini lumayan membantu. Minimal rambut tidak langsung menyentuh bagian helm.

Pertimbangkan untuk selalu membawa helm milik sendiri saat hendak naik ojek online. Trik ini pun bisa membantu kamu menjaga kondisi rambut. Apalagi jika kamu rutin membersihkan helm.

Rutin Merawat Rambut

Keramas dengan sampo yang tepat juga merupakan bagian dari cara mencegah rambut lepek akibat pakai helm. Keramas secara rutin dapat menjaga rambut dan kulit kepala tetap bersih. Pastikan kamu menggunakan sampo yang sesuai dengan kondisi rambut.

Setelah selesai keramas, gunakan conditioner untuk melembutkan rambut. Conditioner yang tepat bisa mencegah rambut lepek, lho! Keuntungan lainnya, rambut jadi lebih lembut dan berkilau.

Pastikan Rambut Kering Sebelum Pakai Helm

Salah satu penyebab rambut lepek dan bau adalah memakai helm saat rambut masih basah. Sebelum menggunakan helm, pastikan kondisi rambut sudah benar-benar kering. Gunakan hair dryer untuk mengeringkan rambut lebih cepat.

Baca Juga: Makanan untuk Rambut Rontok yang Bisa Mengatasi dan Mencegah, Cek!

Bagi sebagian orang, memakai helm saat rambut masih basah bisa memicu kerontokan. Alasannya karena rambut yang basah bisa jadi lebih rapuh. Saat bergesekan dengan helm, rambut pun rentan patah dan berjatuhan.

Memakai helm saat rambut basah tidak hanya menyebabkan rambut lepek dan rontok. Kebiasaan ini juga membuat helm cepat bau. Oleh karena itu, hindari memakai helm saat rambut masih basah!

Bawa Sisir dan Produk Styling

Cara mencegah rambut lepek akibat pakai helm selanjutnya adalah membawa sisir dan produk styling. Setelah turun dari motor, segera cari toilet dan rapikan rambut dengan sisir. Untuk pria bisa membawa produk styling yang berbentuk gel atau clay.

Sedangkan wanita bisa menyemprotkan hair mist. Saat ini ada berbagai merk hair mist yang tersedia di pasaran. Semprotkan dari bagian atas rambut hingga ke ujung, lalu rapikan dengan sisir.

Hair mist bisa membuat rambut wangi dan bebas lepek seketika. Beberapa merk hair mist juga memberikan proteksi dari sinar matahari, sehingga rambutmu tetap dalam kondisi terbaik. Cara mencegah rambut lepek akibat pakai helm ini juga bisa diterapkan oleh pengguna hijab.

Mengatasi masalah rambut lepek memang gampang-gampang susah. Namun, kondisi rambut yang terjaga akan membuatmu lebih percaya diri. (R7/HR-Online/Editor-Ndu)