Minggu, Desember 4, 2022
BerandaBerita CiamisKlep Pembuangan Rusak, Banjir Rendam 23 Rumah di Ciamis

Klep Pembuangan Rusak, Banjir Rendam 23 Rumah di Ciamis

harapanrakyat.com,- Klep pembuangan yang ada di Cibeureum, Dusun Sukamaju, Desa Kutawaringin, Kecamatan Purwadadi, Kabupaten Ciamis rusak. Ternyata hal itu menjadi penyebab terjadinya banjir yang merendam 23 rumah di desa Kutawaringin pada Selasa (25/10/2022) lalu.

Kepala Desa Kutawaringin Kartim didampingi Sekretaris Desa Rusito mengatakan, penyebab terjadinya banjir bermula saat klep yang ada di lokasi Cibeureum rusak dan tidak berfungsi tutup buka. Sehingga saat air sungai Ciseel meluap, air pun masuk ke saluran klep dan langsung merendam area persawahan serta pemukiman warga 

“Sebelum klep ini rusak, banjir tidak pernah sampai merendam pemukiman warga. Paling hanya mengalami banjir biasa yang merendam persawahan,” katanya, Kamis (27/10/2022).

Baca Juga: Sungai Ciputerahaji Meluap, Puluhan Rumah di Ciamis Terendam Banjir

Maka dari itu, kata Rusito, pihaknya berharap BBWS yang menaungi wilayah sungai Ciseel  segera memperbaiki klep yang rusak tersebut.

“Harapan kami ada upaya secepatnya dari BBWS untuk memperbaiki klep ini. Mengingat saat ini intensitas hujan sangat tinggi sementara air sungai Ciseel pun selalu meluap. Kami khawatir jika klep pembuangan ini dibiarkan rusak tanpa perbaikan, banjir bisa kembali terjadi,” terangnya.

Sebelumnya diberitakan, 23 rumah penduduk di Desa Kutawaringin terendam banjir pada Selasa (25/10/2022). Banjir tersebut akibat air sungai Ciseel meluap dan masuk ke saluran pembuangan yang klepnya rusak. (Suherman/R7/HR-Online)