Selasa, Desember 6, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Menyambungkan Keyboard Komputer ke HP Android Praktis

Cara Menyambungkan Keyboard Komputer ke HP Android Praktis

Cara menyambungkan keyboard komputer ke HP Android hanya bisa dipraktikkan pada tipe gadget tertentu saja. Walau demikian, menyambungkan keyboard komputer ke HP Android ini bisa dilakukan dengan cara mudah. Simak saja tutorial HP Android di bawah ini.

Baca Juga: Cara Mengatur Posisi Keyboard Android, Solusi Atasi Rasa Bosan

Ketahui Cara Menyambungkan Keyboard Komputer ke HP Android

Keyboard komputer nyatanya bisa disambungkan ke HP. Hal tersebut bisa Anda lakukan dengan beragam cara. Mulai dari pemanfaatan kabel OTG, keyboard bluetooth, keyboard wireless, dan masih banyak lagi.

Menggunakan Kabel OTG

Salah satu cara yang bisa Anda tempuh untuk menyambungkan keyboard komputer ke ponsel yaitu memanfaatkan kabel OTG.

Namun perlu untuk Anda ketahui bahwa cara ini hanya bisa diterapkan pada ponsel yang memiliki dukungan OTG. Adapun salah satu contohnya yaitu Samsung J2 Prime.

Saat ingin mempraktikkan cara ini, Anda tentu harus menyiapkan alat dan bahannya. Sebut saja HP Android dengan dukungan OTG, keyboard komputer, dan kabel OTG. Untuk keyboard komputer, Anda bisa gunakan merek K-One ataupun Logitech.

Sementara untuk kabel OTG, Anda bisa membelinya dengan kisaran harga pasaran Rp 15 ribu. Namun apabila Anda sudah memiliki kabel OTG, sebaiknya memanfaatkan alat yang sudah tersedia saja. Selain hemat budget, hal tersebut juga bisa menghemat waktu dan tenaga.

Setelah semua alat dan bahan siap, tinggal sambungkan ke HP Android. Pada dasarnya, cara menyambungkan keyboard komputer ke HP Android ini terbilang sederhana. Dengan begitu, pemula pun tak perlu ragu mencobanya.

Baca Juga: Cara Menambahkan Tombol Tab di Android untuk Anda Pahami

Cara Menyambungkan Keyboard Bluetooth ke HP

Selain memanfaatkan kabel OTG untuk menyambungkan keyboard komputer ke HP, Anda juga bisa gunakan keyboard bluetooth.

Caranya pun tak kalah mudah. Namun sebelum mencoba caranya, persiapkan dulu keyboard bluetooth yang dibutuhkan.

Untuk memilikinya, Anda hanya perlu merogoh kocek sedalam Rp 70 ribu saja. Dengan harga yang cukup bersahabat, Anda sudah bisa miliki keyboard bluetooth di ponsel. Setelah keyboard bluetooth siap, bisa langsung ikuti langkah di bawah ini.

  1. Masuklah ke mode pairing dengan tekan sekaligus tahan F1 di keyboard hingga lampunya berkedip. Cara ini berlaku untuk keyboard bluetooth merek Logitech.
  2. Tekan F2 sekitar 3 detik untuk menyambungkan perangkat kedua.
  3. Kemudian tekan sekaligus tahan F3 saat ingin menghubungkan perangkat ketiga.
  4. Klik menu Pengaturan yang ada di HP Android.
  5. Pilih Bluetooth dan aktifkan.
  6. Klik Scan For Device. Dari menu ini Anda bisa melihat daftar nama keyboard bluetooth.
  7. Anda pilih saja nama keyboard bluetooth yang sesuai.
  8. Isilah PIN yang terlihat pada HP Android di perangkat keyboard yang Anda gunakan ketika ada peringatan Bluetooth Pairing Request.
  9. Klik Enter.

Perlu untuk Anda ketahui bahwa cara menyambungkan keyboard komputer ke HP Android yang satu ini terbilang praktis dan menguntungkan.

Hal ini karena penggunaan keyboard bluetooth tak membutuhkan kabel. Bagi Anda yang tak ingin ribet, maka bisa coba cara menghubungkan keyboard wireless ke Android ini.

Baca Juga: Cara Memperbesar Keyboard Android Paling Mudah dengan Langkah Ini!

Aplikasi Keyboard HP Android Terbaik

Sebagaimana yang kita tahu bahwa keyboard berperan penting sebagai media pengetikan, misalnya untuk chatting.

Hanya saja, adanya gangguan membuat keyboard jadi tak berfungsi optimal. Seperti karena error system, benturan, touchscreen not responding, dan lain sebagainya.

Apabila Anda mengalami masalah tersebut, jelas harus segera mengatasinya sehingga tetap bisa mengoperasikan ponsel dengan baik.

Selain dengan mencoba beberapa cara di atas, Anda juga bisa manfaatkan aplikasi. Salah satunya yaitu Fleksy.

Di dalam aplikasi keyboard yang satu ini, Anda bisa temukan beragam fitur menarik. Sebut saja smart gestures, kustomisasi aplikasi, dan adaptive size. Tak hanya itu, Fleksy juga mendukung lebih dari 65 bahasa.

Dengan banyaknya fitur yang tersemat pada Fleksy, tentu menarik untuk memilikinya bukan? Untuk menggunakannya, Anda hanya perlu download di Google Play Store. Setelah itu, Fleksy bisa Anda instal di HP Android.

Tak perlu ragu melakukannya sebab aplikasi ini berukuran ringan hanya 37 MB. Aplikasi ini pastinya tak akan menghabiskan ruang penyimpanan ponsel. Oleh sebab itu, jangan sampai lewatkan aplikasi ini.

Nyatanya cara menyambungkan keyboard komputer ke HP Android cukup simple. Anda bisa praktikkan demi kemudahan pengoperasian perangkat. Anda juga bisa rasakan keuntungannya sendiri. (R10/HR-Online)