Sabtu, November 26, 2022
BerandaBerita TerbaruFakta Aurora Borealis, Cahaya Cantik yang Mengeluarkan Suara?

Fakta Aurora Borealis, Cahaya Cantik yang Mengeluarkan Suara?

Fakta Aurora Borealis adalah sebuah cahaya cantik. Aurora Borealis ini faktanya berada di kutub utara Bumi ini. Kehadiran fenomena langit ini sangat unik dan menarik.

Pastinya sudah menjadi informasi umum jika Bumi memiliki dua kutub yang berbeda, yaitu kutub utara dan juga selatan. Ternyata, di kedua bagian tersebut terdapat sebuah fenomena unik yang terjadi.

Fenomena unik di langit kutub utara dan selatan Bumi tersebut bernama Aurora. Pada bagian selatan bernama Aurora Australis, sedangkan di bagian utara Bumi bernama Aurora Borealis.

Baca Juga: Hujan Meteor Epsilon Gemini di Langit Oktober, Catat Tanggalnya!

Berupa Indah, Ini Fakta Aurora Borealis!

Aurora merupakan suatu cahaya yang terbentuk akibat dari adanya interaksi di antara medan magnet Bumi dengan partikel yang Matahari pancarkan.

Interaksi tersebut pada akhirnya membuat aurora menghasilkan cahaya yang sangat indah di langit. Cahaya aurora pun bahkan dapat terlihat dari luar angkasa.

Terdapat dua aurora, yaitu Aurora Australis dan Aurora Borealis. Di antara keduanya, Aurora Borealis memang yang paling terkenal meski keduanya memiliki warna yang cantik.

Mari mengenal lebih jauh Aurora Borealis dengan mengetahui fakta-faktanya berikut ini.

Aurora Selalu Memancarkan Cahaya Berbeda Setiap Harinya

Foto Aurora Borealis yang beredar pasti menunjukkan cahaya dengan warna yang berbeda-beda. Perbedaan warna ini akibat dari kandungan atom pada Oksigen dan Nitrogen di udara yang selalu berubah.

Ketika Oksigen lebih besar, maka cahayanya akan dominan hijau, sedangkan jika Nitrogen yang dominan akan menghasilkan cahaya dominan orange atau kemerahan. Terkadang muncul juga warna biru.

Baca Juga: Penampakan Badai Aurora Tertangkap Kamera ISS, Menakjubkan!

Cahayanya Mampu Menciptakan Ilusi

Ketika menyaksikan Aurora secara langsung, pasti akan terasa letaknya sangat dekat. Padahal itu semua hanya sebatas ilusi saja.

Pada kenyataannya, Aurora terletak di atmosfer Bumi dengan jarak sekitar 90 kilometer. Bahkan saking jauhnya, cahaya Aurora dapat dinikmati para astronot di luar angkasa.

Memiliki Banyak Legenda di Wilayah Kutub Utara

Kemudian fakta Aurora Borealis selanjutnya adalah fenomena langit ini juga tidak lepas dari legenda. Penduduk di Amerika Utara percaya bahwa Aurora adalah perwujudan dari roh yang sudah meninggal.

Adapula yang percaya jika Aurora merupakan cahaya yang memandu jiwa orang meninggal ke surga. Sedangkan suku Inuit atau orang Eskimo percaya bahwa Aurora Borealis adalah perwujudan dari roh binatang yang sudah mereka buru.

Baca Juga: Proses Terjadinya Aurora dengan Cahaya Menyala Warna-Warni di Langit

Dapat Mengeluarkan Suara

Para ilmuwan mengungkap bahwa Aurora juga mampu mengeluarkan suara karena letaknya yang tinggi. Akan tetapi, suara dari Aurora tidak akan selalu terdengar karena biasanya muncul di malam hari ketika tidak ada angin.

Menurut orang yang mendengarnya, suara Aurora terdengar lembut seperti gulungan ombak, namun ada juga yang menyebut mirip seperti gemericik air dan suara tepukan.

Itulah berbagai fakta Aurora Borealis yang sangat menarik. Aurora Borealis ini ada di langit utara dan menjadi pesona alam Iceland atau Islandia. (R10/HR-Online)

Diskominfo Kota Banjar