Selasa, Desember 6, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Menyetel Karburator Motor, Simak Beberapa Urutannya Ini!

Cara Menyetel Karburator Motor, Simak Beberapa Urutannya Ini!

Cara menyetel karburator motor secara mudah harus Anda ketahui. Nah, dengan cara yang benar, maka menyetel karburator motor terasa mudah. Oleh karena itu bagi Anda pengguna motor produksi di bawah tahun 2010, maka harus tahu tutorial kendaraan ini.

Hal ini karena pada beberapa jenis motor keluaran tahun 2010 memang masih ada banyak yang menerapkan sistem karburator ini. Sedangkan karburator sendiri merupakan alat sebagai pengabut alias mencampurkan bensin dalam udara menuju ke mesin.

Baca Juga: Cara Setting Angin Karburator yang Benar dan Irit BBM

Cara Menyetel Karburator Motor yang Praktis dan Mudah

Sebenarnya ada dua jenis sistem bahan bakar yang sering kita jumpai pada motor, yakni full injection dan karburator. Namun rata-rata motor zaman sekarang telah mengadopsi teknologi berupa full injection yang terbukti membuatnya lebih irit dan bertenaga.

Sayangnya motor injeksi seperti ini memang sedikit susah dari segi perawatannya, sebab memerlukan komputer untuk melakukan penyetelannya. Mengingat begitu susah penyetelan motor injeksi, maka banyak orang yang justru lebih memilih motor dengan sistem karburator saja.

Terlebih lagi dengan menyetel karburator yang benar dan sesuai, maka bisa membuat motor semakin bertenaga dan irit layaknya motor injeksi. Meski demikian, cara menyetel juga tidak boleh dilakukan secara sembarangan begitu saja.

Sementara itu, melakukan penyetelan karburator seperti ini hanya berlaku untuk jenis karburator konvensional. Jika Anda seorang pemula, maka wajib tahu dan memahami bagaimana cara untuk menyetel yang tepat dan benar.

Baca Juga: Cara Membersihkan Karburator Motor Sendiri untuk Pemula

Menyiapkan Obeng Lalu Hidupkan Mesin

Cara menyetel karburator motor untuk langkah awal, maka Anda harus menyiapkan obeng min (-) terlebih dahulu. Nah, alat obeng seperti ini adalah untuk memudahkan Anda dalam memutar sekrup pada karburator motor.

Setidaknya ada dua sekrup yang nantinya akan digunakan untuk menyetel karburator tersebut dan fungsinya berbeda. Untuk skrup yang pertama berfungsi menyetel udara, sedangkan sekrup kedua adalah untuk menyetel gas.

Jika sudah ada obeng min, kemudian untuk menyetel karburator berikutnya adalah dengan cara menghidupkan mesin. Hal ini begitu penting supaya Anda bisa mendapatkan settingan yang sesuai dan tepat.

Mengingat bahwa karburator sebenarnya hanya bisa bekerja apabila kita menghidupkan mesin motor terlebih dahulu. Namun jangan sampai lupa untuk menarik tuas gas supaya tahu apakah mesin tersebut brebet atau tidak.

Memutar Sekrup Penyetel Gas Lalu Tutup Sekrup Penyetel Udara

Cara menyetel karburator motor berikutnya adalah dengan memutar sekrup penyetel gas searah dengan jarum jam (kanan) dengan obeng. Proses ini harus Anda lakukan supaya sekrup yang diputar bisa langsung masuk ke dalam karburator dan menekan katup gas.

Sehingga hal ini akan membuat katup gas menjadi semakin terbuka dan menjadikan mesin RPM bisa semakin tinggi lagi. Nah, penyetel gas ini akan bekerja dengan mendorong venturi yang permukaannya miring.

Bila sudah, kemudian jangan lupa untuk mengatur sekrup pada penyetel udara yang berguna untuk menutup saluran idle. Langkah ini bisa Anda lakukan dengan memutar sekrup penyetel udara searah jarum jam ketika RPM sedang naik atas 1.500 rpm.

Tujuannya adalah supaya bisa menutup saluran udara yang menuju ke mesin. Hal seperti ini akan berakibat udara yang masuk ke mesin menjadi berkurang. Sehingga membuat RPM mesin menjadi berkurang.

Baca Juga: Jenis Karburator Motor Berdasar Bentuk Venturi dan Katup Gas

Membuka Sekrup Angin dan Menurunkan Setelan Gas

Cara menyetel karburator motor, terutama ketika menutup sekrup angin sebaiknya jangan sampai mesinnya mati. Karena bila sebelum saluran udara tertutup namun mesin mati, maka Anda wajib untuk menghentikan putaran sekrup angin.

Jika sudah, lalu tinggal putar sekrup penyetel udara ke arah kiri bila RPM rendah sudah bisa mesin capai. Nah, menyetel karburator seperti ini harus Anda lakukan secara benar supaya dapat menghasilkan settingan yang optimal.

Kemudian jangan lupa pula untuk menurunkan gas agar menghasilkan idle RPM yang ideal. Caranya yaitu dengan memutar sekrup gas ke arah kiri hingga mencapai idle RPM yang Anda inginkan.

Apabila seluruhnya sudah Anda lakukan, sekarang gilirannya untuk mencoba settingan tersebut. Tapi sebelum mencoba, matikan dulu mesinnya kemudian hidupkan kembali dengan cara menekan tombol starter elektrik atau kick starter.

Jika penyetelan tadi sudah benar, maka motor pasti akan langsung menyala dengan satu saki starter saja. Akan tetapi bila sulit menyala, maka cara menyetel karburator motor harus Anda lakukan ulang seperti tips-tips tadi. (R10/HR-Online)