Kamis, Februari 2, 2023
BerandaBerita TerbaruCiri HP Android Kena Virus Lengkap dengan Cara Mengatasinya

Ciri HP Android Kena Virus Lengkap dengan Cara Mengatasinya

Ciri HP Android kena virus wajib Anda ketahui. Banyak HP Android akhir-akhir ini sering kena virus, untuk itu Anda perlu tahu ciri-cirinya. Sehingga bisa mengatasi ponsel Android yang bermasalah tersebut.

Mengingat saat ini pengguna smartphone Android semakin banyak. Hal ini membuat semakin banyak pula cybercrime menargetkan virus atau malware pada pengguna Android.

Bagi pengguna yang tidak paham dengan dunia internet, akan semakin mudah mendapatkan serangan virus. Ada baiknya jika Anda tahu apa saja ciri-ciri jika smartphone terkena virus.

Baca Juga: Wajib Tahu, Ini Ciri-ciri smartphone Anda Kena Hack

Ciri HP Android Kena Virus dan Cara Mengatasinya

Malware adalah akronim dari malicious software atau perangkat lunak yang cukup berbahaya. Terutama untuk kesehatan smartphone.

Virus atau malware akan merusak perangkat, mencuri data, dan mengakibatkan perangkat digital lebih bermasalah.

Virus bisa datang kepada siapa saja terutama bagi mereka yang belum paham betul akan dunia smartphone dan internet. Sebagai pengguna Android ada baiknya jika Anda memperhatikan apakah perangkat terserang virus atau tidak.

Karena pengetahuan ini cukup penting, lantas bagaimana cara kita untuk mengidentifikasi adanya virus di smartphone Android? Bagi Anda yang awam terhadap dunia teknologi tentu akan merasa sulit dalam mengidentifikasi adanya hal tersebut.

Untuk itu, kami akan memberikan sedikit penjelasan tentang bagaimana ciri-ciri ketika smartphone mengidap virus atau malware. Berikut ini ada beberapa ciri-cirinya antara lain:

Baca Juga: Cara Mengaktifkan Swap RAM Android untuk Tambah Memori!

Kenaikan Suhu Smartphone Tidak Normal

Sebagai pengguna Android, untuk mengetahui ciri HP terkena virus akan memudahkan dalam mengatasinya. Salah satu ciri-ciri yang bisa Anda temukan yaitu suhu perangkat yang tiba-tiba tidak normal.

Misalnya Android jadi lebih mudah panas dan sulit kembali ke suhu normal. Padahal pengguna tidak sedang melakukan aktivitas berat, seperti bermain game atau sejenisnya.

Hal ini karena adanya aplikasi pembawa virus yang berjalan di latar belakang. Anda bisa mencoba mengidentifikasinya melalui aplikasi berjalan.

Dengan memperhatikannya secara cermat, kemungkinan besar Anda akan menemukannya. Jika yang dirasa mencurigakan ada baiknya Anda hapus saja aplikasi tersebut.

Kinerja Android Menurun

Kinerja ponsel Android yang menurun atau lemot juga menjadi salah satu ciri HP terkena virus. Biasanya Android lemot bisa karena adanya aplikasi yang mengakibatkan ruang penyimpanan penuh.

Apalagi jika aplikasi dibuka secara bersamaan mengakibatkan memakan banyak RAM. Kondisi ini akan cukup wajar jika smartphone banyak mengunduh aplikasi dan memiliki banyak data.

Namun ketika HP lemot dalam kondisi smartphone tidak memiliki banyak data dan aplikasi, Anda perlu mencurigainya.  Jika kondisi ini terjadi pada smartphone Anda yang masih fresh, kemungkinan besar virus masuk ke perangkat tersebut.

Virus bersembunyi di latar belakang mengakibatkan performa menurun. Coba cek daftar aplikasi yang terinstal dan beberapa file di ruang penyimpanan, baik internal maupun eksternal.

Baca Juga: Cara Cek Baterai AirPods di Android dengan Atau Tanpa Aplikasi

Baterai Cepat Habis

Keberadaan smartphone Android saat ini semakin bervariasi. Berbagai perusahaan smartphone memberikan berbagai spesifikasi terbaik termasuk dari segi baterainya.

Tidak sedikit perusahaan smartphone yang membekali perangkat mereka dengan kapasitas baterai besar. Meski demikian bukan berarti baterai tetap awet. Pengguna Android yang menjadi pemicu boros atau tidaknya baterai smartphone.

Jika pemakaian terus-menerus, sudah pasti daya baterai akan cepat melemah. Namun jika Anda tidak menggunakan Android secara berlebihan, namun baterai cepat boros, kemungkinan besar ada masalah di dalamnya.

Kemungkinan besar hal ini dikarenakan virus masuk pada smartphone Android yang Anda miliki. Virus akan masuk melalui latar belakang dan Anda pun tidak akan menyadarinya.

Cara untuk memastikan apakah ada virus atau tidak sebaiknya cek dengan cara menganalisa menggunakan baterai.

Jika Anda menemukan ada aplikasi yang mencurigakan dan tidak pernah Anda buka, kemungkinan besar itulah yang menjadi penyebab virus masuk ke perangkat Android.

Sebenarnya masih banyak ciri-ciri ketika perangkat Anda terkena virus. Untuk mengatasi kondisi ini cukup sederhana. Mulai dari menghapus aplikasi asing dan hapus akses administrator dengan masuk menu safe mode.

Sebagai pengguna android tidak ada salahnya mengenali apa itu virus. Bahkan termasuk ciri HP Android kena virus lengkap dengan cara mengatasinya. Hal ini membantu smartphone yang Anda miliki tetap awet. (R10/HR-Online)