Selasa, Desember 6, 2022
BerandaBerita PangandaranLewat BSMSS, TNI dan Pemda Pangandaran Bangkitkan Semangat Gotong Royong di Masyarakat

Lewat BSMSS, TNI dan Pemda Pangandaran Bangkitkan Semangat Gotong Royong di Masyarakat

Berita Pangandaran, (harapanrakyat.com),- Kodim 0613/Ciamis bersama Pemda Pangandaran, Jawa Barat, melaksanakan kegiatan Bhakti Siliwangi Manunggal Satata Sariksa (BSMSS) TNI-AD, di Desa Cibuluh, Kecamatan Kalipucang.

Adapun kegiatan yang dilaksanakan yakni membangun jalan rabat beton, sepanjang 300 meter di Dusun Cibuluh, RT 06 RW 02.

Dandim 0613 Ciamis Letkol Inf Wahyu Alfiyan Arisandi mengatakan, kegiatan BSMSS ini merupakan kolaborasi antara TNI-Polri, Pemda dan masyarakat dalam rangka membangkitkan kembali semangat gotong royong yang sudah mulai luntur.

“Alhamdulillah kegiatannya sudah selesai dilaksanakan. Awalnya kami pesimis untuk menyelesaikan pekerjaan rabat beton tersebut karena cuaca selalu hujan, tetapi dengan semangat kebersamaan kegiatan BSMSS dapat selesai dilaksanakan sesuai jadwal yang sudah direncanakan,” kata Letkol Inf Wahyu Alfiyan Arisandi saat acara penutupan BSMSS, bertempat di halaman Kantor Desa Cibuluh, Kamis(29/9/2022).

Baca juga: Warga Terdampak Banjir di Bunisari Pangandaran dapat Bantuan dari PGRI

Dalam kegiatan BSMS ini, selain sasarannya kegiatan fisik rabat beton jalan, pihaknya juga melakukan kegiatan non fisik yakni sosialisasi kesehatan stunting, wawasan kebangsaan dan sosialisasi tentang mitigasi bencana alam.

Dandim berharap, masyarakat dapat memanfaatkan jalan tersebut dengan tujuan dapat meningkatkan perekonomian masyarakat.

“Terima kasih atas kekompakan dan gotong royongnya bermanfaat dan berkah,” katanya.

Kegiatan BSMSS Menurut Wabup Pangandaran

Sementara itu, Wakil Bupati Pangandaran Ujang Endin Indrawan menuturkan, kegiatan BSMSS ini merupakan wujud manunggalnya antara TNI dengan masyarakat dalam menjaga NKRI sehingga tercipta kondusifitas.

“Kegiatan BSMSS ini mendapat anggaran dari APBD Provinsi dan APBD Kabupaten Pangandaran,” jelas Ujang Endin Indrawan.

Ia menyatakan, pembangunan jalan rabat beton masih dilakukan manual secara bersama-sama. Hal itu agar semangat gotong royong di masyarakat tetap terjaga. 

“Kalau menggunakan ready mix bagus dan cepat, tapi itu tidak ada nilai gotong royongnya,” katanya.

Wabup mengapresiasi warga Desa Cibuluh, karena semangat untuk bergotong royongnya luar biasa.”Kedepan agar semangat gotong royong ini semakin ditingkatkan,” ucapnya.

Kegiatan penutupan BSMSS di Desa Cibuluh itu diwarnai juga dengan pembagian sembako. Selain Wabup dan Dandim 0613 Ciamis, dalam kesempatan itu hadir juga Kapolres Pangandaran, sejumlah kepala SKPD, Muspika dan tokoh. (Madlani/R8/HR Online/Editor Jujang)