Selasa, November 29, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Menghemat Kuota Internet di HP Android, Bebas Boros!

Cara Menghemat Kuota Internet di HP Android, Bebas Boros!

Cara menghemat kuota internet di HP Android penting Anda tahu. Pengguna HP Android wajib tahu bagaimana cara menghemat kuota internet ini agar pemakaian data di smartphone tidak boros. Tutorial HP ini cukup efektif Anda lakukan untuk mengurangi pengeluaran.

Mengurangi penggunaan data pada smartphone berbasis Android memang bisa membantu Anda dalam menghemat pengeluaran bulanan. Terutama untuk kebutuhan pembelian kuota data internet.

Penggunaan smartphone Android memang membuat kita harus mengeluarkan banyak kuota internet. Sebab, berbagai macam aktivitas smartphone tidak akan bisa berjalan tanpa adanya jaringan internet.

Belum lagi fitur-fiturnya yang mengharuskan penggunaan data. Hal tersebut akan menjadikan pemakaian kuota internet jadi semakin boros.

Baca Juga: Cara Keluar dari BBM Android dan BlackBerry, Hemat Paket Data

Simak Cara Menghemat Kuota Internet di HP Android!

Penggunaan aplikasi juga menjadi salah satu faktor yang menyebabkan data internet menjadi sangat boros.

Terlebih Anda sering menggunakan media sosial seperti YouTube, Instagram, Facebook, dan lain sebagainya. Mau tidak mau, pemakaian data internet per bulannya akan sangat banyak.

Maka dari itu, penting sekali Anda menerapkan cara menghemat kuota internet di HP Android seperti berikut ini:

Update Aplikasi Hanya Lewat Wi-Fi

Memperbarui aplikasi adalah salah satu cara yang tepat untuk menjadikan perangkat Anda semakin optimal.

Nah, proses pembaharuan ini nantinya akan mempunyai ukuran yang cukup besar. Jadi bisa menguras kuota internet milik Anda.

Maka dari itu, sebaiknya Anda menggunakan opsi pembaruan dengan Wi-Fi. Dengan begitu, konsumsi data menjadi tidak berlebihan.

Matikan Data Ketika Smartphone Tidak Terpakai

Ketika smartphone sedang tidak Anda gunakan, sebaiknya matikan saja jaringan internet yang sedang aktif. Sebab, konsumsi data tetap akan berjalan pada beberapa aplikasi yang masih aktif pada background.

Maka dari itu, supaya kuota internet smartphone Anda tidak tersedot karena aplikasi tersebut, pastikan Anda mematikan data terlebih dulu.

Mematikan data saat smartphone tidak Anda gunakan tak hanya bisa menghemat kuota internet saja. Akan tetapi, Anda juga bisa menghemat konsumsi baterai smartphone Anda.

Baca Juga: Cara Opera Mini Gratis di Android, Bagaimana Mendapatkannya?

Batasi Penggunaan Instagram

Cara menghemat kuota internet di HP Android selanjutnya yaitu dengan membatasi penggunaan Instagram. Seperti yang kita tahu, Instagram adalah salah satu aplikasi paling populer dan banyak yang menggunakan saat ini.

Maka dari itu, tak heran jika setiap pengguna smartphone Android memasang aplikasi ini di smartphone mereka. Namun harus Anda tahu jika aplikasi ini mempunyai konsumsi data yang cukup tinggi.

Sehingga tak terasa kuota internet Anda menjadi cepat habis. Untuk menghemat konsumsi data internet, tidak ada salahnya jika Anda membatasi penggunaan aplikasi Instagram ini.

Matikan Aplikasi Background

Besarnya konsumsi kuota internet karena aplikasi yang Anda gunakan mungkin sudah tidak jadi masalah. Akan tetapi, sangat disayangkan jika ternyata aplikasi yang tidak Anda pakai justru menyedot data internet Anda dengan cepat.  Maka dari itu, hal seperti ini harus segera Anda atasi.

Ada beberapa aplikasi yang pada umumnya akan berjalan diluar pemakaian sehingga menyedot kuota, misalnya aplikasi sosial media.

Solusinya, Anda harus mematikan aplikasi background. Caranya mudah, Anda tinggal membuka menu Settings. Setelah itu pilihkah Wireless and Networks, lanjut pilih Data Usage.

Sampai sini, Anda bisa  memperhatikan aplikasi apa saja yang tidak Anda gunakan namun justru banyak memakan kuota data internet. Jadi, Anda harus mematikan aplikasi background tersebut agar tidak lagi memakan kuota internet.

Baca Juga: Cara Menjadikan Android Sebagai Bootable USB Hingga Linux

Gunakan Opera Mini

Penggunaan smartphone yang memakan kuota cukup banyak yaitu browsing-browsing mencari informasi di internet.

Jika mau tidak mau Anda harus melakukan aktivitas tersebut, maka Anda bia mencoba menggunakan browser yang mempunyai sistem kompresi data. Dengan begitu, Anda bisa lebih hemat kuota.

Nah, salah satu browser yang mempunyai penggunaan data yang hemat yaitu Opera Mini. Browser ini nantinya akan melakukan kompresi data serta gambar. Dengan begitu, ukurannya bisa jadi lebih kecil.

Tak hanya hemat, proses loading dengan browser dari Opera Mini pun juga terbukti lebih cepat. Jadi Anda bisa menggunakannya dengan nyaman tanpa menguras banyak data internet.

Dengan menerapkan berbagai macam cara menghemat kuota internet di HP Android ini, pengeluaran Anda untuk pembelian kuota bulanan bisa lebih hemat. (R10/HR-Online)