Sabtu, November 26, 2022
BerandaBerita CiamisLepas Kontingen Porprov, Bupati Ciamis: Atlet Harus Profesional dan Bermartabat 

Lepas Kontingen Porprov, Bupati Ciamis: Atlet Harus Profesional dan Bermartabat 

harapanrakyat.com,- Bupati Ciamis, Herdiat Sunarya, melepas kontingen yang akan berlaga di Porprov Jabar tahun 2022, kemudian Peparda serta Porsenitas, di Halaman Pendopo Bupati Ciamis, Senin (24/10/2022). 

Dalam sambutannya, Herdiat berpesan kepada para atlet Ciamis agar profesional dan juga bermartabat serta mempunyai harga diri. Menurutnya, hal itu untuk kemajuan olahraga di Kabupaten Ciamis. 

“Dalam Porprov dan Peparda ini banyak godaan. Maka dari itu saya harap para atlet mempunyai martabat dan juga harga diri serta harus profesional,” ungkapnya.

Herdiat menjelaskan, menjadi atlet itu mempunyai perjuangan yang sangat besar. Pasalnya, meraih prestasi itu bukanlah hal yang mudah dan perlu pengorbanan. 

Baca Juga: Ratusan Tim Ikuti Open Turnamen Petanque Tingkat Nasional di Ciamis

Selain itu, atlet juga harus mempunyai intelegensi yang tinggi dan harus bisa mengambil keputusan yang cepat, dalam semua bidang olahraga apapun.

“Salah satu contohnya dalam olahraga sepak bola. Kita harus bisa ambil keputusan kapan waktu yang tepat menyepak bola dan lainnya,” jelasnya.

Target Kontingen Porprov Ciamis

Sementara itu, dalam ajang Pekan Olahraga Provinsi (Porprov) Jawa Barat nanti, Herdiat menargetkan Kabupaten Ciamis untuk masuk peringkat 10 besar. 

Pasalnya, katanya, pada Porprov sebelumnya, Ciamis itu pernah menorehkan tinta hitam, yaitu ada di peringkat ke 26 besar dari 27 kabupaten/kota di Jawa Barat. 

“Target kita peringkat 10 besar. Jadi jika dari peringkat 26 besar menjadi 10 besar itu sudah luar biasa. Karena kita juga mengukur kemampuan kita dan finansialnya juga,” ucapnya.

Baca Juga: Bupati Herdiat Harapkan Ciamis Jadi Gudang Atlit Bola Voli

Sementara itu, Sekretaris Daerah Ciamis, Tatang mengatakan, untuk jumlah kontingen pada Porprov itu yakni sebanyak 575 orang.

Antara lain terdiri dari atlet dan ofisial sebanyak 467 orang, kemudian panitia kontingen 108 orang. Sedangkan untuk jumlah cabang olahraga cabor yang akan kontingen yang Ciamis ikuti dalam porprov tersebut sebanyak 32.

Sedangkan untuk Peparda, ada 54 orang, terdiri dari atlet dan ofisial itu sebanyak 54 orang dan panitia kontingen ada 5 orang, ada 8 cabor yang akan diikuti.

“Kemudian Porsenitas ada 62 orang dan 8 cabor yang kita ikuti,” pungkasnya. (Ferry/R5/HR-Online/Editor-Adi)

Diskominfo Kota Banjar