Rabu, Februari 1, 2023
BerandaBerita TerbaruCara Menghemat Baterai HP agar Awet dan Berfungsi Optimal

Cara Menghemat Baterai HP agar Awet dan Berfungsi Optimal

Cara menghemat baterai HP bisa dilakukan sesuai dengan penyebabnya. Tak perlu bingung memikirkannya karena cara untuk menghemat baterai di HP cukup mudah. Buktikan sendiri kemudahannya dengan mempraktikkan beberapa tips baterai HP di bawah ini.

Baca Juga: Cara Merawat Baterai HP Non-Removable agar Awet

Ragam Cara Menghemat Baterai HP

Perlu untuk Anda ketahui bahwa penyebab baterai HP cepat habis sebenarnya ada beragam. Adapun salah satunya yaitu usia baterai yang tua.

Jika sudah demikian, maka mau tak mau Anda harus menggantinya dengan baterai baru.

Sementara untuk penyebab selanjutnya yaitu ada aplikasi yang berjalan di background ponsel.

Apabila hal ini yang menjadi penyebabnya, tentu perlu menghentikan aplikasi tersebut. Jika baterai masih boros, maka bisa ikuti tips selanjutnya.

Menyalakan Wi-Fi dan Menonaktifkan SIM Card

Salah satu cara yang bisa Anda lakukan untuk menghemat baterai HP yakni mengaktifkan Wi-Fi. Imbangi pula dengan mematikan SIM card. Dengan cara ini, maka HP Anda tak akan mudah lowbat.

Hanya saja, pastikan Anda berada di lokasi yang memang menyediakan akses Wi-Fi. Jika tidak, maka ponsel akan terus berupaya untuk mencari koneksi Wi-Fi.

Kinerjanya tidak akan berhenti sampai menemukan Wi-Fi sehingga tetap boros baterai.

Menonaktifkan Fitur GPS

Anda juga bisa menonaktifkan fitur GPS agar baterai ponsel lebih hemat. Fitur GPS itu sendiri merupakan layanan yang tersedia di ponsel dengan fungsi untuk melacak lokasi.

Apabila fitur ini selalu aktif, maka bisa memakan daya ponsel. Oleh karena itu, lebih baik gunakan fitur GPS apabila memang dibutuhkan saja.

Mematikan Sinyal Radio

Apabila Anda jarang mendengarkan radio melalui ponsel, lebih baik untuk mematikan sinyal radio. Terkait sinyal radio ini bisa Anda dapatkan dari fitur NFC, Wi-Fi, GPS, Bluetooth, dan lain sebagainya.

Apabila Anda tidak menggunakannya dan tak mau repot sering mengisi daya ponsel, lebih baik untuk mematikan fitur tersebut. Cermati cara menghemat baterai HP yang satu ini.

Baca Juga: Cara Menambah Kapasitas Baterai HP Android dengan Metode Kalibrasi

Perhatikan Suhu HP

Baterai ponsel bisa lebih awet apabila Anda memperhatikan suhunya. Pada umumnya, suhu ideal untuk smartphone dengan baterai lithium ion ialah 0⁰ Celcius hingga 45⁰ Celcius.

Kurang dari suhu 0⁰ Celcius, maka pergerakan logam lithium maupun ion lithium yang ada di elektroda dan elektrolit bisa terbatas.

Begitupun saat suhunya di atas 45⁰ Celcius. Kemampuan dalam menyimpan daya menjadi menurun sehingga ponsel lebih boros baterai.

Oleh karena itu, Anda disarankan untuk tidak mengoperasikan ponsel langsung di bawah terik matahari. Jangan sampai smartphone Anda menjadi overheat karena bisa berpengaruh terhadap performanya.

Penting untuk Anda ketahui bahwa ponsel yang overheat atau terlalu panas bukan hanya membuatnya boros daya, melainkan juga menjadikan performanya terasa lemot.

Anda pasti merasa kesulitan dalam mengoperasikan ponsel. Jika sudah begini, maka HP tak bisa bertahan lama saat digunakan.

Manfaatkan Power Saving

HP boros daya bisa karena ada banyak aplikasi yang terbuka secara bersamaan. Solusi terbaik dalam cara menghemat baterai HP, Anda bisa memanfaatkan Power Saving.

Power Saving ini akan membuat kecerahan layar menurun sehingga tak memakan daya ponsel terlalu banyak.

Hindari Memasang Wallpaper yang Bergerak

Wallpaper HP yang bergerak memang membuat tampilannya lebih menarik dan lucu. Namun di balik itu semua, nyatanya mampu membuat baterai ponsel jadi lebih boros.

Maka dari itu, lebih baik untuk tak memasang wallpaper dengan tipe tersebut agar baterai ponsel tidak terkuras habis.

Perbarui Sistem Operasi

Memperbarui sistem operasi yang berjalan di ponsel bisa meningkatkan segi penggunaan resource, tak terkecuali baterai.

Sebelum melakukan cara menghemat baterai HP ini, lebih baik untuk cek dulu apakah sistem operasi yang terpasang di ponsel sudah versi terbaru atau belum. Apabila belum, maka bisa perbarui sekarang juga.

Baca Juga: Penyebab Baterai HP Boros, Bisa Jadi Ini Kemungkinannya

Menonaktifkan Push Notification

Anda bisa mematikan push notification karena membutuhkan jaringan internet stabil untuk mengirimkan pesan dari server ke ponsel.

Hal inilah yang membuat baterai ponsel mudah habis. Saat mematikannya, Anda tak perlu khawatir tertinggal informasi sebab tetap bisa mengeceknya secara berkala.

Ada banyak cara menghemat baterai HP yang bisa Anda terapkan. Jangan sampai Anda keluar biaya tambahan karena baterai mengalami kerusakan dan tak berfungsi secara optimal. Hal ini hanya akan membuat Anda boros pengeluaran. (R10/HR-Online)