Minggu, November 27, 2022
BerandaBerita TerbaruKeramik Lantai Rumah Minimalis, Begini Tips untuk Memilihnya

Keramik Lantai Rumah Minimalis, Begini Tips untuk Memilihnya

Keramik lantai rumah minimalis menjadi salah satu bagian terpenting saat membangun rumah. Meskipun terdengar sepele, keramik lantai bisa menentukan kesan bagi rumah itu sendiri. Jika pemilihannya tidak Anda perhatikan dengan seksama, rumah minimalis tersebut akan terkesan berlebihan.

Supaya Anda bisa menciptakan rumah bergaya minimalis, ada baiknya memperhatikan berbagai hal. Seperti ukuran keramik, warna, desain, model, dan lainnya.

Baca Juga: Eksterior Rumah 2 Lantai Minimalis, Inspirasi Hunian Cantik yang Nyaman

Tips Memilih Keramik Lantai Rumah Minimalis

Ada beberapa tips yang bisa Anda gunakan. Dengan begitu, Anda tidak akan salah pilih. Berikut ini informasinya.

1. Sesuaikan dengan Kebutuhan

Ada baiknya, jika menggunakan keramik lantai sesuai kebutuhan saja. Misalnya, Anda memilih keramik yang sesuai, baik, dan dapat memberikan kenyamanan.

Sebagai contoh, Anda ingin memilih keramik untuk bagian kamar mandi. Tentu saja, jenis keramik yang Anda gunakan berbeda dengan keramik bagian rumah lainnya.

Keramik yang cocok untuk kamar mandi, memiliki tekstur yang sedikit kasar. Hal ini bertujuan untuk mengurangi kecelakaan akibat tergelincir karena keramik yang licin.

Pada dasarnya, keramik lantai kamar mandi berkaitan langsung dengan air. Begitu pula saat Anda ingin memilih keramik untuk bagian rumah lainnya.

2. Perhatikan Ukuran Keramik Lantai

Dalam memilih keramik lantai rumah minimalis, juga harus mempertimbangkan ukurannya. Mengingat rumah Anda berukuran minimalis, maka pastikan ukurannya sesuai.

Dengan begitu, suasana rumah Anda akan semakin nyaman. Bila memiliki ruangan berukuran kecil, pilihlah keramik dengan ukuran standar.

Hal ini bertujuan untuk menjaga keseimbangan lantai dengan desain lainnya. Untuk rumah maupun ruangan minimalis, hindari untuk menggunakan keramik berukuran besar.

Pasalnya, ini akan membuat kesan rumah Anda semakin aneh dan tidak estetik.

Baca Juga: Desain Rumah Minimalis 2 Lantai 6×12 Sesuaikan Keinginan Anda

3. Sesuaikan dengan Warnanya

Saat ini sudah banyak pilihan warna keramik lantai rumah minimalis yang bisa Anda gunakan. Hal inilah yang kemudian membuat Anda harus cermat dan teliti dalam memilih keramik.

Pasalnya, warna keramik sangat mempengaruhi keindahan rumah. Ada baiknya, jika tidak menggunakan warna yang terlalu terang maupun mencolok.

Hal tersebut dapat memberikan dampak buruk bagi penglihatan Anda. Untuk pilihan terbaik, Anda bisa memilih keramik dengan warna yang lembut.

Jangan lupa untuk memadukannya dengan warna dinding rumah. Dengan begitu, kesan interior rumah semakin indah dan menarik.

4. Pertimbangkan Motifnya

Supaya pilihan keramik lantai rumah minimalis Anda sesuai, jangan lupa untuk mempertimbangkan motifnya juga. Supaya kesan minimalisnya semakin tercipta, Anda bisa memilih keramik dengan motif sederhana.

Motif sederhana dan simpel ini bisa untuk beberapa ruangan. Mulai dari ruang utama, kamar tidur, hingga ruang makan.

Selain itu, motif keramik ini juga perlu Anda sesuaikan dengan warna dinding maupun furniture. Menggunakan keramik dengan motif yang terlalu kompleks juga kurang tepat, sehingga perlu Anda hindari.

Memilih motif keramik memang tidaklah mudah, tetapi ada beberapa rekomendasi yang bisa Anda gunakan. Pertama, motif kayu dreamwood, motif ini akan memberikan kesan yang lebih hangat.

Kemudian, Anda juga bisa menggunakan motif terang polaris gray. Motif ini akan memberikan kesan yang lebih sederhana dan membuat ruangan tampak lebih terang.

Motif canossa gray juga bisa menjadi pilihan. Melalui motif ini, ruangan Anda akan terlihat bersih dan lebih luas.

Motif lainnya, bisa dengan motif alabaster beige, yang mampu memberikan kesan luas dan lebih cerah. Terakhir, Anda bisa menggunakan motif mozaik warna putih untuk kesan ruangan yang lebih rapi dan lapang.

Baca Juga: Rumah Minimalis Tanpa Garasi Cocok Diterapkan di Lahan Sempit

5. Perhatikan Bahannya

Keramik lantai rumah minimalis terbuat dari bahan tambahan yang berbeda-beda. Hal terpenting, selalu pilih keramik dengan bahan berkualitas.

Hal ini sangat berkaitan dengan tingkat ketahanannya. Keramik bermutu tinggi akan lebih awet dan bertahan hingga jangka waktu yang panjang.

Selain itu, material keramik juga mempengaruhi cara perawatannya. Pastikan, keramik yang Anda pilih membutuhkan perawatan yang mudah.

Sehingga, Anda tidak akan kerepotan saat membersihkannya. Tak ada salahnya untuk menanyakan langsung dengan pemilik atau petugas toko terkait materialnya.

Dengan begitu, Anda bisa tahu detail materialnya secara pasti. Keramik lantai rumah minimalis yang Anda pilih juga harus sesuai dengan budget. Pastikan budget cukup untuk membeli keramik pilihan Anda. (R10/HR-Online)

Diskominfo Kota Banjar