Kamis, Desember 1, 2022
BerandaBerita TerbaruFungsi Kampas Kopling pada Sepeda Motor yang Perlu Diketahui

Fungsi Kampas Kopling pada Sepeda Motor yang Perlu Diketahui

Fungsi kampas kopling banyak yang belum tahu. Padahal kampas kopling pada motor memiliki fungsi yang sangat vital sebagai penyalur daya. Jika Anda belum mengetahui fungsinya, maka harus mengetahui pengertian kampas kopling terlebih dahulu.

Mengingat ada beberapa pengguna yang mungkin hanya tahu cara menggunakannya namun tidak tahu apa fungsi sebenarnya. Jika Anda salah satunya, maka sangat penting untuk mengetahui fungsi-fungsi tersebut agar tak salah paham.

Baca Juga: Masa Pakai Kampas Kopling Motor Dilihat dari Ciri-Ciri Keausannya

Ketahui Fungsi Kampas Kopling pada Sepeda Motor

Memang kendaraan roda dua seperti motor ini merupakan salah satu kendaraan yang sangat praktis dan nyaman. Untuk saat ini jenis sepeda motor yang memiliki banyak peminatnya adalah motor matic, namun ada juga motor sport.

Sementara itu, pada mesin motor manual seperti sport dan bebek, maka akan ada komponen yang bernama kopling. Nah, fungsi dari komponen ini adalah untuk memutus serta menghubungkan mesin dengan transmisi.

Jika sudah, maka akan langsung diteruskan lagi ke bagian gigi utama kemudian berakhir pada bagian putaran roda. Salah satu part dari sekian banyak part yang ada dalam kopling adalah kampas kopling yang berbeda.

Jenis kopling ada dua macam yaitu kopling manual dan kopling otomatis, kedua jenis ini berbeda dari segi cara kerjanya. Kopling yang ada pada motor bertipe gesek atau berbentuk piringan. Lantas apa saja fungsinya?

Baca Juga: Efek Kampas Kopling Habis Akan Menyebabkan Beberapa Masalah

Menghubungkan Mesin

Secara umum, fungsi kampas kopling ini adalah untuk menghubungkan antara mesin dengan sistem transmisi sepeda motor. Kampas kopling adalah salah satu komponen yang wajib pada kendaraan bermotor, termasuk yang bersistem pembakaran karburator.

Pasalnya dengan adanya kampas kopling seperti ini maka mampu untuk menggerakan roda hingga pada akhirnya motor bisa berjalan.

Tetapi berbeda lagi dengan motor berjenis bebek biasa, sebab pada motor ini kampas kopling yang digunakan adalah kampas ganda.

Walaupun jenisnya berbeda, akan tetapi fungsi dari kampas ganda ini hampir sama seperti kampas kopling pada motor biasa. Pada intinya adalah untuk memudahkan dalam menyalurkan tenaga dari mesin menuju ke bagian roda belakang.

Jadi jenis kampas ganda ini hanya ada pada kendaraan motor matic yang menggunakan sistem Continuously Variable Transmission atau CVT.

Fungsi pada Motor Matic

Fungsi kampas kopling ganda khususnya motor matic kurang lebihnya sama seperti motor lainnya. Akan tetapi akan ada dua komponen yang biasanya digunakan pada jenis kampas ganda pada motor matik.

Pertama yaitu kopling sentrifugal yang letaknya berada pada bagian poros engkol dan menjadi kopling primer. Sementara yang kedua yaitu kopling sekunder yang letaknya berada pada bagian samping transmisi.

Nah, fungsi dari kopling primer sendiri adalah untuk memutuskan putaran mesin ketika RPM mesin berada pada posisi paling rendah. Sedangkan fungsi dari kampas kopling ganda pada bagian primer adalah untuk menghubungkan RPM mesin ketika berada dalam angka paling tinggi.

Efeknya, kendaraan akan berdiam ketika posisi masuk dan mesin sudah menyala. Sebab fungsi pada bagian sekunder ini yaitu memutuskan putaran mesin ketika terjadinya perpindahan gigi.

Baca Juga: Komponen Kopling Manual Motor Beserta Fungsinya

Tips Merawat Kopling

Tak hanya tahu fungsi kampas kopling saja, melainkan harus mengetahui bagaimana cara merawat komponen ini. Khususnya untuk motor kopling, maka Anda sebagai pemilik kendaraan harus senantiasa merawatnya.

Secara sederhana untuk merawat motor kopling ini tak jauh berbeda dengan merawat atau memeriksa kopling otomatis pada matic.

Hanya saja karena jenis kendaraan ini memiliki komponen ekstra bagian transmisi maka membuat cara perawatan sedikit berbeda.

Nah, untuk merawat motor kopling yang pertama adalah dengan melakukan pengecekan kondisi kampas kopling secara rutin. Karena saat kampas kopling sudah mulai aus dan menipis maka akan banyak menimbulkan masalah serius.

Terutama saat Anda akan menaik turunkan posisi gigi, maka salah satu alternatif terbaiknya adalah dengan mengecek kondisi kampas kopling tersebut. Yaitu ketika Anda sedang melakukan penggantian oli mesin sepeda motor.

Jadi sebelum memasukkan oli baru, maka buka terlebih dahulu pada bagian kampas kopling. Biasanya akan ada rasa yang berbeda ketika kondisi kampas kopling sudah mulai aus.

Setelah Anda tahu fungsi kampas kopling hingga perawatannya, kini saatnya Anda untuk senantiasa menjaga kendaraan tersebut. Lakukan servis secara berkala supaya awet dan bisa bertahan lebih lama. (R10/HR-Online)