Minggu, Februari 5, 2023
BerandaTeknologiAplikasiKeunggulan Menggunakan Telegram Dibanding WhatsApp, Cek!

Keunggulan Menggunakan Telegram Dibanding WhatsApp, Cek!

Keunggulan menggunakan Telegram jadi daya tarik tersendiri. Bahkan jika dibanding WhatsApp, keunggulan selama menggunakan Telegram terbukti lebih beragam. Untuk tahu apa saja keunggulan aplikasi Telegram ini, bisa simak ulasan berikut.

Baca Juga: Cara Membaca Pesan Telegram Tanpa Diketahui, Dijamin Aman!

Ragam Keunggulan Menggunakan Telegram Dibanding WhatsApp

Sebagaimana yang kita tahu bahwa Telegram dan WhatsApp termasuk aplikasi populer. Kedua aplikasi ini memiliki banyak pengguna. Hanya saja, tersemat berbagai kelebihan pada Telegram yang tak bisa Anda temukan di aplikasi perpesanan WhatsApp.

Chat Bot

Salah satu keunggulan menggunakan Telegram yaitu berbekal Chat Bot. Sesuai dengan namanya, fitur menarik Telegram tersebut berfungsi untuk chat secara otomatis. Pada dasarnya, fitur tersebut juga tersedia di WhatsApp.

Hanya saja, bukanlah WhatsApp seperti pada umumnya, akan tetapi versi Bisnis. Saat ingin memanfaatkan fitur tersebut di WhatsApp, terpaksa Anda harus mengunduh kedua aplikasinya. Hal ini jelas terkesan kurang praktis.

Tambah Teman dengan Username

Cara menggunakan Telegram relatif mudah. Pasalnya, Anda bisa menambahkan teman hanya dengan username. Selain memberi kesan praktis, metode tersebut juga bisa meminimalisir penyalahgunaan nomor telepon.

Dengan menggunakan Telegram, maka keamanan privasi pengguna bisa terjamin. Berbeda dengan WhatsApp. Pengguna harus menyimpan kontaknya terlebih dahulu untuk bisa menambahkan teman.

Secret Chat

Keunggulan menggunakan Telegram yang satu ini tak kalah penting untuk Anda ketahui.

Telegram memiliki fitur Secret Chat sehingga percakapan menjadi lebih privat. Dalam memanfaatkan fitur ini, membutuhkan dua perangkat sekaligus.

Pesan ini tak bisa Anda akses di perangkat lainnya. Tak hanya itu, penyimpanan Cloud juga tak menyediakan percakapan ini. Menarik bukan? Anda jelas tak akan menemukan fitur Telegram ini di aplikasi WhatsApp.

Baca Juga: Cara Telegram Tidak Terlihat Online Untuk Menjaga Privasi Secara Mudah

Grup Berkapasitas Besar

Telegram dan WhatsApp sama-sama mendukung percakapan dalam grup. Perbedaannya, kapasitas grup yang Telegram miliki jauh lebih besar daripada WhatsApp. Grup di Telegram mampu berisikan 5.000 orang.

Sementara aplikasi WhatsApp hanya 256 orang. Tak lain kemampuan tersebut berkat fitur bernama Super Group. Bagi Anda yang ingin membuat grup dengan kapasitas maksimal, maka bisa gunakan Telegram.

Edit Pesan

Telegram juga memungkinkan Anda untuk bisa edit pesan yang sudah terkirim. Keunggulan menggunakan Telegram ini sangat bermanfaat apabila Anda salah ketik atau typo. Menariknya, penerima tak akan mengetahui bahwa pesannya sudah Anda edit.

Namun jika penerima pesan tersebut sudah terlanjur membacanya, maka bisa mengetahui adanya perubahan. Pada dasarnya, fitur ini tak tersemat di sembarang aplikasi. Jika ingin mencoba fitur tersebut, jelas harus menggunakan Telegram.

Cloud Server

Di WhatsApp, Anda tak akan menemukan sistem Cloud Server seperti Telegram. Cloud Server itu sendiri memungkinkan ponsel tak akan lemot karena ada data yang tersimpan di Telegram.

Pasalnya, penyimpanan tersebut tak menguras internal memory ponsel, melainkan berdiri sendiri secara gratis.

Jika Anda ingin menggunakan Telegram, perlu login terlebih dahulu. Setelah itu, akses datanya bisa tersimpan lewat perangkat apa saja. Anda tak perlu takut kehilangan data penting.

Keunggulan Populer Menggunakan Telegram Bisa Pilih Kirim File Asli atau Dikompres

Kelebihan lainnya yaitu Anda bisa bebas memilih ingin mengirim file asli ataupun dikompres.

Lain halnya jika menggunakan aplikasi WhatsApp. Ukuran, resolusi, hingga kualitas file secara otomatis mengecil sehingga perlu kirim melalui fitur dokumen.

Bisa Login di Banyak Perangkat

Telegram memudahkan Anda untuk login dengan banyak perangkat, tak terkecuali dua smartphone sekaligus. Berbeda dengan WhatsApp, Anda hanya bisa login di dua perangkat, yakni desktop dan smartphone.

Dari keunggulan tersebut, menggunakan Telegram terasa lebih membantu pengguna daripada WhatsApp.

Baca Juga: Cara Mencari Grup di Telegram Lebih Akurat dan Mudah, Baca!

Bisa Unggah Beberapa Foto Profil

Melalui Telegram, Anda bisa unggah beberapa foto profil. Saat memanfaatkan kelebihan tersebut, hanya satu profil yang kontak pengguna lihat.

Untuk melihat semua foto profilnya, maka kontak pengguna perlu menggesernya ke samping satu per satu.

Dengan kemampuan tersebut, tampilan Telegram tentu lebih menarik. Lain halnya dengan WhatsApp. Anda hanya bisa unggah satu profil saja yang terlihat oleh kontak.

Ada banyak keunggulan menggunakan Telegram yang tak bisa Anda temukan di WhatsApp. Setelah mengetahuinya, Anda bisa pertimbangkan mau menggunakan Telegram atau WhatsApp. Hal yang pasti, Anda bisa sesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan. (R10/HR-Online)