Jumat, Desember 9, 2022
BerandaBerita CiamisLongsor Terjadi di Desa Nasol Ciamis, 10 Rumah Terancam 

Longsor Terjadi di Desa Nasol Ciamis, 10 Rumah Terancam 

Berita Ciamis (harapanrakyat.com),- Sepuluh rumah terdampak dan terancam pasca terjadinya longsor di Desa Nasol, Kecamatan Cikoneng, Kabupaten Ciamis, Jawa Barat. Longsor tersebut karena hujan deras yang mengguyur wilayah Kabupaten Ciamis dan sekitarnya pada Senin (3/10/2022) malam.

Kepala Desa Nasol, Darisyanto, mengatakan, longsor terjadi di 20 titik yang tersebar di beberapa dusun. Antara lain Dusun Cikuda, Dusun Batumalang, Dusun Palasari, dan Dusun Desa. 

Baca Juga: Akses Jalan Menuju Wisata Pantai Karapyak Pangandaran Terputus

Sementara untuk tingkat keparahannya sendiri, katanya, ada yang kondisinya parah dan juga biasa. Ada beberapa titik menghantam rumah dan menutup jalan sebagian juga mengancam rumah.

“Ada 10 rumah yang terancam dan 1 rumah jebol serta yang lainnya terancam. Kondisi rumah sendiri di atas tebing, dan jika ada longsor susulan dikhawatirkan ambruk,” katanya, Selasa (4/10/2022). 

Selain itu, material longsoran juga menutup akses jalan Kabupaten Ciamis dan Desa Nasol serta Desa Darmacaang.

Kemudian Pemdes Nasol dan masyarakat setempat pun langsung melakukan penanganan dengan alat seadanya. 

“Kami saat ini masih melakukan pendataan kepada rumah yang terdampak dan terancam bencana longsor,” tuturnya.

Baca Juga: Tebing Saluran Air Longsor Timbun Kolam dan Sawah di Ciamis

Darisyanto menjelaskan, untuk penghuni 10 rumah yang terdampak saat ini mengungsi sementara waktu ke kerabat dekatnya. Pasalnya, meskipun rumahnya tidak ambruk, namun rumah-rumah tersebut terancam karena berada di atas tebing.

Desa Nasol sendiri itu berada di daerah ketinggian, sehingga jika terjadi hujan akan berpotensi terjadinya longsor. Maka dari itu, pihaknya mengimbau kepada warga Desa Nasol agar bersiaga jika terjadi hujan. 

“Longsor terjadi itu sejak Magrib sejak awal hujan. Kemudian ada laporan lagi pada malam harinya,” pungkasnya.

Selain di Desa Nasol, longsor juga terjadi di beberapa kecamatan di Kabupaten Ciamis. Seperti Kecamatan Sadananya yaitu di Desa Gunungsari, yang mana TPT SDN 1 Gunungsari Ambruk. (Ferry/R5/HR-Online/Editor-Adi)