Kamis, Desember 1, 2022
BerandaBerita NasionalHarga Pertamax Turun Jadi Rp 13.900, Harga Pertalite Kapan Turun?

Harga Pertamax Turun Jadi Rp 13.900, Harga Pertalite Kapan Turun?

Harga Pertamax turun menjadi Rp 13.900 per liter dari sebelumnya Rp 14.500. PT Pertamina menurunkan harga BBM (Bahan Bakar Minyak) jenis tersebut itu sudah mulai sejak tanggal 1 Oktober kemarin.

Dalam laman resmi milik PT Pertamina (Persero), Sabtu (01/10/2022), dijelaskan bahwa, harga Pertamax untuk wilayah Banten, DKI Jakarta, Jawa Barat, Jawa Tengah, Jawa Timur, Bali. Serta Nusa Tenggara Timur (NTT), dan Nusa Tenggara Barat (NTB), turun menjadi Rp 13.900 per liter.

Bila melihat dari harga bahan bakar tersebut sebelumnya, harga itu mengalami penurunan sebesar Rp 600 dari Rp 14.500 per liter.

Sedangkan, untuk wilayah Kalimantan, Sulawesi, Maluku Utara, Maluku, Papua hingga Papua Barat, harga BBM jenis tersebut turun jadi Rp 14.200 per liternya. Harga tersebut turun sebesar Rp 650 dari harga sebelumnya yang mencapai Rp 14.850 per liter.

Harga Pertamax Turbo Turun, Pertamina Dex dan Dexlite Naik

Baca Juga : BBM Naik, Penjual Bensin Eceran di Ciamis Gulung Tikar

Penurunan harga juga diikuti oleh BBM jenis Pertamax Turbo yang sama-sama ikut turun. Namun, untuk bahan bakar minyak jenis Pertamina Dex dan Dexlite naik.

Adapun besaran penurunannya untuk harga bahan bakar jenis Pertamax Turbo disesuaikan dengan wilayah masing-masing. Begitu juga dengan besaran kenaikan harga Dexlite dan Pertamina Dex.

Sementara, BBM jenis Pertalite maupun Solar bersubsidi tidak ada perubahan, harganya masih tetap sama. Harga Pertalite Rp 10.000 per liter, dan harga Solar Rp 6.800. Harga tersebut berlaku untuk semua wilayah.

Alasan Pertamina Turunkan Harga

Mengutip dari laman resmi milik PT Pertamina, alasan perusahaan BUMN tersebut menurunkan harga Pertamax series yaitu untuk penyesuaian harga BBM umum.

Hal itu sebagaimana Keputusan Menteri ESDM Nomor 62 tentang harga dasar BBM (Bahan Bakar Minyak) Umum. Baik jenis Solar maupun Bensin, yang penyalurannya melalui Stasiun Pengisian BBM Umum. (R3/HR-Online/Editor-Eva)