Selasa, Desember 6, 2022
BerandaBerita TerbaruCek Versi Bluetooth Android, Pakai Aplikasi Hingga Situs Resmi

Cek Versi Bluetooth Android, Pakai Aplikasi Hingga Situs Resmi

Cek versi bluetooth Android memudahkan Anda dalam menyambungkan perangkat. Untuk mengetahui versi bluetooth yang terpasang di HP Android sebenarnya ada beragam cara cek. Mau tahu apa saja tutorial HP Android tersebut? Berikut ulasannya.

Baca Juga: Cara Transfer Aplikasi Sesama Android Menggunakan Tips Mudah Berikut!

Cara Mudah Cek Versi Bluetooth Android

Bluetooth merupakan salah satu fitur bawaan yang seringkali tersemat pada ponsel. Fitur dengan ikon berwarna biru ini berfungsi untuk menyambungkan dua perangkat atau lebih. Pada umumnya, penyambungan ini dilakukan untuk mengirim file.

Adapun file yang bisa dikirim seperti foto, musik, hingga video. Supaya fungsi bluetooth terasa lebih optimal, perlu mendekatkan perangkat yang dihubungkan. Semakin dekat jarak perangkat tersebut, tentu proses transfernya juga bisa lebih cepat.

Pada dasarnya, saat ini sudah banyak aplikasi transfer yang lebih cepat daripada bluetooth. Dengan alasan tersebut, tak sedikit pengguna yang meninggalkan bluetooth.

Meski begitu, masih ada pula pengguna yang memanfaatkan bluetooth karena terbiasa atau terasa lebih mudah.

Untuk memudahkan proses transfer file ini, alangkah lebih baiknya apabila mengetahui versi bluetooth yang ada di HP Android.

Tak perlu bingung bagaimana caranya karena pada pembahasan kali ini akan terpapar secara lengkap tutorialnya. Anda bisa mengetahui dari situs terpercaya hingga menginstal aplikasi tambahan.

Baca Juga: Cara Copy Aplikasi Android ke Perangkat Lain dan Backup Data!

Cek Melalui GSMArena

Salah satu cara yang bisa Anda gunakan untuk cek versi bluetooth di HP Android ialah dengan mengakses situs GSMArena.

Sebagaimana yang kita tahu bahwa GSMArena merupakan salah satu situs terpercaya yang berisikan informasi lengkap seputar gadget. Anda bisa menemukan beragam merek ponsel di GSMArena.

Informasi yang terpapar di situs GSMArena ada detail spesifikasi, fitur, hingga harga resmi. Informasi yang disajikan juga termasuk versi bluetooth. Untuk caranya, bisa ikuti langkah di bawah ini.

  1. Anda hanya perlu membuka situs resmi GSMArena yakni gsmarena.com melalui ponsel Android.
  2. Kemudian klik Pencarian.
  3. Langkah selanjutnya Anda bisa memasukkan merek sekaligus tipe HP Android yang ingin Anda cek versi bluetoothnya.
  4. Setelah itu, Anda bisa klik Go. Nantinya akan muncul HP yang Anda cek di pilihan pencarian.
  5. Untuk mengetahui versi bluetooth, Anda hanya perlu scroll ke bagian COMMS.

Pada bagian tersebut, Anda bisa menemukan versi bluetooth secara lengkap. Biasanya versi bluetooth ini berdekatan dengan kolom Wi-Fi, hotspot, GPS, dan beragam sektor konektivitas lainnya. Pastikan Anda mencermati baik-baik supaya tidak salah.

Cek Melalui Aida 46

Selain memanfaatkan situs terpercaya GSMArena, Anda juga bisa menggunakan aplikasi tambahan untuk cek versi bluetooth Android.

Adapun salah satu aplikasi yang bisa Anda gunakan yakni Aida 46. Untuk bisa menggunakan aplikasi Aida 46, tentu Anda harus mendownloadnya terlebih dahulu di Google Play Store.

Saat aplikasi sudah berhasil terdownload, Anda bisa lanjutkan dengan melakukan instalasi. Anda pasang aplikasi Aida 46 di HP Android yang digunakan. Apabila aplikasi sudah terinstal, maka bisa lanjutkan dengan mengikuti langkah berikut ini.

  1. Pertama-tama Anda bisa membuka aplikasi Aida 46 yang sudah terinstal di HP Android.
  2. Klik menu System.
  3. Anda perlu memperhatikan detail informasi yang diberikan.
  4. Dari informasi tersebut terdapat versi bluetooth yang Anda cari.

Baca Juga: Cara Aktifkan Infrared di Android pada Beberapa Merk HP, Berikut Tipsnya

Cek Melalui Website Resmi

Cara lainnya yang bisa Anda lakukan untuk cek versi bluetooth di HP Android yaitu lewat situs resmi. Tentu saja hal ini bisa dengan menyesuaikan merek HP yang Anda gunakan. Sebagaimana yang kita tahu, setiap merek ponsel memiliki situs resmi untuk memudahkan pecinta gadget dalam mengaksesnya.

Mulai dari Xiaomi, Samsung, Realme, Oppo, dan masih banyak lagi. Dalam situs resmi tiap merek ponsel tersebut, terdapat informasi lengkap seputar spesifikasinya. Di detail spesifikasi jelas ada versi bluetooth yang terpasang di HP Android.

Untuk mencoba cara yang saat ini, tentu Anda harus mengakses situs resmi melalui browser di HP Android terlebih dahulu. Kemudian tinggal mencari tipe ponsel yang Anda gunakan. Anda pun bisa tahu spesifikasi lengkapnya, termasuk versi bluetooth.

Nyatanya ada banyak cara yang bisa Anda gunakan untuk cek versi bluetooth Android. Caranya terbilang sederhana sehingga mudah dipraktikkan oleh siapa saja, termasuk pemula. Anda pun tak perlu ragu untuk mencobanya. (R10/HR-Online)