Selasa, Desember 6, 2022
BerandaBerita TerbaruCara Merawat Ban Serep Mobil Agar Tetap Prima

Cara Merawat Ban Serep Mobil Agar Tetap Prima

Cara merawat ban serep mobil bisa membuat ketahanannya jadi lebih baik. Dengan mempraktikkan cara merawat yang tepat, maka ban serep mobil bisa siap pakai kapan saja membutuhkannya. Untuk mengetahui tips perawatan mobil ini secara lebih lengkap, bisa cek ulasan berikut.

Baca Juga: Penyebab Ban Mobil Pecah dan Trik Jitu Mengatasinya

Panduan Cara Merawat Ban Serep Mobil

Pada dasarnya, cara merawat ban cadangan sangat beragam. Tak perlu bingung karena caranya terbilang mudah. Lantas bagaimana caranya?

Pakai Pelindung Ban

Salah satu caranya ialah dengan menggunakan pelindung ban atau cover. Dengan menggunakan cover, maka ban serep bisa terjaga kebersihannya. Hal ini sama saja juga berupaya menjaga kualitasnya.

Tak hanya melindungi ban dari beragam kotoran, debu, ataupun lainnya, akan tetapi juga menjaga ban dari terpaan sinar matahari dan guyuran hujan. Perlu untuk Anda ketahui, kualitas ban memang bisa menurun apabila terganggu dengan beragam masalah tersebut.

Cek Usia Ban

Selain menggunakan pelindung, Anda juga bisa coba cara merawat ban serep dengan mengecek usia ban mobil.

Hal ini karena usia pakai ban sangat berpengaruh terhadap kualitasnya. Pada dasarnya, ban memiliki usia pakai sampai 4 tahun.

Usia ban ini berlaku dalam kondisi normal dengan hitungan sejak awal masa produksinya. Apabila sudah melewati batas usia maksimal, maka perlu segera menggantinya dengan ban baru.

Meski belum pernah terpakai sekalipun, jika sudah tak layak pakai, jangan memaksakannya.

Apabila Anda tak segera menggantinya, maka bisa menimbulkan banyak risiko. Mulai dari kerusakan komponen hingga menyebabkan kecelakaan. Anda tentu tak ingin mengalaminya bukan?

Rotasi Ban Secara Rutin

Cara merawat ban serep selanjutnya yaitu dengan melakukan rotasi ban mobil secara rutin. Bukan tanpa alasan karena ban yang jarang terpakai bisa menurunkan tingkat elastisitas ban serep. Akibatnya, karet ban jadi terasa lebih keras.

Jika kondisinya sudah demikian, maka perputaran ban akan terasa kurang optimal. Oleh karena itu, perlu melakukan rotasi ban.

Apa itu rotasi ban? Rotasi ban ini dilakukan dengan mengganti keempat ban secara berkala.

Baca Juga: Fungsi Rotasi Ban Mobil, Agar Keempat Roda Aus Secara Merata

Menjaga Kecepatan Mobil

Ban serep juga bisa Anda rawat dengan menjaga kecepatan laju mobil. Pasalnya, kecepatan mobil memberikan pengaruh besar terhadap performa dan ketahanan ban. Maka dari itu, pastikan kendaraan bisa melaju dengan kecepatan sesuai dan stabil.

Jangan melebihi batas kecepatan yang disarankan. Hal ini membuat ban bekerja terlalu ekstra saat berputar sekaligus bersentuhan dengan jalanan. Lambat laun performa mobil juga menurun.

Membersihkan Ban

Walau terdengar sederhana, namun cara merawat ban serep mobil ini sangatlah penting. Anda harus membersihkan ban secara teratur. Pasalnya, ban yang kotor atau berdebu akan membuatnya seret ketika digunakan.

Terlebih lagi jika ban serep tak Anda lindungi dengan cover. Mengenai bagaimana cara membersihkannya, Anda bisa manfaatkan pelembab khusus. Selain menjaga kebersihan ban, cara ini juga bisa menjaga kualitasnya.

Posisi Pemasangan

Merawat ban serep juga dapat Anda lakukan dengan cara memperhatikan posisi pemasangannya.

Dalam memasang, Anda memang tak boleh melakukannya secara sembarangan. Anda harus cermati kualitas sekaligus kondisi ban terlebih dahulu.

Apabila kondisinya sudah mulai menipis, maka bisa pasang di bagian belakang ketika ingin menggunakannya.

Adapun tujuannya ialah supaya menghindari oversteering. Apabila diletakkan di depan, ban berisiko pecah ataupun bocor saat di jalanan.

Baca Juga: Tanda Ban Mobil Kurang Angin Membantu Mengurangi Risiko Kecelakaan

Periksa Tekanan Angin

Anda harus memeriksa tekanan anginnya dengan tepat dan rutin. Pastikan tekanan anginnya cukup agar siap pakai kapan saja Anda membutuhkannya. Pada dasarnya, tekanan anginnya tetap bisa berkurang meski tak digunakan.

Hal tersebut penyebabnya tak lain ialah pori-pori yang ada di permukaan karet ban. Pori-pori tersebut bisa mengeluarkan angin yang ada di dalam ban. Untuk pemeriksaannya, Anda bisa cek sebulan sekali.

Saat Anda mengeceknya ternyata memang kurang angin, maka bisa segera menambahnya. Cek dan pastikan tak ada kebocoran ataupun masalah lainnya.

Jangan sampai Anda rugi karena tak bisa menggunakan ban serep saat membutuhkannya.

Ada banyak cara merawat ban serep mobil yang bisa Anda lakukan. Dengan memberikan perawatan, maka ban bisa selalu dalam kondisi prima. Kapan saja Anda butuh ban serep pun tak perlu membeli lagi sehingga lebih hemat budget. (R10/HR-Online)