Minggu, Desember 4, 2022
BerandaBerita CiamisLongsor Timbun Jalan Desa dan Ancam 1 Rumah di Ciamis

Longsor Timbun Jalan Desa dan Ancam 1 Rumah di Ciamis

harapanrakyat.com,- Akibat tergerus air hujan deras tebing di Dusun Singkup, Desa Sindangsari, Kecamatan Cikoneng, Kabupaten Ciamis longsor timbun jalan desa dan mengancam salah satu rumah warga.

Kepala Desa Sindangsari Febry membenarkan kejadian longsor tersebut terjadi pada Rabu (26/10/2022).

“Benar tebing yang berada di Dusun Singkup longsor matria tanah dan batu timbun jalan desa dan ada satu rumah warga yang terancam tergerus longsor,” ungkapnya.

Sebelum kejadian longsor terjadi hujan lebat yang cukup lama dari sore sekitar pukul 16.00 hingga malam.

Selain itu, kejadian bencana longsor juga telah merusak akses jalan gang warga dan juga tanahnya menutupi jalan desa. Kondisi ini membuat lalu lintas menjadi terhambat.

Baca Juga: Jembatan Gantung di Pamarican Ciamis Putus Diterjang Luapan Air Sungai Citalahab

“jalan gang hancur, material tanah menutupi jalan, sehingga menghambat laju lalu lintas warga. Karena waktu menuju malam maka pembersihan tanah kami lakukan pagi,” jelasnya.

Warga melakukan gotong royong membersihkan material tanah dan batu yang menutupi jalan. Selain itu juga ada jaringan kabel listrik turun terbawa longsoran.

“Warga melakukan pembersihan tanah yang menutupi jalan dan juga mengamankan jalur kabel listrik yang tiangnya terdampak longsor. Semoga tidak terjadi longsor susulan meski saat ini juga masih turun hujan,” katanya.

Febry mengimbau kepada seluruh warga untuk terus waspada terutama saat terjadi hujan deras. Segera memberikan informasi daerah mana saja yang mengalami potensi terjadi bencana seperti tanah longsor.

Warga yang rumahnya dekat dengan potensi bencana tanah longsor lebih baik menghindar terlebih dahulu sampai situasi dan kondisi aman. “bencana tidak bisa kita prediksi,” pungkasnya.(Es/R9/HR-Online/Editor-Dadang)