Sabtu, Desember 3, 2022
BerandaBerita BisnisKeuntungan Investasi Sukuk Tabungan di SBN Ritel 2022

Keuntungan Investasi Sukuk Tabungan di SBN Ritel 2022

Keuntungan investasi sukuk tabungan memang tidak perlu diragukan lagi. Apalagi kini sukuk tabungan menjanjikan keuntungan investasi dari seri ST009 terbaru. Seperti yang sering diketahui jika pihak pemerintah selalu menerbitkan SBN ritel di tahun ini.

Penerbitan Surat Berharga Negara (SBN) Ritel tersebut yaitu Sukuk Bunga atau ST. Adapun keuntungan dari investasi tersebut yang akan kita bahas secara rinci.

Baca Juga: Investasi Infrastruktur di Indonesia Ini Memiliki Peran Sangat Penting

Ketahui Keuntungan Investasi Sukuk Tabungan di SBN Ritel

Sukuk tabungan adalah salah satu jenis investasi yang cukup banyak dipilih bagi mereka yang memegang prinsip hukum Islam. Hal ini mereka pilih karena bebas dari unsur riba, judi, atau ketidakpastian.

Investasi yang satu ini adalah jenis SBN untuk masyarakat individu yang pengelolaannya melalui prinsip syariah. Sukuk itu sendiri adalah sebuah aset sebagai tanda bukti kepemilikan aset negara yang pemerintah sewakan.

Sehingga berbeda dengan surat utang. Keuntungan investasi ini yaitu mampu memberikan imbal hasil berupa uang sewa dengan persentase sesuai prinsip syariah. Sehingga tidak mengandung unsur riba.

Keuntungan yang investor dapatkan akan pembayaran secara rutin tiap bulannya. Selain itu, nilai pokok modal akan terbayar pada saat jatuh tempo yaitu setelah 2 tahun.

Dengan Anda mencoba investasi di sukuk bunga, maka kekhawatiran uang investasi hilang setelah jatuh tempo tidak akan terjadi.

pembayaran uang pokok dan imbal hasil bulanan djamin 100% oleh pemerintah. Seperti yang telah tercantum dalam UU RI No. 19 Tahun 2008 SBSN.

Baca Juga: Cara Menghitung Bunga Investasi Deposito dengan 2 Teknik

Terjamin oleh Pemerintah 100%

Keuntungan investasi sukuk bunga yang jelas yaitu keamanan. Seperti yang telah ada, jika investasi ini sudah diatur dalam UU negara serta tentang Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara /APBN.

Dalam peraturan tersebut disebutkan jika pembayaran pokok dan keuntungan terjamin adanya. Karena alasan inilah investor tidak perlu khawatir investasi berkurang atau bahkan uang investasinya hilang.

Keuntungan atau imbal hasil investasi 100% terjamin oleh negara atau pemerintah. Investor tetap bisa bernafas lega karena selain modal investasi aman, setiap bulannya pun akan memperoleh imbal hasil sesuai persentase.

Baca Juga: Cara Investasi Lukisan Bagi Pemula untuk Meraup Cuan Tinggi

Dana Hasil Penjualan Sukuk Ritel

Mengingat investasi ini adalah milik negara, tentunya investor akan membantu anggaran yang Anda butuhkan. Untuk itu, selain memperoleh imbal hasil, tentu Anda juga mendukung pembangunan negara.

Biasanya hasil dari penjualan sukuk tersebut untuk pembangunan yang telah terancang dalam APBN. Hal ini juga tertuang resmi dalam memorandum informasi.

Melalui sukuk tabungan, pemerintah membiayai proyek ramah lingkungan pada 2 sektor berkelanjutan yaitu transportasi dan ketahanan. Setiap seri jenis sukuk tabungan yang keluar dari pemerintah, hasil penjualan untuk pembangunan negara.

Saat memilih instrumen investasi pastikan tepat dan sesuai yang Anda inginkan, misalnya SBN Ritel. Ada banyak keuntungan investasi sukuk tabungan di SBN ritel terutama bagi Anda yang memegang teguh prinsip agama Islam. (R10/HR-Online)