Rabu, Februari 1, 2023
BerandaBerita TerbaruCara Mengatasi Ponsel Terendam Banjir dengan Langkah Sederhana

Cara Mengatasi Ponsel Terendam Banjir dengan Langkah Sederhana

Cara mengatasi ponsel terendam banjir cukup sederhana. Saat ponsel terendam banjir segera gunakan cara untuk mengatasinya agar bisa dipakai kembali. Maka dari itu, gunakan tutorial HP di bawah ini sebagai solusinya.

Saat banjir tiba-tiba datang dan melanda beberapa daerah di Indonesia tentu barang-barang akan terkena dampaknya. Tidak sedikit harta benda hilang bahkan terkena banjir.

Lantas bagaimana jika ponsel Anda yang terkena banjir? Simak tips tepat mengatasinya berikut ini.

Baca Juga: Penyebab HP Cepat Panas dan Solusi Mengatasinya, yuk Simak!

Ketahui Cara Mengatasi Ponsel Terendam Banjir

Seperti yang sudah sering dialami oleh sebagian besar penduduk Indonesia saat musim hujan ada beberapa daerah yang terkena dampak banjir.

Apalagi jika hujan yang datangnya tidak menentu terkadang membuat sebagian besar orang panik ketika datang tiba-tiba. Akibatnya banyak barang yang terendam termasuk ponsel.

Padahal ponsel adalah salah satu alat komunikasi yang cukup penting keberadaannya. Jika sampai ponsel terendam banjir, pasti Anda akan merasa panik. Untuk itu, perlu diketahui bagaimana cara untuk mengatasi ponsel terendam banjir.

Padahal ponsel adalah alat elektronik yang tidak boleh terkena air. Sebab, air yang masuk ke dalam ponsel akan mengakibatkan komponen di dalamnya rusak.

Apalagi banjir membawa kotoran dan lumpur yang akan semakin memperburuk kondisi ponsel. Saat banjir melanda dan tidak sengaja ponsel terendam ada baiknya jangan panik.

Kami akan memberikan beberapa solusi tepat untuk mengatasinya. Segera atasi ponsel sebelum kondisinya benar-benar rusak. Adapun langkah-langkah awal yang bisa Anda gunakan untuk mengatasinya yaitu:

Matikan Ponsel dan Lepas Beberapa Komponennya

Sebagai langkah pertama yang bisa Anda lakukan sebagai cara mengatasi ponsel terendam banjir yaitu dengan memastikan perangkat dalam kondisi mati.

Setelah itu, baru Anda bisa mencoba melepas beberapa komponennya. Jika sampai ponsel menyala beberapa detik saja akan menjadi penentu hidup dan matinya perangkat.

Mematikan ponsel juga membantu menghindari terjadinya korsleting. Anda bisa melepas case, baterai jika memang bukan tanam, SIM Card, Micro SD, dan aksesoris lainnya yang menempel.

Pastikan melepas komponen dan tunggu hingga benar-benar kering.Melepas SD card akan membantu menyimpan data yang ada tidak hilang. Kartu SIM yang dilepas untuk menghindari terjadinya kerusakan.

Sebab ada juga pemilik ponsel yang terendam banjir, namun tetap membiarkan SIM Card tetap terpasang. Karena inilah yang mengakibatkan kartu SIM error atau rusak.

Baca Juga: Cara Mengisi Daya Smartphone Baterai Tanam Agar Lebih Awet

Coba Keringkan dengan Kertas atau Kain

Sedangkan untuk langkah selanjutnya yaitu mengeringkan perangkat dengan kain atau kertas. Sebaiknya lap secara perlahan, agar air tidak terdorong masuk ke ponsel.

Anda bisa mencoba menyedot air yang ada dalam ponsel dengan sedot debu melalui celah yang ada. Pastikan kain yang Anda gunakan berbahan lembut dan mudah menyerap air.

Jika tidak ada, cara khusus yang bisa Anda lakukan yaitu menaruh ponsel di dalam beras. Beras mampu menyerap air pada ponsel hingga benar-benar kering.

Tidak ada salahnya Anda mencoba cara sederhana mengatasi ponsel terendam banjir yang kami berikan tersebut.

Untuk membuat ponsel kering sebaiknya untuk menghindari penggunaan hair dryer atau meniupnya. Tiupan dan hair dryer justru akan menambah ponsel semakin rusak. Untuk itu, hindari keduanya agar ponsel yang terendam banjir tidak rusak parah.

Coba Nyalakan Kembali

Setelah ponsel terendam banjir dan Anda mengatasinya secara tepat barulah Anda bisa menjalankannya. Jika ponsel benar-benar kering, Anda bisa pasang kembali komponen yang sebelumnya Anda lepas.

Setelah itu, Anda bisa mencoba menyalakan ponsel kembali. Untuk kurun waktunya Anda bisa tunggu 2-3 hari setelah ponsel terendam banjir. Jika ponsel kembali menyala maka masih dapat Anda gunakan dan berfungsi.

Namun jika tidak mau menyala tentu dipastikan jika ponsel mati dan tidak dapat Anda gunakan kembali. Untuk memastikan kondisinya Anda bisa mencoba membawa ke tukang service.

Baca Juga: Tips Cegah HP Tidak Terkena Air Saat Hujan, Bisa Lebih Awet!

Sebaiknya gunakan beberapa cara yang kami berikan ketika ponsel terendam banjir. Cara ini dapat membantu atau menjadi langkah awal agar ponsel tidak semakin rusak.

Namun ada baiknya jangan panik untuk melakukan penanganan sejak awal. Jika memang tidak berhasil teratasi segera bawa ke tukang service ponsel terbaik.

Dengan cara mengatasi ponsel terendam banjir sejak awal akan mengurangi risiko perangkat mati total. Ada baiknya lebih berhati-hati ketika musim hujan apalagi jika daerah Anda rawan terkena banjir. (R10/HR-Online)