Rabu, Desember 7, 2022
BerandaBerita BisnisCara Ternak Ikan Gurame yang Baik dan Benar, Bisa Raih Cuan Banyak

Cara Ternak Ikan Gurame yang Baik dan Benar, Bisa Raih Cuan Banyak

Cara ternak ikan gurame perlu Anda pahami dengan baik. Sebab, dengan cara yang benar, ternak ikan gurame menjanjikan keuntungan cukup besar. Budidaya ikan gurame menjadi salah satu usaha yang wajib Anda coba.

Ikan gurame populer sebagai makanan mewah dengan harga jual tinggi. Selain itu, ikan gurame juga tidak sulit saat diternakan. Ikan gurame mampu bertahan hidup di berbagai keadaan lingkungan maupun kualitas air.

Gurame memang merupakan salah satu komoditas yang paling potensial untuk Anda budidaya. Jenis ikan satu ini punya peminat yang besar dan nilai jual tinggi.

Penjualan ikan gurame dapat menyentuh angka Rp 30.000 bahkan lebih untuk tiap ekornya. Cukup menggiurkan, bukan?

Baca Juga: Usaha Budidaya Ikan Nila, Bisnis Potensial, Tak Perlu Modal Besar

Cara Ternak Ikan Gurame yang Benar, Pahami Langkah-Langkah Ini!

Ikan dengan nama latin Osphronemus Qouramy Lacepede ini adalah ikan asli Indonesia. Asalnya yaitu dari perairan daerah Jawa Barat. Melakukan budidaya ikan gurame memang bukan perkara yang mudah.

Untuk dapat menghasilkan ikan gurame dengan kualitas tinggi, Anda mesti telaten, gigih, serta bersabar dalam menekuni bisnis ini. Khususnya di dalam proses pemeliharaannya.

Apabila Anda tidak telaten, tentu saja bakal terdapat banyak ikan yang tak terawat. Pada dasarnya, budidaya ikan gurame sebetulnya hampir sama dengan jenis ikan tawar yang lain. Seperti ikan mas, lele, nila, atau patin.

Berikut ini beberapa langkah penting yang mesti Anda lakukan jika ingin terjun  dalam budidaya ikan gurame.

Pemijahan Ikan Gurame

Dari sepasang induk gurame dapat berkembang biak sampai ratusan ekor ikan. Caranya yaitu menggunakan teknik perkawinan antara gurame jantan dengan betina dewasa (pemijahan).

Ikan gurame yang siap kawin merupakan gurame dewasa dengan usia 4 hingga 7 tahun. Untuk indukan gurame betina, punya tanda sebagai berikut:

  • Bentuk tubuh ikan panjang
  • Di bagian dahi tidak terdapat tonjolan
  • Pada bagian perut tampak agak bulat
  • Warna siripnya terlihat kehitaman
  • Warna pada tubuh ikan lebih terang

Sedangkan, pada jenis gurami jantan dewasa siap kawin cirinya adalah:

  • Pergerakannya sangat lincah
  • Tubuh ikan tampak pucat serta lebih gelap
  • Di dahi terlihat benjolan

Cara ternak ikan gurame yang benar yaitu dengan memilih indukan ikan yang benar-benar bagus kualitasnya. Entah itu dari segi pertumbuhannya cepat besar, gerakannya lincah, sehat, serta terbebas dari penyakit. Hal tersebut agar bibit ikan gurame punya kualitas terbaik.

Masukkan ikan gurame jantan dan betina dewasa ke dalam kolam khusus pemijahan secara bersamaan.

Baca Juga: Cara Ternak Ikan Gabus, Usaha Budidaya yang Makin Diminati

Siapkan Kolam untuk Budidaya

Kolam untuk budidaya ikan gurame mesti Anda bersihkan secara rutin. Hal tersebut cukup penting lantaran akan menentukan keberhasilan budidaya ini.

Pastikan air di dalam kolam selalu dalam keadaan jernih dan bersih. Segera ganti menggunakan air bersih jika mulai terlihat kotor.

Berikutnya, sediakan sapu ijuk di kolam sebagai media tempat telur ikan gurame menempel. Indukan gurame betina sekali bertelur dapat menghasilkan hingga ribuan telur. Nah, telur-telur tersebut akan menempel pada sapu ijuk.

Untuk jenis kolam budidaya ikan gurame ini dapat berupa, kolam terpal plastik, kolam tanah, kolam apung, kolam semen atau tembok, maupun akuarium. Anda bisa memilih kolam budidaya sesuai jenis kolam yang Anda punya sekarang ini.

Contoh, apabila Anda memiliki tanah, tinggal dijadikan sebagai lokasi untuk ternak ikan gurame.

Kolam tanah yang siap pakai untuk budidaya ikan mesti melewati tahapan pembersihan, lalu pengeringan, pengapuran, dan pengisian air. Bahkan perlu membuat sosog tempat untuk sarang telur bagi ikan gurame.

Penanganan Telur Ikan Gurame

Cara ternak ikan gurame berikutnya yaitu penanganan terhadap telur-telur ikan gurame. Gurame betina yang telah bertelur bakal mengawasi serta menjaga telur-telurnya.

Sarang ikan gurame yang berisikan telur dapat Anda pindahkan ke dalam ember yang sudah terisi dengan air bersih. Selanjutnya bersihkan telur lalu pindahkan ke kolam penetasan.

Perawatan Benih Ikan Gurame

Agar cepat tumbuh besar, dalam budidaya ikan gurame harus Anda perhatikan pemberian pakannya. Beri pakan yang berkualitas, cacing sutra misalnya.

Selain karena makanan, pertumbuhan ikan juga dipengaruhi oleh bibit ikan yang bermutu tinggi.

Dalam waktu 3 hari, telur ikan gurame bakal menetas jadi benih ikan. Setelah berusia 11 hari, bibit ikan gurame perlu Anda pindah ke dalam kolam pendederan yang ukurannya 4,5 meter dengan lebar 2,5 meter. 

Lama Waktu Panen Ikan Gurame

Ternak ikan gurame bisa Anda panen sesudah memasuki usia 8 bulan. Pada usia ini, ikan gurame ukurannya sebesar telapak tangan orang dewasa. 

Sebaiknya, panen ikan gurame siap konsumsi Anda lakukan ketika sore hari. Tujuannya supaya ikan tidak terlalu stress. Sebelum Anda panen, ikan terlebih dahulu dipuasakan selama sehari.

Panen bisa Anda lakukan dengan penyusutan air kolam kira-kira 20 cm. Untuk memanennya juga bisa dibantu memakai jaring halus yang dipegang oleh 2 orang.

Baca Juga: Budidaya Ikan Sidat, Bisnis Mudah dengan Keuntungan yang Potensial

Modal Ternak Ikan Gurame

Sesudah membaca uraian tentang Cara ternak ikan gurame, tentu Anda juga penasaran dengan kisaran modalnya, bukan? Besar atau kecilnya modal pastinya tergantung dari sejumlah faktor.

Seperti luas lahan yang Anda jadikan sebagai kolam, jumlah indukan yang hendak Anda pelihara, dan lain sebagainya.

Berikut merupakan gambaran secara kasar terkait apa saja yang Anda butuhkan untuk budidaya gurame dan kisaran modal awalnya.

  • Sewa lahan: Rp 300.000 per bulan
  • 3 buah terpal ukuran 2 m x 3 m: Rp 90.000
  • 2 kg pupuk untuk dasar kolam: Rp 30.000
  • 3 kg induk ikan gurame: Rp 180.000
  • 3 Ember besar untuk operasional: Rp 180.000
  • 10 kg pelet: Rp 60.000
  • ┬áKebutuhan lain-lain: Rp 300.000

Berdasarkan perhitungan di atas, kira-kira Anda butuhkan modal awal sejumlah Rp 1.040.000. Budget tersebut tentu saja diluar pencangkulan untuk pembuatan kolam, jasa mencangkul, serta upah pekerja yang Anda rekrut.

Nah, itu tadi langkah-langkah penting sebagai cara ternak ikan gurame yang benar. Dengan harga jual cukup tinggi tentu saja bisnis ikan gurami ini jadi peluang usaha yang potensial. (R10/HR-Online)