Minggu, November 27, 2022
BerandaBerita PangandaranDebit Sungai Citanduy Meluap, Kalipucang Pangandaran Banjir

Debit Sungai Citanduy Meluap, Kalipucang Pangandaran Banjir

harapanrakyat.com,- Hujan deras membuat debit air sungai Citanduy meluap. Banjir pun merendam wilayah Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat, Rabu (26/10/2022).

Warga Kalipucang Uus Suhendar mengatakan, hujan yang terjadi di hulu sungai dan bertambahnya debit air dari luar Pangandaran membuat sungai induk Citanduy meluap hingga banjir merendam pemukiman dan jalan raya.

“Saat ini kondisi di jalan raya Kalipucang baik menuju ke arah Cilacap ataupun ke arah Ciamis terendam banjir hingga ketinggian kurang lebih 70 cm. Bahkan tidak sedikit motor yang mati saat melintas,” katanya.

Baca Juga: Longsor Tutup Jalan Karangkamiri-Gunungkelir Pangandaran

Uus mengatakan, banjir juga merendam pasar dan terminal Kalipucang. Jalan menuju pasar akhirnya ditutup warga akibat air cukup tinggi.

“Airnya tinggi dan tidak bisa dilewati kendaraan, terutama motor karena itu akses dari terminal ke pasar ditutup dulu,” katanya.

Selain itu, lanjut Uus, ratusan rumah warga yang berada di Dusun Giri Setra, Desa/Kecamatan Kalipucang terendam banjir.

“Wilayahnya 80 persen terendam banjir, selain rumah, fasilitas umum seperti SDN 1 Kalipucang terendam banjir. Bahkan banjir sampai masuk ke ruangan kelas,” tandasnya. (Entang/R7/HR-Online/Editor-Ndu)

Diskominfo Kota Banjar