Jumat, Desember 2, 2022
BerandaBerita TerbaruCiri Otot Lurik pada Sistem Gerak, Ini Fungsi dan Bagiannya!

Ciri Otot Lurik pada Sistem Gerak, Ini Fungsi dan Bagiannya!

Ciri otot lurik atau otot rangka tentunya berbeda. Otot lurik ini memiliki ciri khusus dari cara kerja maupun tempatnya. Adapun otot lurik ini merupakan salah satu anatomi tubuh paling penting dalam kehidupan.

Otot lurik ini hadir sebagai salah satu jenis otot yang memiliki tugas paling penting. Tanpa otot ini, maka manusia pastinya tidak akan bisa bergerak.

Itu karena otot lurik mengendalikan tulang atau rangka tubuh. Dengan otot ini, maka Anda bisa bergerak dengan bebas. Lantas, apa saja ciri-ciri dari otot satu ini?

Baca Juga: Ciri Otot Jantung, Bekerja dengan Baik Secara Tak Sadar

Ketahui Apa Saja Ciri Otot Lurik

Pada pengertiannya, otot adalah sebuah jaringan konektif yang ada di dalam tubuh. Otot dapat melakukan kontraksi maupun relaksasi.

Jaringan otot di dalam tubuh manusia terdiri dari susunan sel otot yang berfungsi untuk menggerakkan organ di dalam tubuh. Di dalam tubuh manusia terdapat banyak susunan otot. Setidaknya sekitar 40% otot telah memenuhi tubuh manusia.

Apabila disebutkan dalam jumlah satuan, maka jumlah dari otot lurik di dalam tubuh kurang lebih mencapai hingga 600 otot. Jumlah tersebut tentu saja sangat luar biasa.

Di antara banyaknya otot tersebut, terdapat istilah otot lurik. Nama lurik sendiri berasal dari warna otot ini yang tampak gelap hingga terang.

Otot lurik ini menjadi satu dari tiga jenis otot yang memiliki peran sangat penting. Sehingga, otot lurik tampak berbeda dari yang lainnya.

Adapun dua jenis otot lainnya dengan fungsi terpenting di dalam otot manusia selain otot lurik adalah otot polos dan juga otot jantung. Mereka juga memiliki ciri dan fungsinya sendiri.

Baca Juga: Otot Bisep dan Trisep dan Cara Kerjanya dalam Menggerakkan Lengan

Karakteristik Otot Lurik

Untuk mengetahui ciri otot lurik, maka Anda bisa melihat dari strukturnya. Otot lurik sudah sangat berbeda dari warnanya yang belang-belang, yaitu gelap dan terang seperti lurik.

Kemudian otot lurik memiliki bentuk seperti silindris, panjang, dan juga multinukleus. Artinya, otot ini tidak hanya terdiri dari satu inti sel, melainkan terdapat banyak inti sel di dalamnya.

Selain itu, otot lurik juga memiliki ribuan serabut yang tersusun rapi. Serabut ini berfungsi untuk membangun jaringan otot.

Otot lurik menempel pada rangka tubuh manusia dengan inti selnya pada bagian tepi. Mereka akan berkontraksi dengan sangat cepat.

Umumnya otot lurik memiliki panjang sekitar 2,5 cm. Sedangkan diameternya mencapai 50 mikron.

Fungsi Otot Lurik

Setelah mengetahui ciri otot lurik, Anda juga perlu tahu apa fungsi sebenarnya dari otot ini. Sebagai informasi, otot lurik akan bergerak di bawah kesadaran.

Otot ini akan berkontraksi atau bergerak sendiri tanpa perlu Anda kendalkan. Oleh karena itu, fungsi utama otot lurik ini adalah untuk memicu kontraksi.

Namun begitu, bukan berarti otot lurik hanya berfungsi untuk memicu kontraksi saja. Nyatanya otot ini juga berfungsi untuk memompa darah hingga ke seluruh tubuh.

Seluruh gerakan yang manusia lakukan juga merupakan fungsi dari otot lurik ini. Sehingga, tidak heran jika otot lurik menjadi salah satu dari tiga jenis otot terpenting di dalam tubuh manusia.

Dari menggerakkan kepala, jari, tangan, kaki, dan aktivitas lainnya manusia membutuhkan peran otot lurik ini.

Baca Juga: Cara Kerja Otot Jantung yang Sangat Penting pada Tubuh Manusia

Bagian-Bagian Otot Lurik

Ciri otot lurik sebenarnya juga dapat terlihat dari bagian-bagian mereka. Otot ini tidak hanya terbentuk dari satu sel saja, tetapi dari beberapa bagian sekaligus.

Mereka terdiri dari beberapa bagian yang terlihat sama namun tentunya memiliki perbedaan cukup signifikan. Berikut ini bagian-bagiannya.

  • Miofilamen: ini merupakan bagian yang terkenal sebagai benang atau filamen halus. Bagian ini berasal dari Miofibril.
  • Miofibril: merupakan serat dari Miofilamen dan terbagi menjadi dua macam, yaitu Miofilamen homogen di otot polos dan Miofilamen heterogen di otot lurik dan jantung.
  • Sarkoplasma: ini merupakan cairan sel yang ada di dalam otot. Fungsi Sarkoplasma adalah untuk tempat Miofibril dan Miofilamen.
  • Sarkolema: terkenal sebagai bagian pelindung otot sehingga berada di bagian paling luar. Sarkolema menjadi pelindung otot karena berupa membran yang melapisi otot.

Nah, itulah berbagai ciri otot lurik atau otot gerak pada tubuh manusia. Otot ini akan lebih sering berkontraksi daripada yang lainnya karena tubuh melakukan banyak pergerakan dan aktivitas. (R10/HR-Online)