Kamis, Februari 2, 2023
BerandaBerita TerbaruCara Menghilangkan Spyware Android dengan Mudah dan Cepat, Ampuh!

Cara Menghilangkan Spyware Android dengan Mudah dan Cepat, Ampuh!

Cara menghilangkan spyware Android perlu dipahami. Memang cara untuk menghilangkan spyware di HP Android tidak mudah. Akan tetapi Anda perlu memahaminya tutorial HP ini demi keamanan data privasi.

Sebab, malware atau spyware pengintai ini dapat menyerang data privasi Anda kapan saja. Sebetulnya, spyware ini sulit untuk dideteksi.

Hal tersebut yang menjadikan spyware ini tidak gampang dihilangkan. Namun, walaupun sulit, bukan berarti tidak dapat hilang.

Apabila ada tanda-tanda dan Anda menemukan terdapat spyware di dalam ponsel Android yang Anda pakai. Ada baiknya jika Anda lekas menghapus spyware berbahaya itu.

Baca Juga: Cara Lindungi HP Android dari Hacker Paling Ampuh, Wajib Coba!

Cara Menghilangkan Spyware Android Tanpa Aplikasi Tambahan

Spyware sendiri merupakan software jahat atau malware (malicious software) yang dipasang tanpa izin. Tujuannya adalah untuk mengumpulkan data-data Anda. 

Spyware ini adalah salah satu praktik cyber crime paling tua di internet. Ya, spyware terus mengalami evolusi mengikuti zaman yang berkembang.

Ponsel yang terserang spyware kerap kali dapat melakukan berbagai perintah tanpa sepengetahuan si pemakai. Bahkan password online bakal berubah dengan sendirinya. Tentu saja hal tersebut mempersulit Anda untuk masuk ke suatu akun, bukan?

Lebih buruknya lagi, apabila akun yang tidak dapat Anda buka itu berisi file-file penting yang sangat berharga bagi Anda.

Apabila ponsel Android Anda sudah terdeteksi ada tanda-tanda terkena spyware, hendaknya Anda segera mengatasi hal tersebut. 

Adapun beberapa cara menghilangkan spyware Android tanpa aplikasi yang dapat Anda lakukan adalah sebagai berikut.

Pembaruan Sistem OS

Memperbarui sistem operasi ke versi terbaru merupakan salah satu cara untuk menghilangkan spyware di ponsel Android yang disarankan. 

Dengan Anda melakukan cara ini, update sistem operasi secara otomatis bakal membantu memperbaiki celah keamanan yang sebelumnya mulai terdapat gangguan.

Setelan Pabrik

Mengembalikan ponsel Android ke setelan pabrik juga merupakan cara untuk mengatasi spyware tanpa aplikasi. Dengan mengatur ulang HP, maka seluruh perangkat malware bakal langsung terhapus.

Perlu Anda ingat, sebelum melakukan cara ini, pastikan Anda sudah mencadangkan seluruh data penting yang Anda miliki. Nah, sesudah backup, Anda dapat langsung masuk ke menu ‘Setting’

Langkah berikutnya, silahkan Anda pilih ‘General Management’. Lalu klik ‘Reset’. Selanjutnya tinggal Anda pilih ‘Factory Data Reset’.

Uninstal Aplikasi yang Tampak Mencurigakan

Cara menghilangkan spyware Android selanjutnya adalah dengan meng-uninstal pemasangan aplikasi yang dianggap mencurigakan. Ya, bisa jadi aplikasi itu mengandung spyware yang berbahaya untuk ponsel Anda.

Perlu lebih Anda curigai lagi jika sesudah Anda menginstal aplikasi itu, baterai HP jadi lebih cepat habis. Munculnya iklan pop-up yang tidak dikehendaki secara berulang kali juga menjadi hal yang perlu Anda waspadai.

Sebab, kejadian tersebut bisa saja merupakan indikasi ponsel Anda terinfeksi spyware.

Baca Juga: Ciri HP Android Kena Virus Lengkap dengan Cara Mengatasinya

Cara Mengatasi Spyware Android Menggunakan Aplikasi

Perlu Anda ketahui juga, terdapat sejumlah aplikasi yang rilis secara khusus untuk membersihkan ponsel Android Anda dari spyware yang menyerang. Berikuti ini rekomendasinya.

1. 360 Security

360 Security merupakan salah satu aplikasi yang dapat Anda pakai untuk menghilangkan spyware pada ponsel Android. Anda dapat memakai aplikasi ini secara gratis.

Anda hanya perlu mengunduhnya di Google Play Store. Selain menghilangkan, aplikasi 360 Security juga dapat mencegah malware agar tidak menyerang HP.

Untuk cara menghilangkan spyware Android menggunakan bantuan aplikasi 360 Security pun sangat mudah. Anda hanya perlu membuka aplikasinya sudah Anda download dan instal.

Selanjutnya, pilihlah menu ‘Antivirus’ yang terdapat di dalamnya. Langkah berikutnya, silahkan Anda klik ‘Scan’. Maka secara otomatis spyware akan dipindai.

Berikutnya, klik saja ‘Repair All’. Tidak memakan waktu lama, ponsel Android Anda sudah terbebas dari spyware serta ancaman virus yang berbahaya untuk HP.

2. Clean Master

Untuk Anda pengguna ponsel Android, tentu sudah tidak asing dengan aplikasi Clean Master ini.  Clean Master mampu membasmi seluruh ancaman virus, termasuk spyware. 

Cara menghilangkan spyware Android memakai Clean Master yakni unduh lalu instal aplikasinya lebih dulu. Berikutnya, bukalah aplikasinya lalu pilih ‘Start’.

Nantinya, akan muncul beberapa pilihan menu utama. Silahkan Anda klik menu ‘Antivirus’, sebab Anda memang hendak menghilangkan spyware.

Tunggu beberapa saat dan aplikasi Clean Master akan langsung melakukan scanning. Tidak perlu lama menunggu, ponsel Android Anda sudah terbebas dan aman dari serangan spyware.

Baca Juga: Cara Flash Android Lewat SD Card dan Recovery Mode Praktis

3. AVG Antivirus

Bukan hanya di laptop, aplikasi AVG Antivirus ini juga dapat Anda manfaatkan pada ponsel Android. Caranya pun sama seperti pada aplikasi-aplikasi sebelumnya. Download dan instal aplikasi AVG Antivirus.

Berikutnya klik ‘Scan’. Aplikasi tersebut nantinya akan menampilkan pemberitahuan. Anda tinggal klik ‘Resolve’ guna menghilangkan spywarenya.

Cara menghilangkan spyware Android memang dapat Anda lakukan baik tanpa aplikasi maupun menggunakan aplikasi tambahan. Selain itu, caranya pun sangat gampang Anda lakukan. Dengan begitu, Anda tidak perlu ragu untuk mencobanya. (R10/HR-Online)