Kamis, Desember 1, 2022
BerandaBerita CiamisDuh, 6 Bulan Tak Bisa Dilalui, Anggota DPRD Ciamis Minta Jembatan Wanasigra...

Duh, 6 Bulan Tak Bisa Dilalui, Anggota DPRD Ciamis Minta Jembatan Wanasigra Segera Diperbaiki

Berita Ciamis, (harapanrakyat.com),- Pasca terjadinya longsor, jembatan Wanasigra yang berada di atas sungai Cigayam, Desa Wanasigra, Kecamatan Sindangkasih, Ciamis, Jawa Barat, hingga saat ini tidak bisa dilalui kendaraan.

Pemerintah desa bersama warga menutup total akses lalu lintas ke jembatan itu, lantaran takut membahayakan para pengendara.

Anggota DPRD Ciamis dari Kecamatan Sindangkasih, Yogi Permadi mengatakan, jembatan itu sudah tidak bisa dilalui kendaraan selama 6 bulan.

“Jembatan Wanasigra ini ditutup total sejak kejadian longsor tebing sisi jembatan, pada April 2022 lalu,” ujar anggota DPRD Fraksi PDI Perjuangan Ciamis ini, Senin (3/10/2022).

Baca juga: Kebakaran Pasar Banjarsari, Kerugian Pedagang Capai Rp 3 Miliar

Dengan kondisi seperti itu, pihaknya meminta Pemkab Ciamis segera memperbaiki jembatan tersebut.

Pasalnya, jembatan ini menghubungkan 2 Kecamatan yakni Sindangkasih dan Cikoneng.

“Jembatan ini menghubungkan Desa Wanasigra (Sindangkasih), Margaluyu dan Gegempalan (Cikoneng),” katanya.

Selain itu lanjut Yogi, dengan tidak bisa dilaluinya jembatan Wanasigra, Ciamis, berdampak terhadap perkembangan ekonomi masyarakat di 2 desa, yakni di Wanasigra dan Margaluyu.

“Rata-rata masyarakat di sana merupakan pelaku UMKM makanan ringan, dan jembatan itu merupakan akses menuju ke pasar Cikoneng,” jelas Yogi.

Yogi mengaku sudah sejak lama menyerap aspirasi masyarakat, yang meminta agar jembatan Wanasigra segera diperbaiki.

“Masyarakat meminta pemda segera melakukan penanganan terhadap jembatan ini, karena jembatan Wanasigra merupakan urat nadi perekonomian masyarakat,” pungkasnya.

Sebagai informasi, jembatan Wanasigra di Sindangkasih ini, panjangnya 10 meter dengan lebar 2,5 meter.

Sementara itu, dihubungi terpisah pihak Dinas Pekerjaan Umum Penataan Ruang dan Pertanahan (DPUPRP) Ciamis belum memberikan tanggapan, soal penanganan jembatan Wanasigra. (R8/HR Online/Editor Jujang)