Minggu, November 27, 2022
BerandaBerita TerbaruDesain Rumah Mezzanine yang Unik untuk Ruangan Hunian Anda

Desain Rumah Mezzanine yang Unik untuk Ruangan Hunian Anda

Desain rumah mezzanine sepertinya menarik untuk Anda coba. Karena rumah dengan desain mezzanine ini cocok untuk Anda terapkan pada ruangan minimalis. Tak hanya itu saja, melainkan juga cocok Anda terapkan untuk rumah minimalis yang memiliki ruangan atap tinggi.

Tapi sebenarnya itu semua akan tergantung dari kebutuhan serta desain arsitektur rumah itu sendiri, yang tentu mudah kita aplikasikan ke berbagai ruangan. Baik itu ruang dapur, kamar mandi, kamar tidur, ruang tamu, ruang makan, dan ruang-ruang lainnya. Menarik bukan?

Baca Juga: Rumah Minimalis Tanpa Garasi Cocok Diterapkan di Lahan Sempit

Desain Rumah Mezzanine yang Menakjubkan pada Ruangan Minimalis

Keterbatasan akan lahan seringkali menjadi masalah bagi mereka pemilik rumah minimalis saat berkeinginan untuk menambah ruangan pada huniannya.

Pasalnya kebanyakan rumah bertipe 21-54 akan dibangun pada lahan seluas 60-100 meter persegi dan ukurannya tidak begitu besar.

Jika pun itu ada lahan yang tersisa, maka biasanya akan digunakan sebagai area terbuka depan rumah saja. Untuk memenuhi kebutuhan akan ruangan tambahan, khususnya rumah minimalis, banyak yang merombak hunian menjadi menakjubkan.

Sayangnya untuk melakukan hal semacam itu, maka Anda memang harus menyiapkan dana yang tergolong tidak sedikit. Meski demikian, Anda masih tetap bisa memenuhi kebutuhan akan ruangan tambahan walaupun dengan renovasi minor.

Salah satunya adalah dengan cara menerapkan konsep mezzanine alias lantai tambahan pada sebuah hunian atau rumah. Sebelum mengetahui bagaimana desain-desainnya, ada baiknya jika Anda mengetahui pengertian mezzanine terlebih dahulu.

Baca Juga: Rumah Minimalis Ala Turki, Kesan Mewah dengan Ciri Khas Unik

Pengertian Mezzanine

Desain rumah mezzanine sekarang ini memang menjadi pilihan bagi banyak orang, tak terkecuali pemilik rumah minimalis. Nah, kata mezzanine sendiri asalnya dari bahasa Italia yakni mezzo yang artinya bagian tengah.

Bila kita terjemahkan secara lebih spesifik, bahwa mezzanine merupakan ruang tambahan yang dibangun antara dua bagian yakni atap dan lantai. Awalnya desain ini sering kita jumpai pada pusat perbelanjaan hingga gedung industri besar untuk menyimpan barang.

Meski demikian konsep mezzanine sekarang ini bisa Anda ciptakan untuk ruang kerja, ruang tamu, kamar tidur, dan ruang-ruang lainnya dalam rumah. Dalam proses pengaplikasiannya, maka Anda juga harus bisa memperhatikan beberapa hal penting ini.

Salah satunya adalah dengan melihat bagaimana kondisi dan jarak antara permukaan lantai dan plafon atau atap rumah Anda. Tentu rumah dengan konsep seperti ini harus memiliki plafon yang lebih tinggi agar ruangan tidak sesak atau terlihat begitu penuh.

Mezzanine untuk Ruang Santai

Desain rumah mezzanine ini bisa menggunakan ruangan tengah pada hunian Anda dengan konsep open space. Pasalnya mengintegrasikan ruang tengah dan memanfaatkan lantai tambahan untuk ruang bekerja juga cukup baik.

Terlebih lagi jika atap atau plafon rumah Anda cukup tinggi, maka bisa menciptakan konsep mezzanine ini agar semakin sempurna. Jadi Anda bisa menciptakan ruangan santai yang nyaman untuk bercengkrama bersama keluarga.

Nah, mezzanine seperti ini bisa Anda bangun pada ruang tengah atau sebelahan dengan ruang keluarga maupun atas dapur rumah. Untuk terlihat lebih cerah, sebaiknya gunakan dinding kaca supaya terlihat lebih luas dan lapang.

Sedangkan untuk bagian tengahnya bisa Anda buat dengan ukuran kecil supaya ruang pada lantai bagian bawah tidak terlalu sesak. Penerapan karpet atau vinyl lantai juga menjadi pilihan terbaik untuk memberi kesan hangat pada rumah.

Baca Juga: Desain Rumah Minimalis 3 Kamar, Inspirasi Tata Ruang yang Praktis

Bagaimana Membangun Mezzanine dalam Rumah?

Untuk membuat desain rumah mezzanine cukup mudah bagi yang sudah paham, jika belum mungkin ini akan sedikit sulit. Jadi sebelum membangun mezzanine, ada baiknya Anda mengetahui hal-hal penting ini.

Ketika Anda akan membagun ruangan dengan konsep seperti ini, maka jangan lupa untuk memperhatikan luas ruangan terlebih dahulu. Sebab saat membuat mezzanine, maka tidak akan membangun lantai tambahan lagi sehingga mezzanine ini akan memakan tempat.

Tak hanya itu saja, melainkan juga perhatikan tinggi ruangan dalam rumah yang harus Anda pertimbangkan sebelum membangun. Pastikan dulu bahwa plafon rumah Anda benar-benar tinggi agar kondisinya tidak terlihat sesak.

Ada hal penting lain lagi, yaitu soal pencahayaan, jangan sampai Anda lupakan dengan mudahnya. Sebab, pencahayaan adalah faktor yang tak kalah penting Anda pertimbangkan ketika hendak membangun konsep mezzanine itu.

Karena desain rumah mezzanine ini akan menjadi tempat khusus bagi penggunanya, entah di ruang tengah atau mungkin kamar. Sehingga Anda harus menentukan letak yang tepat untuk membuat konsep tersebut. (R10/HR-Online)

Diskominfo Kota Banjar