Minggu, Desember 4, 2022
BerandaBerita TerbaruJenis Sendi pada Manusia, Pengertian dan Fungsi Lengkapnya

Jenis Sendi pada Manusia, Pengertian dan Fungsi Lengkapnya

Jenis sendi pada manusia ada beberapa. Manusia memiliki jenis sendi yang berbeda. Hal itu karena struktur anatomi tubuh manusia yang kompleks.

Manusia memiliki tulang tubuh dengan struktur kompleks. Terdapat setidaknya 206 tulang pada orang dewasa yang pastinya memiliki fungsi dan bentuk beragam.

Semua tulang manusia tersebut akhirnya terhubung dengan berbagai tulang rawan, ligamen, otot, dan juga berbagai jenis sendi di dalam tubuh. Tentunya semua jenis sendi memiliki fungsinya masing-masing.

Baca Juga: Perbedaan Arteri dan Vena dari Struktur hingga Fungsinya!

Jenis Sendi pada Manusia dan Fungsinya

Tubuh manusia memiliki sistem yang cukup rumit. Manusia memiliki struktur tulang yang sangat kompleks.

Tulang sendiri adalah kerangka tubuh manusia. Keberadaan tulang ini membuat tubuh manusia memiliki bentuk yang proporsional dan bisa berdiri atau duduk dengan tegak.

Namun, masih banyak orang yang salah mengartikan bahwa tulang adalah penggerak tubuh manusia. Padahal, tulang tidak bisa bergerak sendiri.

Tulang harus terhubung dengan organ lainnya agar dapat bergerak dan bekerja dengan menjalankan fungsinya. Organ tersebut adalah sendi.

Apa Itu Sendi pada Manusia?

Sendi merupakan penghubung antara tulang yang satu dengan lainnya sehingga dapat bergerak dan menjalankan fungsinya.

Hubungan antara dua tulang tersebut dapat kita sebut dengan persendian. Sendi memiliki fungsi sebagai penghubung antar tulang, membentuk otot menggerakkan tulang, dan memberi struktur pada tulang.

Jumlah sendi setiap orang akan berbeda-beda. Itu akan tergantung atas beberapa faktor. akan tetapi, pada umumnya manusia memiliki 250 hingga 350 sendi.

Baca Juga: Ciri Otot Lurik pada Sistem Gerak, Ini Fungsi dan Bagiannya!

Jenis Sendi Ada Berapa?

Mengenai jumlah jenis sendi pada manusia, jawaban yang paling tepat adalah 3. Berikut jenis-jenisnya:

1. Sinartrosis

Sendi ini juga terkenal dengan nama sendi mati. Itu karena sinartrosis menghubungkan antara dua tulang atau lebih dan tidak memberikan pergerakan.

Contoh dari sendi mati ini adalah gormofosis, yaitu penghubung yang ada di antara gigi dan juga tengkorak. Kemudian ada juga tulang tengkorak atau sutura.

2. Amfiartrosis

Kemudian kalau sendi kedua ini sering kita kenal dengan sebutan sendi kaku. Ini merupakan jenis sendi yang menghasilkan atau memungkinkan tubuh dapat bergerak.

Akan tetapi, gerak yang sendiri ini hasilkan hanya terbatas. Sendi kaku ini terdapat di ruas tulang lekang dan juga pada simfisis pubis panggul manusia.

3. Diartrosis

Jenis sendi pada manusia yang terakhir adalah diartrosis atau sendi gerak. Sesuai dengan sebutannya, sendi ini memungkinkan tubuh untuk bergerak bebas dan leluasa.

Sendi ini juga terkenal dengan nama sendi sinovial. Di dalamnya terdapat cairan yang bernama sinovial untuk menjadi pelumas. Dengan cairan ini, maka sendi dapat bergerak.

Menurut dari klasifikasi, letak, dan juga fungsinya, sendi gerak ini terbagi menjadi 5 jenis, yaitu:

  • Pivot atau sendi putar yang memungkinkan tulang dapat berputar terhadap tulang lain, contohnya sendi pelana dan hasta.
  • Plane atau sendi geser yang memungkinkan tulang bergerak dengan gerakan datar, contohnya sendi intercarpal.
  • Saddle atau sendi pelana yang persis seperti pelana dapat memberikan gerakan dua arah, contohnya sendi pada pangkal tulang ibu jari.
  • Hinge atau sendi engsel yang dapat bergerak seperti pintu dan dengan satu arah, contohnya sendi pada lutut.
  • Conyloid atau sendi gulung yang memungkinkan tulang melakukan dua sumbu gerakan, seperti sendi penghubung telapak tangan dan tulang jari.
  • Ball and socket atau sendi peluru yang memungkinkan tulang dapat bergerak ke segala arah, contohnya seperti sendi di panggul dan sendi pada bahu.

Baca Juga: Perbedaan Sendi dan Otot Dapat Diketahui dari Fungsinya

Bagaimana Cara Menjaga Kesehatan Sendi?

Setiap jenis sendi pada manusia memiliki fungsi mereka sendiri. Oleh karena itu, keberadaan sendi sangatlah penting, terutama untuk sistem gerak.

Untuk itu kita harus mampu menjaga kesehatan sendi agar tidak terjadi masalah yang fatal. Beberapa hal yang perlu dilakukan adalah seperti beraktivitas dengan baik agar tubuh tetap aktif, melakukan terapi fisik, dan selalu melakukan peregangan sebelum berolahraga.

Selain itu, kita juga harus menjaga berat badan agar tubuh tetap ideal. Jangan lupa juga untuk memilih jenis olahraga yang baik untuk kesehatan sendi.

Dengan mengetahui jenis sendi pada manusia, maka Anda akan lebih memahami bagaimana anatomi tubuh yang benar. Jangan lupa juga untuk selalu menjaga kesehatan sendi agar bekerja dengan maksimal. (R10/HR-Online)