Senin, Desember 5, 2022
BerandaTeknologiAplikasiFitur Safety Check Facebook, Begini Cara Mengaktifkannya

Fitur Safety Check Facebook, Begini Cara Mengaktifkannya

Fitur safety check Facebook banyak digunakan setelah kejadian di Kanjuruhan. Safety check Facebook menjadi fitur yang penting, maka Anda perlu tahu apa fungsinya. Facebook bersimpati untuk bisa membantu orang-orang saat berada di lokasi kejadian di Stadion Kanjuruhan.

Fitur Facebook tersebut bisa masyarakat gunakan sejak tanggal 2 Oktober 2022. Dengan mengaktifkan fitur tersebut, pengguna dapat memberikan informasi terkait tentang keselamatan diri dan orang yang berada area sekitarnya. Lantas bagaimana cara untuk menggunakannya, ikuti ulasan selengkapnya.

Fitur Safety Check Facebook Bisa Anda Fungsikan

Fitur safety check atau pemeriksaan keselamatan ini dapat membantu setelah kejadian yang menelan banyak korban di Stadion Kanjuruhan kemarin 1 Oktober 2022.

Baca Juga: Fitur Switch Akun Facebook Messenger dan Cara Ganti Akun

Pemeriksaan keselamatan ini menjadi salah satu cara mudah dan sederhana untuk dapat memberikan informasi jika Anda berada dalam kondisi selamat.

Bahkan bisa juga memeriksa kondisi orang lain yang berada di sekitar dalam kondisi situasi kritis, baik bencana alam atau kejadian buruk lainnya.

Dengan adanya fitur safety check ini membantu mereka yang membutuhkan pertolongan. Bahkan saat terjadi bencana besar baik itu gempa bumi, banjir, badai, atau yang lainnya. Lembaga pelapor krisis global akan memberikan peringatan pada para pengguna Facebook.

Setelah safety check aktif, maka orang yang berada di wilayah berbahaya akan tahu informasi atau notifikasi dari FB jika dirinya dalam kondisi selamat.

Baca Juga: Cara Memperbaiki Facebook yang Kena Spam, Ikuti Langkah Ini

Bagi pengguna FB yang klik notifikasi tersebut juga dapat melihat apakah ada orang lain yang terdampak atau menandai jika dirinya juga selamat.

Cara Aktifkan Safety Check Facebook

Mengingat fitur safety check facebook cukup membantu, tidak ada salahnya Anda mencoba menggunakannya. Caranya sederhana yaitu dengan mengaktifkannya terlebih dulu.

  1. Perlu Anda ketahui jika fitur pemeriksaan keselamatan ini bisa teriakses melalui laman resmi https://www.facebook.com/crisisresponse/.
  2. Selanjutnya pada bagian sisi kanan Anda akan menemukan kolom friends in area. Kolom ini menampung daftar teman yang ada di lokasi.
  3. Silahkan klik kolom All untuk dapat menampilkan nama pengguna yang berada di lokasi kejadian. Tidak hanya itu saja, pengguna juga bisa untuk mengetikkan nama akun di kolom pencarian, untuk nama yang hendak mereka cari.
  4. Jika sudah, daftar mereka yang berada dalam status aman dapat terlihat dengan safe teks hijau ‘marked himself safe’.

Tanda Jika Kondisi Belum Aman

Penggunaan fitur baru facebook membantu Anda dapat mengetahui apakah kondisi orang lain aman atau tidak. Jika ada seseorang yang berada dalam status tidak aman.

Baca Juga: Satu Akun Facebook Bisa 5 Profil Pastikan Menggunakan Identitas Asli

Biasanya akan muncul tandai dengan teks hitam bertuliskan not marked safe yet.Jika nama teman Anda berada di kolom ‘friends in area’ maka menandakan jika belum tentu berada dalam kondisi berbahaya.

Dengan mengaktifkan fitur safety check Facebook ini membantu Anda bisa memberikan informasi dalam kondisi bagaimana di area kejadian. Fitur Facebook ini sengaja hadir akibat tragedi Stadion Kanjuruhan Malang beberapa waktu lalu. (R10/HR-Online)