Kamis, Januari 26, 2023
BerandaBerita PangandaranJalan Nasional di Pangandaran Ambles dan Retak, Ini Tindakan Kementerian PUPR

Jalan Nasional di Pangandaran Ambles dan Retak, Ini Tindakan Kementerian PUPR

Berita Pangandaran (harapanrakyat.com),- Jalan nasional yang berada di Blok Emplak Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran, Jawa Barat mengalami ambles. Rusaknya jalan menuju Pangandaran tersebut terjadi beberapa hari yang lalu.

Kondisi tersebut sempat membuat arus lalu lintas tersendat dan menghambat kendaraan yang lalu-lalang. Bahkan, untuk menghindari kecelakaan harus diberlakukan sistem buka tutup.

Mengetahui jalan nasional yang berada di Blok Emplak Kecamatan Kalipucang, Kabupaten Pangandaran ambles, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) langsung meninjau ke lokasi.

Baca Juga: Hati-hati, Jalan Utama Kalipucang Pangandaran Ambles dan Retak

Ketua PPK ruas jalan Banjar-Pangandaran Kementerian PUPR, Arif mengatakan, bahwa ruas jalan di kilometer 192-300 yang mengalami ambles dan terbelah itu sepanjang 50 meter.

“Untuk itu kami dari Kementerian PUPR akan memperbaiki kondisi jalan secara khusus,” katanya kepada HR Online, Jumat (14/10/2022).

Pihaknya menargetkan akhir tahun ini perbaikan atau pembangunan jalan nasional tersebut selesai akhir tahun 2022 ini.

Baca Juga: Protes Jalan Berlubang, Warga Parigi Pangandaran Tanam Pohon Pisang

Namun sebelum memperbaiki jalan tersebut, pihaknya terlebih dulu akan mempelajari struktur kondisi tanah. Hal itu agar nantinya kondisinya benar-benar kuat.

“Tujuan untuk kedepannya kondisi jalan stabil, bagus dan tidak rusak lagi,” terangnya.

Lanjutnya menambahkan, guna kelancaran arus lalu lintas baik dari arah Pangandaran ataupun sebaliknya, pihaknya bersama warga setempat sementara waktu memberlakukan sistem buka tutup.

Kementerian PUPR juga mengimbau kepada para pengguna jalan, untuk tetap sabar dan berhati-hati saat melintas jalan nasional di Emplak Pangandaran yang ambles.

“Terlebih lagi saat ini curah hujan masih turun,” pungkasnya. (Ntang/R5/HR-Online/Editor-Adi)