Kamis, Februari 2, 2023
BerandaBerita TerbaruKehidupan di Luar Planet Bumi Sulit Ditemukan, Ini Penjelasannya!

Kehidupan di Luar Planet Bumi Sulit Ditemukan, Ini Penjelasannya!

Kehidupan di luar planet Bumi masih menjadi misteri. Belum ada bukti kuat mengenai kehidupan yang ada di luar planet Bumi. Padahal ada banyak planet di alam semesta ini.

Bahkan di sekitar Bumi saja sudah ada tujuh planet lainnya. Namun, kenapa hingga saat ini masih tidak ada bukti kehidupan lainnya di luar Bumi?

Ini sudah menjadi pertanyaan besar sejak dulu. Apakah sebenarnya memang manusia, hewan, dan tumbuhan hanya ada di Bumi ini? simak penjelasannya dari para ahli.

Baca Juga: Tanda Kehidupan Eksoplanet dapat Terdeteksi dengan JWST?

Kata Ilmuwan Tentang Kehidupan di Luar Planet Bumi

Planet adalah benda langit yang berjumlah banyak. Hingga saat ini sudah ada ratusan atau bahkan ribuan planet yang terdeteksi.

Mungkin juga masih ada triliunan planet di Tata Surya yang belum dapat terdeteksi oleh para ilmuwan dan astronom. Hanya saja, sejauh ini masih belum ada bukti yang menyatakan bahwa ada kehidupan di antara planet-planet tersebut. 

Josh Calcino dan Jack Clark, dua astronom yang berasal dari University of Southern Queensland pernah menulis pemaparan di The Conversation bahwa para astronom seperti keduanya tengah berburu planet “mirip Bumi”.

Akan tetapi, planet yang seperti itu memang tidak untuk ditemukan. Ada segala hambatan dan rintangan yang harus para peneliti hadapi.

Baca Juga: Sampel Asteroid Ryugu Ungkap Adanya Potensi Kehidupan Planet Lain?

Kemungkinan Planet Mirip Bumi

Meski memang menemukan planet mirip Bumi ini tidaklah mudah, tetapi astronom masih terus melakukannya. Josh Calcino dan Jake Clark menambahkan bahwa kehidupan di luar Bumi harus membutuhkan kondisi yang tepat.

Kemungkinan besar jika planet seperti Bumi ada, maka sepertinya akan sangat jauh di luar Tata Surya. Kondisi itu akan membuat para astronom sulit untuk mempelajari planet tersebut.

Jadi, kemungkinan bahwa ada kehidupan di planet lain memang masih terbuka sangat lebar, mengingat alam semesta ini memang begitu besar dan luas.

Selain itu, manusia hingga saat ini juga masih belum memiliki teknologi yang cukup untuk mempelajari kehidupan di luar planet Bumi.

Baca Juga: Planet Mirip Bumi Ditemukan, Ada Air Cair di Atmosfer Eksoplanet Zona Huni

Bagaimana Ciri Planet yang Cocok untuk Kehidupan?

Dalam pernyataannya, Josh dan Jake juga memberikan petunjuk penting mengenai apa yang membuat suatu planet layak hidup dan bisa menampung kehidupan seperti Bumi.

Petunjuk penting yang keduanya sampaikan tersebut adalah air cair. Sebagian besar pencarian kehidupan fokus kepada upaya menemukan air karena itu menjadi unsur yang sangat penting di Bumi.

Sel makhluk hidup sebagian besar terdiri atas air. Banyak juga reaksi kimia yang terjadi di dalam metabolisme tubuh yang hanya dapat terjadi karena adanya air.

Komponen penyusun air, hidrogen dan oksigen memang menjadi unsur paling melimpah di galaksi Bima Sakti. Itu artinya, ada banyak air di galaksi ini.

Hanya saja, makhluk hidup membutuhkan keadaan air dalam bentuk cair. Para ilmuwan menemukan air cair permanen di Mars, kawah Merkurius, dan bulan Jupiter serta Saturnus.

Menemukan planet dalam zona layak huni bintang dapat membantu mendeteksi kehidupan di luar planet Bumi. Hanya saja belum ada teknologi yang dapat melakukannya. (R10/HR-Online)