Minggu, Desember 4, 2022
BerandaBerita CiamisLongsor Timbun Saluran Irigasi di Panawangan Ciamis, Pasokan Air ke Persawahan Terhenti

Longsor Timbun Saluran Irigasi di Panawangan Ciamis, Pasokan Air ke Persawahan Terhenti

harapanrakyat.com,- Longsor menimbun saluran irigasi Tando di Blok Muhara Dusun Gardu Desa Gardujaya Kecamatan Panawangan Kabupaten Ciamis. Akibatnya tanah penguat di sepanjang saluran pun ambruk dan pasokan air untuk areal persawahan dan kolam terhenti.

Hendi perangkat desa Gardujaya Kecamatan Panawangan Kabupaten Ciamis mengatakan, ambruknya tanah penguat di saluran irigasi Tando terjadi pada Kamis (27/10/2022). 

“Penyebabnya itu karena tebing yang berada di atas saluran irigasi longsor. Material tanah longsor masuk ke saluran irigasi, akibatnya tanah penguat di sepanjang saluran tidak kuat menahan beban hingga ambruk,” kata Hendi, Jumat (28/10/2022).

Baca Juga: Jalan Nambo-Gunungcupu Ciamis Terancam Longsor, Bahayakan Pengguna Jalan

Akibat kejadian tersebut, pasokan air untuk areal persawahan dan kolam di wilayah Dusun Gardu lumpuh.

“Selama ini, areal persawahan dan kolam pengairannya mengandalkan pasokan dari irigasi Tando. Akhirnya  warga pun kompak bergotong royong melakukan perbaikan,” katanya.

Hendi menjelaskan, saluran irigasi Tando sudah berulang kali ambruk, namun hingga saat ini belum tersentuh bantuan dari pemerintah Kabupaten Ciamis. 

“Sehingga setiap kali ambruk masyarakat yang selalu kembali memperbaikinya. Padahal air dari irigasi Tando memasok pemenuhan kebutuhan air sampai Desa Bangunjaya,” tuturnya.

Hendi berharap pemerintah Kabupaten Ciamis melalui instansi terkait memberi bantuan untuk perbaikan irigasi Tando.

“Selama belum dibangun atau ditembok beton, saluran irigasi Tando pasti bakal kembali ambruk,” pungkasnya. (Edji/R7/HR-Online/Editor-Ndu)