Sabtu, Februari 4, 2023
BerandaBerita TerbaruFoto di Galeri Smartphone Hilang Mendadak? Kenali Penyebabnya

Foto di Galeri Smartphone Hilang Mendadak? Kenali Penyebabnya

Foto di galeri smartphone hilang secara tiba-tiba seringkali membuat jengkel pemiliknya. Apalagi, jika foto di galeri tersebut merupakan foto yang sangat penting. Sebenarnya, masalah semacam ini seringkali terjadi pada HP Android.

Meskipun begitu, foto-foto tersebut tidak hilang dengan sendirinya. Melainkan, terdapat beberapa faktor yang menjadi penyebabnya.

Baca Juga: Cara Mengganti Tanggal Foto di Android Mudah, Ini Langkahnya!

Penyebab Foto di Galeri Smartphone Hilang, Apa Saja?

Supaya kita dapat mencegah masalah ini supaya tidak terjadi, penting untuk mengetahui apa saja penyebabnya. Berikut ini adalah informasinya!

1. Memori HP Penuh

Memori HP yang terlalu penuh, dapat membuat foto hilang sendiri. Padahal, foto-foto tersebut sudah tertata rapi dalam galeri HP.

Biasanya, memori smartphone yang penuh ini ditandai dengan munculnya notifikasi. Notifikasi tersebut berisikan informasi bahwa kapasitas memori sudah tidak mencukupi.

Sehingga, mengharuskan kita untuk segera mengurangi atau menghapus foto, supaya memori kembali lapang. Jangan abaikan notifikasi tersebut.

Jika sudah muncul, maka hapus beberapa foto yang sudah tidak kita perlukan lagi. Jika mengabaikannya, maka sistem smartphone akan menghapus foto-foto tersebut.

Bahkan, seringkali bukan hanya foto saja yang hilang. Akan tetapi, juga video maupun file penting lainnya.

Sebenarnya, selain dengan cara menghapusnya, kita juga bisa menyimpan foto-foto tersebut ke dalam memori card. Dengan begitu, memori smartphone tidak akan cepat penuh.

2. Smartphone Mendapatkan Serangan Virus

Seperti yang kita tahu, virus merupakan salah satu pengganggu dan masalah yang sering kita hadapi ketika menggunakan smartphone. Nyatanya, virus menjadi salah satu pemicu foto di galeri smartphone hilang.

Virus ini bisa berasal dari berbagai sumber, seperti mengunduh dan menginstall aplikasi gratis, game atau aplikasi dari vendor palsu atau bukan dari Google Play Store maupun sumber lainnya.

Selain itu, mengakses blog atau website yang memiliki virus juga dapat menjadi salah satu penyebabnya. Jika kita tidak ingin foto hilang karena virus, ada baiknya menghindari hal-hal tersebut.

Serangan virus ini tidak hanya berdampak pada foto yang hilang saja. Melainkan juga dapat membuat kinerja smartphone menjadi menurun.

Baca Juga: Cara Foto Milky Way Android Bagi Anda yang Baru Mengenal Fotografi 

3. File Sampah yang Menumpuk

Foto di galeri smartphone hilang juga bisa karena file sampah yang menumpuk. Maka dari itulah, ada baiknya kita membersihkan sampah pada smartphone secara rutin.

Jika kita membiarkannya terus menumpuk, maka kinerja smartphone akan semakin menurun. Selain itu, juga dapat menyebabkan file yang terdapat dalam smartphone tersebut hilang secara mendadak.

Hal ini karena memori penyimpanan yang tak cukup lagi. Dengan membersihkan file sampah secara berkala ruang penyimpanan smartphone akan selalu tersedia.

Selain mengatasi foto yang hilang, membuat kinerja smartphone semakin maksimal. Dengan begitu, kita bisa menyimpan foto maupun file penting lainnya tanpa khawatir lagi.

4. Terlalu Sering Lepas Pasang Memori Card

Siapa sangka, terlalu sering melepas dan memasang memori card dapat membuat foto di galeri smartphone hilang. Akibat dari terlalu sering lepas pasang memori card ini adalah kerusakan pada chips-nya.

Sebab, chips pada memori card tersebut sering tersentuh dengan jari kita. Hal inilah yang kemudian membuat kotor dan menjadi rusak.

Tak jarang, memori card tidak terbaca oleh smartphone. Ada baiknya, untuk tidak terlalu sering lepas pasang memori card.

Pastikan, kita melakukannya dengan sewajarnya saja. Dengan begitu, foto maupun hal lainnya tidak akan hilang.

Baca Juga: Cara Copy Foto di Android dengan Mudah, Simak Trik Berikut Ini!

5. Encode yang Tidak Berfungsi

Hal lainnya yang memicu foto di galeri smartphone hilang, yakni karena encode yang tidak berfungsi. Pada kasus ini, file maupun foto yang kita unduh dari internet tidak bisa terbaca.

Terutama, saat sudah tersimpan dalam galeri smartphone. Ini bisa terjadi, karena sandi atau encode yang tertera pada file tersebut tidak berfungsi dengan baik.

Alhasil, file menjadi rusak ketika smartphone membacanya. Bahkan, ada kemungkinan jika sandi atau encode dari file tersebut memiliki virus. Sehingga file hilang atau tidak bisa terbaca oleh smartphone.

Nah, itulah tadi beberapa hal yang membuat foto di galeri smartphone hilang. Selain memperhatikan penyebab-penyebab ini, untuk menjaga foto supaya tetap aman dan tidak hilang, kita bisa memanfaatkan Google Drive sebagai tempat penyimpanan gratis. (R10/HR-Online)